Pengaruh Efektivitas dan Kontribusi Pajak Reklame terhadap Efektivitas Penerimaan Pajak Daerah Kota Bandung

Rr Nabila Azzahra, Diamonalisa Sofianty

Abstract


Abstract. The effectiveness of local tax recipients is the achievement of the realization of local tax receipts against pre-set local tax targets. This studies aims to find out the influence of the effectivenes and contribution of tax billboards on the effectiveness of local tax receipts in the city of Bandung, the location of the research was taken from the Regional Revenue Management Agency of Bandung City. The data used in this study is secondary data with target population using purposive sampling technique using local tax receipt report data during the period 2017-2019. Data collection techniques in this research are carried out by means of documentation. The research method uses multiple regression methods and hypothetical tests using F and t tests assisted by the SPPS 25 program. The results showed that the effectiveness of billboard tax and billboard tax contributions significantly influenced the effectiveness of local tax receipts.

Keywords: effectiveness of billboard tax, contribution of billboard tax, effectiveness of local tax receipts

Abstrak. Efektivitas peneriman pajak daerah merupakan tercapainya realisasi penerimaan pajak daerah terhdap target pajak daerah yang sudah ditetapkan sebelumnya. Penelitian ini bertujuan untuk megetahui pengaruh dari efektivitas dan kontribusi pajak reklame terhadap efektivtias penerimaan pajak daerah di Kota Bandung, lokasi penelitian diambil dari Badan Pengelolaan Pendapatan Daerah Kota Bandung. Data yang digunkan dalam penelitian ini berupa data sekunder dengan target populasi mengunakan teknik purposive sampling menggunakan data laporan penerimaan pajak daerah selama periode 2017-2019. Teknik pengumpulna data dalam penelitian ini dilakukan degan cara dokumentasi. Metode penelitian menggunakn metode regresi berganda dan uji hipoteis menggunakan uji F dan uji t yang dibantu oleh program SPPS 25. Hasil penelitian menunjukan bahwa efektivitas pajak rekalme dan kontribusi pajak reklame bepengaruh secara signifikan terhadap efektivitas penerimaan pajak daerah.

Kata kunci: efektivitas pajak reklame, kontribusi pajak reklame, efektivitas penerimaan pajak daerah


Keywords


efektivitas pajak reklame, kontribusi pajak reklame, efektivitas penerimaan pajak daerah

Full Text:

PDF

References


Korengkeng, R. R. Karamoy, H., & Pontoh, W. (2017). Analisi Potensi, Efektifits, Efisiensi, Dan Kontribusi Pajak Reklame Terhadap Penerimaan PajakDaerah Di Kabupaten Minahasa Utara.

Kustiyah, E., & Suryani, S. (2015). Efektifitaa Pajak Reklme Terhadap Peningkatan Pendpatan Asli Daerah Di Kota Surakarta.

Manajemen, J., & Ekonomi, F. (2016). Analisis Efektivitas Dan Kontribusi Pajak Rekame Terhadapp Pendapatan Asli Daerah (PAD) diKota Manado Tahun 2011-2015. Studi Kasus Pada Dinas Pendapatn Daerah Kota Manado .

Triantoro, A. (2017). Efektifivitas pemungutan pajak reklame dan kontribusiya terhadap peneriimaan pajak derah di kota Bandung.

Triyono, A. (2018). Analisis Pengaruh Kontribisi Pajak Reklame Dan Pajk Hiburan Terhadap Pendapatan Asli Daerah (PAD) PadA Badan Pendapatan Daerah Kabupaten Indragiro Hulu.

Wijayanti, R. ShodiqAskandar, N., & Amin, M. (2017). Analisis Efektivitas danm Kontribusi Pajak Reklame Terhadap PAD di KotaMalang (Studi Kasus di Badan pelayanam Pajak Daerah (BP2D) Kota Malang)).

Yan, Y. (2011). Analisis peranan dna kontribusi pajak reklame tehadap peningkatan pendapatan asli daerah kota jambi.

Alfan, A. Lamia, D . P (2015). Analsis Efektivitas dan Kontribusi Pemungutan Pajak Restoran , Pjak Rekalme dan Pajak Peneragan Jalan Pada Pendapatan Aslii DaerahKabupaten Minahasa Utara.

Arsana, I . M . (2013).0 AnaIisis Efektivitas dan Efisiiensi Pajak Reklame Serta Prospeknnya Di Kabupaten Bandung.

Peraturan Daerah Kota Bandung Nomor 08 tentang Pajak Rekalme (2003).

Aan Andii Purnama, 2018. Pengawasan Pajak Reklame Masih Rndah , https://www.pikiranrakyat.com.

Ema Sumarna , 2017. Rekalme di Kota Bandung Jumlahnya Ribuan, tapi Banyak yang ilegall. https://jabar.tribunnews.com.

Iwan Nurrachman, 2018. Pemkot Bandung Optimalkan Penyerapan Pajak Reklame. https://bandung.bisnis.com.




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v7i1.25376

Flag Counter    Â