Pengaruh Pengetahuan Perpajakan dan Kesadaran Wajib Pajak terhadap Kepatuhan Membayar PBB-P2 di Kecamatan Baleendah Kabupaten Bandung

Riani Widyaningsih, Nunung Nurhayati

Abstract


Abstarct. Every year in Bandung Regency that pays PBB-P2 tax on average only around 40% of the total number of taxpayers and currently public awareness of paying taxes is still low due to the taxpayer's knowledge of taxation which is still low. The purpose of this study was to determine the effect of tax knowledge and taxpayer awareness of PBB-P2 paying compliance in Baleendah District, Bandung Regency. In this research, the method used is descriptive and verification methods with a quantitative approach. The data source used in this study is the primary data source. The population in this study were individual taxpayers of PBB-P2 in Baleendah district and the sampling technique used in this study was incidental sampling with a sample size of 100 respondents. The statistical method used is multiple regression analysis. The results of the research of 100 respondents showed that tax knowledge had a significant effect on paying PBB-P2 compliance and taxpayer awareness had a significant effect on compliance to pay PBB-P2.

Keywords: Tax Knowledge, Taxpayer Awareness, Taxpayer Compliance

Abstrak. Setiap tahunnya di Kabupaten Bandung yang membayar pajak PBB-P2 rata-rata hanya berkisar 40% dari total jumlah wajib pajak dan saat ini kesadaran masyarakat untuk membayar pajak masih rendah yang disebabkan oleh pengetahuan wajib pajak mengenai perpajakan yang masih rendah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Pengaruh Pengetahuan Perpajakan dan Kesadaran Wajib Pajak Terhadap Kepatuhan Membayar PBB-P2 di Kecamatan Baleendah Kabupaten Bandung. Dalam penelitian ini metode yang digunakan adalah metode deskriptif dan verifikatif dengan pendekatan kuantitatif. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah sumber data primer. Populasi dalam penelitian ini yaitu Wajib Pajak Orang Pribadi PBB-P2 di Kecamatan Baleendah dan teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini yaitu insidental sampling dengan jumlah sampel sebanyak 100 orang responden. Metode statistik yang digunakan adalah analisis regresi berganda. Hasil penelitian dari 100 responden, menunjukkan bahwa pengetahuan perpajakan berpengaruh signifikan terhadap kepatuhan membayar PBB-P2 dan kesadaran wajib pajak berpengaruh signifikan terhadap kepatuhan membayar PBB-P2.

Kata kunci: Pengetahuan Perpajakan, Kesadaran Wajib Pajak, Kepatuhan Wajib Pajak


Keywords


Pengetahuan Perpajakan, Kesadaran Wajib Pajak, Kepatuhan Wajib Pajak

Full Text:

PDF

References


] Ashari. (2006). Desain Aplikasi Penggajian dan PPh Pasal 21 Menggunakan Microsof Access. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.

Aspiyah. (2018). Sosialisasi Pembayaran Pajak Bumi dan Bangunan. Diambil kembali dari https://pengasih.kulonprogokab.go.id/detil/445/sosialisasi-pembayaran-pajak-bumi-dan-bangunan [22/11/2020].

Idris. (2018). Ekonomi Publik. Yogyakarta: deepublish.

Judisseno, R. K. (2004). Perpajakan. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Muliari, N. K., & Setiawan, P. E.(2011) . Pengaruh Persepsi Tentang Sanksi Perpajakan dan Kesadaran Wajib Pajak Pada Kepatuhan Pelaporan Wajib Pajk Orang Pribadi di Kantor Pelayanan Pajak Pratama Denpasar Timur. Jurnal Akuntansi dan Bisnis, Volume 2.

Nasution. (2006). Perpajakan. Jakarta : Bumi Aksara.

Nurmantu, S. (2010). Pengantar Perpajakan. Jakarta: Yayasan Obor.

Pohan, C. A. (2016). Manajemen Perpajakan Strategi Perencanaan Pajak dan Bisnis. Jakarta: PT Gramedia.

Rachmat, P. P., Nurhayati, N., & Halimatusadiah, E. (2020). Pengaruh Pengetahuan Perpajakan dan Kesadaran Wajib Pajak terhadap Kepatuhan Penyampaian SPT Tahunan Wajib Pajak Orang Pribadi. Prosiding Akuntansi, Vol. 6, No. 1.

Resmi, S. (2009). Perpajakan Teori dan Kasus. Jakarta: SaIemba Empat.

Setiawan, D. A. (2020). Pemutihan dan Diskon Pajak PBB Jilid II Berlaku Hingga September 2020. Diambil kembali dari https://news.ddtc.co.id/pemutihan-dan-diskon-pajak-pbb-jilid-ii-berlaku-hingga-september-2020-22887 [20/11/2020].




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v7i1.25769

Flag Counter    Â