Pengaruh Kualitas Sistem Digital Payment dan Kualitas Informasi Digital Payment terhadap Kepuasan Pengguna

Giovani Giovani, Magnaz Lestira Oktaroza

Abstract


Abstract. This study examines whether the quality of the digital payment system and the quality of digital payment information have an influence on user satisfaction. The method used is descriptive and verification with a sample of food SMEs digital payment users in the city of Bandung. The data obtained are 190 respondents using convenience sampling technique which is then analyzed using multiple regression analysis. The results showed that the quality of the digital payment system and the quality of digital payment information had a positive and significant effect on user satisfaction.

Keywords: Quality of Digital Payment System, Quality of Digital Payment Information, User Satisfaction.

Abstrak. Penelitian ini menguji apakah Kualitas Sistem Digital Payment dan Kualitas Informasi Digital Payment memiliki pengaruh atas Kepuasan Pengguna. Metode yang digunakan adalah deskriptif dan verifikatif dengan sampel UMKM makanan pengguna digital payment di Kota Bandung. Data yang diperoleh adalah 190 responden dengan menggunakan teknik convenience sampling yang kemudian di analisis menggunakan analisis regresi berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas sistem digital payment dan kualitas informasi digital payment berpengaruh terhadap kepuasan pengguna secara positif dan signifkan.

Kata Kunci: Kualitas Sistem Digital Payment, Kualitas Informasi Digital Payment, Kepuasan pengguna


Keywords


Kualitas Sistem Digital Payment, Kualitas Informasi Digital Payment, Kepuasan pengguna

Full Text:

PDF

References


Bank Indonesia, Laporn Sistem Pembayaran & Pengedaran Uang, Direktorat Akunting dan Sistem Pembayaran dan Direktorat Pengedaran uang, 2008, hlm. 2.

DeLone. 2003. The DeLone and McLean n Model of Information Systems Success: A Ten-Year Update, Vol. 19 No.4, npp. 9-30.

Doll, W. J. (1988). The Measurement of End-User Computing Satisfaction. Mis Quarterly.

Gerpott, dan Kornmeier, 2009. Determinant of customer acceptance of mobile payment systems. International Journal of Electronic Finance.

Istianingsih & Wiwik. 2009. “Pengaruh Kepuasan Pengguna Sistem aplikasi Informasi terhadap Kinerja Individu (Studi Empiris pada Pengguna Paket Program Aplikasi Sistem aplikasi Informasi Akuntansi di Indonesia)â€.

Jefry Tarantang, Penyelesaian Sengketa Melalui Lembaga Arbitrase, Jurnal Al-Qordh Volume 4, Nomor 2, 2018, h. 110.

Jogiyanto, 2007. Sistem Informasi Keperilakuan. Edisi Revisi. Yogyakarta: Andi Offset.

Khalil, Hibah. The Role of the Quality of a Website in Consumer Perception. 2017

Kotler, Philip & Gary Amstrong. 2011. Principle of Marketing. New Jersey: Prentice Hall

Livari, Juhani, 2005, “An Empirical Test of the DeLone and McLean Model of Information System Successâ€, Database for Advances in Information Systems, Spring, 36,2, pg.8.

O’Brien, James. 2004. Management Information Systems, Edisi 6. Jakarta: Salemba empat

Sutabri, Tata S.Kom,MM (2004). Analisa Sistem Informasi. Edisi Pertama. Yogyakarta: Andi

Tsani Aulia Rabius, Nurleli. (2021). Analisis Penerapan Total Quality Management dan Komitmen Organisasi dalam Meningkatkan Kinerja Perusahaan. Prosiding Jurnal Riset Akuntansi. 1(1). Hal 30-37




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.30442

Flag Counter    Â