Pengaruh Kualitas Pelayanan Kantor Pelayanan Pajak, Penerapan E-Filling terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi yang Terdaftar di KPP Pratama Kabupaten Kuningan

Rizki Pratama, Nunung Nurhayati

Abstract


Abstract.This study aims to determine the effect of the Quality of Service Tax Office and Application of e-Filling on taxpayer compliance. This research was conducted on individual taxpayers registered at the Kuningan Regency Tax Service Office with a descriptive verification research method with a quantitative approach. Data sources used are primary data sources. The data collection technique used is a questionnaire. The sampling technique in this study is incidental sampling. Testing the hypothesis used is Multiple Linear Regression Analysis. The results showed that (1) Service Quality of the Tax Office affects the taxpayer compliance. (2) The application of E-filling does not affect the compliance of taxpayers. It is recommended for further researchers to be able to develop this research by adding other variables that have been discussed and adding research objects with different respondents, as well as adding research samples so that the results are more generalizing to the theory.

Keywords: Service Quality of Tax Service Office, e-Filling Implementation, taxpayer complian

Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Kualitas Pelayanan Kantor Pelayanan Pajak dan Penerapan e-Filling terhadap kepatuhan wajib pajak. Penelitian ini dilakukan terhadap wajib pajak orang pribadi yang terdaftar di Kantor Pelayanan Pajak Pratama Kabupaten Kuningan dengan metode penelitian deskriptif verikatif dengan pendekatan kuantitatif. Sumber data yang digunakan yaitu sumber data primer. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner. Teknik penentuan sampel dalam penelitian ini yaitu incidental sampling. Pengujian hipotesis yang digunakan adalah Analisis Regresi Linier Berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Kualitas Pelayanan Kantor Pelayanan Pajak berpengaruh terhadap kepatuhan wajib pajak. (2) Penerapan E-filling tidak berpengaruh terhadap kepatuhan wajib pajak. Disarankan bagi peneliti selanjutnyauntuk dapat mengembangkan penelitian ini dengan menambahkan variabel- variabel lain yang telah dibahas serta menambahkan objek penelitian dengan responden yang berbeda, serta menambahkan sempel penelitian agar hasilnya lebih menggeneralisasikan teori.

Kata kunci : Kualitas Pelayanan Kantor Pelayanan Pajak, Penerapan e-Filling,kepatuhan wajib pajak


Keywords


Kualitas Pelayanan Kantor Pelayanan Pajak, Penerapan e-Filling,kepatuhan wajib pajak

Full Text:

PDF

References


Alma,Buchari. 2011.Manajemen Pemasaran dan PemasaranJasa. Bandung: Alfabeta.

Boediono. 2013. Pelayanan Prima Perpajakan. Jakarta: PT Rineka.

Heryadi, Hendi. 2009. Administrasi Perkantoran Untuk Manajeman dan Staf. Jakara: Transmedia Pustaka.

Indrawari, Sri Mulyani. 2019. Kepala Kantor Pajak Jadi Mafia, DJP: Serakah. Jakarta: www.Detikfinace.com.

. 2019. Menkeu : Kepatuhan Wajib Pajak Masih Rendah. Jakarta: www.kemenkeu.go.id.

Nasution, Darmin. 2020. Menko Darmin Minta Ditjen PajakpPercanggih Aplikasi E-Filing. Jakarta: www.Liputan6.com.

Pandiagan, Liberty. 2014. Modenisasi da Revermasi Pelayanan Perpajakan Berdasarkan Undang-Undang Terbaru. Jakarta: Mediak Kompur Indo.

Peraturan Direktur Jenderal Pajak Nomor PER-41/PJ/2015 tentang Pengamanan Transaksi Elektronik Layanan Pajak Online.

Rahayu,SitioKurnia. 2013.Perpajakan Indonesia, Konsep dan Aspek Formal. Yogayakarta: Garaha Ilmu.

Sura oEdaran Direktur Jenderal Pajak nomor SE- 84/PJ/2011 Tentang Pelayanan Prima Direktur Jenderal Pajak.

Tjiptono,Fandy. 2008.Strategi Pemasaran,Edisi 3. Yogyakarta: Andi.

Undang-UndangoNo. 28 Tahunu2007 Tentang Ketentuan Umum dan dan Tata Cara Perpajakan.

Usman, Nurdin. 2002. Konteks Implementasi Berbasis Kurikulum. Bandung: CV Sinar Baru.




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v6i2.24284

Flag Counter