Pengaruh Nilai Pelanggan terhadap Kepuasan Pelanggan
Abstract
Keywords: Customer Value, Customer Satisfaction
ÂAbstrak. Nilai pelanggan dapat meningkatkan kepuasan pelanggan bagi pengguna Gojek. Fenomena yang terjadi pada Gojek pada tahun 2015 yaitu Ribuan pengemudi yang menjadi mitra Go-Jek diberitakan mengalami pembekuan akun atau suspend hal itu terjadi karena banyak driver yang diklaim “menyalahgunakan subsidi dengan membuat ratusan order fiktif dengan akun palsu, Dari fenomena tersebut dapat memberikan dampak menurunnya kepercayaan pelanggan karena merasa tidak aman jika mendapat driver dengan akun palsu. Hal tersebut menunjukan bahwa nilai pelanggan yang buruk dapat mengakibatkan kurang tercapainya kepuasan pelanggan bagi pengguna Gojek. Penelitian ini bertujuan untuk mampu menjelaskan nilai pelanggan, kepuasan pelanggan dan besarnya pengaruh nilai pelanggan terhadap kepuasan pelanggan pada Gojek. Sampel dalam penelitian ini adalah pengguna aplikasi Gojek di Kota Bandung. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dalam bentuk kuesioner dengan responden sebanyak 42 orang. Teknik pemilihan sampel pada penelitian ini adalah teknik non probality sampling dengan teknik convenience sampling. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode verifikatif. Pengujian hipotesis yang digunakan adalah regresi linier sederhana. Hasil penelitian menunjukan bahwa nilai pelanggan maupun kepuasan pelanggan pada Gojek termasuk dalam kriteria baik. Nilai pelanggan memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kepuasan pelanggan Gojek di Kota Bandung.
Kata Kunci : Nilai Pelanggan, Kepuasan Pelanggan
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Buchari, A. (2005). Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung: Alfabeta.
Diamonalisa, d. (2019). In Statistik Penelitian dengan SPSS (p. 36). Bandung.
Hansen, D., & Mowen, M. (2009). Akuntansi Manajerial Edisi 8. Jakarta Selatan: Salemba Empat.
Irawan, H. (2002). Prinsip Kepuasan Pelanggan. PT Elex Media Komputindo.
Kartika. (2018). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Nilai Pelanggan Terhadap Kepuasan Pelanggan Pengguna Jasa Transportasi Ojek Online . Manajemen Analysis Journal, 4-5.
Kotler, & Keller. (2009). Prinsip-prinsip Pemasaran. Jakarta: Erlangga.
Lupiyoadi, & Hamdani. (2006). Manajemen Pemasaran Jasa Edisi Kedua. Jakarta: Salemba Empat.
Lupiyoadi, & Hamdani. (2006). Manajemen Pemasaran Jasa Edisi Kedua. Jakarta: Salemba Empat.
Sabarguna, B. (2004). Pemasaran Rumah Sakit. Yogyakarta: Konsorsium Rsi: 1-21.
Santosa & Ashari . (2005). In Analisis Statistik dengan Microsoft (p. 231). Yogyakarta: Andi Offset.
Sekaran, U., & Bougie, R. (2016). Research Methods For Business Seven Edition. West Sussex: John Wiley & Sons.
Siregar, S. (2014). In Metode Penelitian Bisnis (p. 188). Jakarta : Kencana.
Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif dan Kualitatif. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2016). In Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D (p.95). Bandung: Alfabeta.
Tjiptono, F. (2008). strategi pemasaran, edisi II Cetakan Ketiga. Yogyakarta: Andi Offset.
DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v6i2.24276
  Â