PENGARUH ROLE STRESS DAN KEPUASAN KERJA TERHADAP KUALITAS REKOMENDASI AUDIT INTERNAL PEMERINTAH (SURVEY PADA INSPEKTORAT PROVINSI JAWA BARAT)

tasya mandayanti, Pupung Purnamasari, Hendra Gunawan

Abstract


Penelitian ini dilakukan di Inspektorat Provinsi Jawa barat. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh Role Stress dan Kepuasan Kerja terhadap Kualitas Rekomendasi Audit Internal Pemerintah. Penelitian ini dilakukan dengan mengunakan data primer, sedangkan pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan perhitungan rumus slovin, sehingga didapat sampel sebayak sebanyak 50 responden. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah Kuesioner. Alat uji analisis yang digunakan adalah regresi linear berganda dengan bantuan software SPSS 21.0 for windows. Hasil analisis dan perhitungan yang telah dilakukan dalam penelitian ini menunjukkan bahwa secara simultan terdapat pengaruh yang signifikan  positif antara role stress dan kepuasan kerja dengan kualitas rekomendasi audit.Sedangkan secara parsial, tekanan peran (role stress) memberikan pengaruh positif signifikan terhadap kualitas rekomendasi audit dan secara parsial, kepuasan kerja memberikan pengaruh positif terhadap kualitas rekomendasi audit.

 


Keywords


Role stress, Kepuasan Kerja, dan Kualitas Rekomendasi Audit Internal

References


Anisykurlillah Indah, Agus Wahyudin dan Kustiani. Pengaruh Role Stressor terhadap Komitmen Organisasi dengan Kepuasan Kerja sebagai Variabel Intervening pada Kantor Akuntan Publik (KAP) di Jawa Tengah. E-Jurnal Dinamika Akuntansi September 2013

Indreswari, Dian Wresti. 2007. Pengaruh Role Stress Internal Auditor Terhadap Kualitas Rekomendasi Internal Audit. Skripsi Bandung :Universitas Padjadjaran.

Rozanaturrizqie, Eka.2008.Analisis Pengaruh Role Stress dan Job Insecurity Terhadap Job Outcomes Auditor. Skripsi: Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah.

Rahmawati.2011. Pengaruh Role Stress Terhadap Kinerja Auditor Dengan Emotional Quotient Sebagai Variabel Moderating. Skipsi:Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah.

Widyasari, Malikha.2010. Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kualitas Hasil Kerja Auditor Internal dan Ekternal.E-jurnal Universitas Diponegoro Semarang.

Zeyn, Elvira. Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kualitas audit Internal Pemerintah Daerah Melalui Indepedensi Dan Kompetensi Auditor Internal. Universitas Pasundan Bandung: 2014

http://www.bpk.go.id/ihps




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.2226

Flag Counter    Â