Pengaruh Penerapan Akuntansi Manajemen Lingkungan dan Strategi Operasi terhadap Inovasi Produk

Utary Noor Febrianty, Yuni Rosdiana

Abstract


Abstract. Environmental management accounting and operations strategy can enhance product innovation. The phenomenon that occurs in textile companies in Indonesia shows that there is still a lack of product innovation in the company by forgetting responsibility for the surrounding environment.The purpose of this research is to obtain empirical evidence regarding the application of environmental management accounting, operating strategies, product innovation and the influence of the application of environmental management accounting and operating strategies on product innovation in companies engaged in textiles. This research was conducted at 2 manufacturing companies engaged in the textile sector in the Cimahi City area with quantitative research methods and using a verification approach. The sampling technique in this study is non-probability sampling with the type of purposive sampling. The data source used is to use primary data source data. The data collection technique used is a questionnaire. The questionnaire was distributed to 2 textile companies in the Cimahi City area. The results of processing the questionnaire showed that the application of environmental management accounting, operating strategies, and product innovation in textile companies in the Cimahi City area was already good. This hypothesis was tested by testing multiple linear regression analysis. The test results show that the application of management accounting has an effect on product innovation, and the operating strategy has an effect on product innovation.

Keywords: Environmental Management Accounting, Operations Strategy, Product Innovation

 

Abstrak. Akuntansi manajemen lingkungan dan strategi operasi dapat meningkatkan inovasi produk. Fenomena yang terjadi pada perusahaan tekstil di Indonesia yang meunjukkan masih kurangnya inovasi produk pada perusahaan dengan melupakan pertanggungjawaban terhadap lingkungan sekitar. Tujuan dilakukannya penelitian ini yaitu untuk memperoleh bukti empiris mengenai penerapan akuntansi manajemen lingkungan, strategi operasi, inovasi produk serta pengaruh dari penerapan akuntansi manajemen lingkungan dan strategi operasi terhadap inovasi produk pada perusahaan yang bergerak dalam bidang tekstil. Penelitian ini dilakukan pada 2 perusahaan manufaktuf yang bergerak di bidang tekstil yang berada di wilayah Kota Cimahi dengan metode penelitian kuantitatif serta menggunakan pendekatan verifikatif. Teknik penetuan sampel pada penelitian ini adalah non-probability sampling dengan jenis purposive sampling. Sumber data yang digunakan yaitu dengan menggunakan data sumber data primer. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner. Kuesioner dibagikan kepada 2 perusahaan tekstil yang berada di wilayah Kota Cimahi. Hasil pengolahan kuesioner menunjukkan bahwa penerapan akuntansi manajemen lingkungan, strategi operasi, dan inovasi produk di perusahaan tekstil yang berada di wilayah Kota Cimahi sudah baik. Hipotesis ini diuji dengan pengujian analisis regresi linier berganda. Hasil pengujian menunjukkan bahwa penerapan akuntansi manajemen berpengaruh terhadap inovasi produk, dan strategi operasi berpengaruh terhadap inovasi produk.

Kata Kunci : Akuntansi Manajemen Lingkungan, Strategi Operasi, Inovasi Produk

 


Keywords


Akuntansi Manajemen Lingkungan, Strategi Operasi, Inovasi Produk

Full Text:

PDF

References


Aldillah, Risa. (2015). Pengaruh Penerapan Akuntansi Manajemen Lingkungan Terhadap Inovasi Produk. Skripsi, Universitas Islam Bandung, Bandung.

Badudu, J., & Zain, S. M. (1996). Kamus Umum Bahasa Indonesia. Jakarta: Rineka Cipta.

Blocher, Edward. Chen, Cokins. (2007). Manajemen Biaya. Edisi Ketiga. Salemba Empat.

Burrit, L. (2004). Enviromental management accounting: roadblocks on the way to the green and pleasant land. School of Bussiness and Information Management Reader, The Australian National University. Australia.

Ellitan, L & Anatan, L. (2009). Manajemen Inovasi. Edisi pertama. Alfabeta: Bandung.

Ferreira, A.uMoulang, C & Hendro.(2009). Enviromental Management Accounting and Innovations; An Explotary Analysis. Accounting, Auditing &tAccountability. Journal. Vol.23 No.23 No.7, 2010 pp 920-948. Emerald Group.

Ikhsan, Arfan. 2009. Akuntansi Manajemen Lingkungan. Edisi Pertama. Graha Ilmu: Yogjakarta.

Khoiruddin, Irwan. 2017. Gagal di Pasaran, 11 Produk ini jadi Penghuni Museum Produk Gagal, tersedia di : https://m.brilio.net/amp/ekonomi/gagal-di-pasaran-11-produk-ini-jadi-penghuni-museum-produk-gagal-1706155.html[6/01/2020]

Muhardi. 2007. Strategi Operasi: Untuk Keunggulan Bersaing. Graha Ilmu: Yogjakarta

Youlanda, Ria. (2012).uPengaruhyPenerapaniAkuntansi Manajemenr Lingkunganedan StrategieOperasieTerhadap InovasiePerusahaanrManufakturrKhususnyaudi Bidang PengolahanyyKelapavSawit eDirKabupateneKampar. Skripsi. UniversitaseIslamrNegeri SultanmSyarif Kasim Riau.




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v6i2.23316

Flag Counter