Pengungkapan Tingkat Profitabilitas terhadap Nilai Perusahaan dengan Pengungkpan CSR sebagai Variabel Moderating
Abstract
Abstract. This research was conducted with the aim to determine the effect of the level of profitability on the value of the company that is moderated by CSR disclosure as a moderating variable. The object of research used in this study is the level of profitability, corporate value, and CSR disclosure. The subjects in this study were LQ45 companies listed on the Indonesia Stock Exchange (IDX). This research method is a verification method with a quantitative approach. This study uses secondary data with a sample of 18 LQ45 companies listed on the Indonesia Stock Exchange for the 2016-2017 observation period or 36 observations. Hypothesis testing in this study uses the method of multiple regression analysis and moderation regression analysis. The results showed that the level of profitability has a significant and positive direction, audit quality has a positive and significant effect on firm value, CSR disclosure has a positive and significant effect on firm value, while CSR disclosure is able to moderate the effect of profitability on firm value. Suggestions for further researchers, namely It is expected to expand the company's sample, and add other proxies such as Net Profit Margin (NPM), Return on Sales (ROS), or Earning per Share (EPS).
Keywords: Profitability Level, CSR Disclosure, Company Value.
Abstrak.Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh tingkat profitabilitas terhadap nilai perusahaan yang di moderasi oleh pengungungkapan CSR sebagai variabel moderasi. Objek penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah tingkat profitabilitas, nilai perusahaan, dan pengungkapan CSR. Subjek dalam penelitian ini adalah perusahaan LQ45 yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI). Metode penelitian ini adalah metode verifikatif dengan pendekatan kuantitatif . Penelitian ini menggunakan data sekunder dengan sampel sebanyak 18 perusahaan LQ45 yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia untuk rentang waktu pengamatan 2016-2017 atau 36 pengamatan. Pengujian hipotesis dalam penelitian ini menggunakan metode analisis regresi berganda dan analisis regresi moderasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat profitabilitas berpengaruh signifikan dan arah positif, kualitas audit berpengaruh positif dan signifikan terhadap nilai perusahaan, pengungkapan CSR berpengaruh positif dan signifikan terhadap nilai perusahaan, sedangkan pengungkapan CSR mampu memoderasi pengaruh tingkat profitabilitas terhadap nilai perusahaan.. Saran bagi peneliti selanjutnya yaitu diharapkan untuk memperluas sampel perusahaan, dan menambahkan proksi lain seperti Net Profit Margin (NPM), Return on Sales (ROS), atau Earning per Share (EPS).Kata Kunci : Tingkat Profitabilitas, Pengungkapan CSR, Nilai Perusahaan.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Andrianto, M. R. (2017). Pengaruh Pengungkapan CSR terhadap Agresivitas Pajak. Jurnal. Universitas Bina Nusantara.
Anggitasari, N. (2012). Pengaruh Kinerja Keuangan Terhadap Nilai Perusahaan denagn Pengungkapan Corporate Social Responsibility dan Struktur Good Corporate Governance Sebagai Variabel Moderasi. Simposium Nasional Akuntansi XIII.
Ardianti, S. H. (2013). Pengaruh Earning Per Share (PER), Net Profit Margin (NPM), Debt To Equity (der), Price To Book Value (PBV) Terhadap Return Saham. Skripsi.
Brigham, & Houston. (2010). Dasar-dasar Manajemen Keuangan Buku 1 (Edisi 11). Jakarta: Salemba Empat.
Govindarajan, A. V. (2008). Management Control System, Terjemahan Kurniawan Tjakrawala dan Krista. Jakarta: Salemba Empat.
Harmono. (2009). Manajemen Keuangan Berbasis Balanced Scorecard (Pendekatan Teori, Kasus, dan Riset Bisnis). Jakarta: Bumi Aksara.
Mufidah, N., & Purnamasari, P. E. (2018). Pengaruh Profitabilitas Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Pengungkapan CSR dan GCG Sebagai Variabel Moderating. Jurnal Keuangan dan Perbankan Syariah.
Pramana, I. A., & Mustanda, I. K. (2016). Pengaruh Profitabilitas dan Size Terhadap Nilai Perusahaan dengan CSR Sebagai Variabel Moderasi. E-Jurnal Manajemen Unud.
Pratama, M. I. (2014). Pengaruh CSR Disclosure terhadap Nilai Perusahaan dengan Ukuran Perusahaan sebagai Variabel Moderating. Skripsi.
DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.21415
