Pengaruh Total Quality Management terhadap Kinerja Perusahaan

Muhammad Azhar Romdhoni, Rini Lestari

Abstract


Abstract. Thisostudyoaims toobe ableotooexplainotheoapplicationoof total quality management to company performance at PT PMTI, PT Sipatex and PT Kahatex in Bandung. The samples in this study were PT PMTI, PT Sipatex and PT Kahatex in Bandung, namely all Administrative Employees at PT PMTI, PT Sipatex and PT Kahatex in Bandung. TheOdataOcollection technique used form of a questionnaire with 30 respondents. The sample selection technique in this study is the non probality sampling technique with convenience sampling technique. Testing the hypothesis usedoisosimple linearoregression. The resultoshowedothatotheoapplication of totaloqualityomanagementoaffect the sompany’s performance.

 Keywords: Job Satisfaction, Managerial Performance

 

Abstrak. Penelitianoiniobertujuanountukomampuomenjelaskanopenerapan total quality managementoterhadap kinerja perusahaan pada PToPMTI, PT Sipatex dan PT Kahatex di Kabupaten Bandung. Sampel dalam penelitian ini adaIah PT PMTI, PT Sipatex dan PT Kahatex di Kabupaten Bandung yaitu seluruh Karyawan Administrasi pada PT PMTI, PT Sipatex dan PT Kahatex Kabupaten Bandung. Adapun teknik pengumpuIan data yang digunakan adalah dalam bentuk kuesioner dengan responden sebanyak 30 orang. Teknik pemilihan sampeI padaOpenelitianOiniOadalah teknik non probality samplingOdengan teknik convenience sampling. PengujianOhipotesisOyangOdigunakan adalah regresi Iinier sederhana. Hasilopenelitianomenunjukanobahwaopenerapan Total Quality Management berpengaruhoterhadapokinerjaoperusahan.

Kata Kunci: TotaI Quality Management, Kinerja Perusahaan


Keywords


Total Quality Management, Kinerja Perusahaan

Full Text:

PDF

References


Gazpersz, V. 2001. Total Quality Management. Pustaka Utama, Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama

Hanafi . 2003. Analisis Laporan Keuangan. Edisi Revisi. Yogyakarta: UPP AMP YKPN.

Hasan, M. dan Kerr, R.M, 2003, The Relationship Between Total Quality Management

Hasibuan, Malayu S.P, 2003, Manajemen Sumber Daya Manusia, Edisi Revisi Bumi Aksara.

Goetsch, DavidoL. Stanley B. oDavis. 2001. “The TotaloQualityoApproachoTooQuality Managementâ€, 3rd, PrenticeoHall, oNewoJersey.

Kapuge, Anton M. And Malcom Smith. 2007. Management Practices And Performance Reporting In The Srilanka Apparel Sector. Managerial Auditing Jurnal Vol.22 No. 3, pp. 303-318

Lupiyoadi. 2001. Manajemen Pemasaran Jasa, Jakarta: SaIemba Empat

Mulyadi. 1998. Akuntansi Manajemen. Edisi ketiga. Salemba Empat. Jakarta.

. 2001, Akuntansi Manajemen, Edisi keempat, Salemba Empat, Jakarta.

_____ . 2002. Akuntansi Biaya Edisi kelima. Yogyakarta : AMP-YKPN.

. 2007. Sistem Perencanaan dan PengendaIian Manajemen. SaIemba. Empat. Jakarta

Nasution, M.N. 2002. Manajemen Mutu Terpadu. GhaIia 1ndonesia. Bogor.

Rivai, Basri. 2005 Performance Appraisal: Sistem Yang Tepat Untuk Menilai Kinerja Karyawan Dan Meningkatkan Daya Saing Perusahaan. Jakarta: Gravindo Persada.

Tjiptono, Fandy Dan Anastasia Diana. (1996). Total Quality Manajament (TQM), edisi kedua Yogyakarta : Andi Offset

. (2001). Total Quality Management. Edisi Revisi. Yogyakarta: Andi Offset.

. (2003). TotaloQualityoManagement.oEdisi Revisi. Yogyakarta: Andi Offset.

Prawirosentono, Suyadi. 2004 FiIosifi Baru Tentang Manajement Mutu Terpadu. Jakarta: Rineka Cipta

Erlina,Nurasiah. Rini,Lestari. Epi,Fitriah. 2015. Studi Tentang Penerapan Total Quality Management (TQM) Terhadap Kinerja Manajerial Pada Perusahaan Sepatu CV.Dheraya. Jurnal ISSN: 2460-6561.

Yamit, Zulian. (2004). Manajemen Kualitas Produk Dan Jasa. Ekonesia, Yogyakarta




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v6i2.24346

Flag Counter