Perancangan Sistem Informasi Klinik Pratama Albar

Rizky Pratama Bimono, Magnaz Lestira Oktaroza

Abstract


Abstract. Pratama Albar Clinic is one of the health service companies. This clinic provides general polyclinic health services. The problems that exist at the Albar Pratama Clinic are the management and method of storing data is not efficient because the manuals, systems and procedures are inadequate, there are inadequate documents and there are several sections that do not make reports for information for the Albar Pratama Clinic. The purpose of this research is to design and model information systems for each department such as the administration section, general polyclinic section, pharmacy section and finance section. With the computerization of the system, it can support clinical operations so as to increase efficiency and effectiveness in the work as well as in data storage and processing. The design is carried out using the FAST (Framework For Application Of System Technique) method, following the System Development stages, and using the JAD (Join Application Development) data collection technique with these methods and techniques, the result will be a more structured system. The results of this design are in the form of an information system design for each part of the Albar Primary Clinic system that supports the operational activities of the Albar Primary Clinic

Keywords: information system, clinic

Abstrak. Klinik Pratama Albar adalah salah satu perusahaan jasa bidang Kesehatan. Klinik ini menyediakan jasa Kesehatan poliklinik umum. Permasalahan yang ada pada Klinik Pratama Albar yakni pengelolaan dan cara menyimpan data belum efisien karena manual, sistem dan prosedurnya kurang memadai, adanya dokumen-dokumen yang kurang memadai juga ada beberapa bagian yang tidak membuat laporan untuk informasi bagi Klinik Pratama Albar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk merancang dan membuat model sistem informasi dari setiap bagian seperti bagian administrasi, bagian poliklinik umum, bagian farmasi serta bagian keuangan. Dengan terkomputerisasinya sistem dapat menunjang operasional klinik sehingga menambah efisiensi dan efektifitas dalam pengerjaan serta dalam penyimpanan dan pengolahan data. Perancangan dilakukan dengan metode FAST (Framework For Application Of System Technique), dengan mengikuti tahapan System Development, serta menggunakan Teknik pengumpulan data JAD (Join Application Development) dengan metode dan Teknik tersebut maka akan hasilnya sistem menjadi lebih berstruktur. Hasil perancangan ini   berupa rancangan sistem informasi untuk setiap bagian sistem Klinik Pratama Albar yang mendukung kegiatan operasional Klinik Pratama Albar.

Kata Kunci: sistem informasi, klinik


Keywords


sistem informasi, klinik

Full Text:

PDF

References


Dwi dkk, 2020. Pengembangan Sistem Informasi Pendaftaran Rawat Jalan Rumah Sakit Jiwa Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. JKM. Volume 8. 28/10/2020

Kemenkes RI. 2014. Permenkes RI N0 9 Tahun 2014 Tentang Klinik. Jakarta: Depkes RI.

Kemenkes RI. 2011. Permenkes RI No 028 Tahun 2011 Tentang Klinik. Jakarta: Depkes RI.

Kadir, Abdul. 2014. Pengenalan Sistem Informasi Edisi Revisi. Yogyakarta: ANDI.

Laudon, Kenneth C. & Laudon, Jane P. 2016. Sistem Informasi Menejemen, Edisi ke 13. Terjemah oleh Sugito Lukki, Antika Merry Rindy dan Sarawati Ratna. Jakarta: Salemba Empat.

Iqbal, Muchamad dkk. Perancangan Sistem Informasi Rekam Medis Studi Kasus Klinik Suma Medika. SISFOTEK. Volume 8. 27/12/2020

Aflabeta. Tilley, Scott. 2020. System Analyze and Design, 12th Edition. USA: Cengage.

Tsani Aulia Rabius, Nurleli. (2021). Analisis Penerapan Total Quality Management dan Komitmen Organisasi dalam Meningkatkan Kinerja Perusahaan. Prosiding Jurnal Riset Akuntansi. 1(1). Hal 30-37




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.30400

Flag Counter    Â