Pengaruh Corporate Social Responsibility (CSR) Disclosure terhadap Nilai Perusahaan dengan Tingkat Profitabilitas sebagai Variabel Moderating

Dewi Kartika Didik, Nurleli Nurleli, Yuni Rosdiana

Abstract


Abstract. This research was conducted to determine the effect of corporate social responsibility disclosure (CSR) on firm value with profitability as a moderating variable. The higher the CSR carried out, the value of ithe company will increase and ithe ihigher ithe iprofitability, ithe ibetter ithe iCSR iand ithe ivalue iof ithe icompany. iThe iphenomenon ithat ioccurs iat ithis itime ishows ithat ithe imarket icapitalization ivalue iof icompanies iin iIndonesia iis isupported iby ishares ithat iare iincorporated iin ibusiness icollaboration, ithis irequires ithat ithe imarket icapitalization ivalue iincreases ifrom iyear ito iyear. iDisclosure iof icorporate isocial iresponsibility ito icorporate ivalue iwith iprofitability ias ia imoderating ivariable. iThis istudy iuses ia isample iof i25 imanufacturing icompanies iin ithe iindustrial isector iand iconsumer igoods ilisted ion ithe iIndonesia iStock iExchange i(IDX) iwith ia irange iof iobservations i2017 i- i2018 ior i50 iobservations i(company iyear). iThe imethod iused iin ithis istudy iis ithe iverification imethod iusing iquantitative. iHypothesis itesting iis idone iby ithe imethod iof imultiple ilinear iregression ianalysis iand iModerated iRegression iAnalysis i(MRA) ito itest ithe ihypothesis. iThe iresults ishowed ithat ithe idisclosure iof icorporate isocial iresponsibility i(CSR) idid inot ireflect ithe ivalue iof ithe icompany. iThe ilevel iof iprofitability ithat iaffects ithe irelationship ibetween idisclosure iof icorporate isocial iresponsibility i(CSR) ito ithe ivalue iof ithe icompany.

 

Keyword : Corporate isocial iresponsibility i(CSR) idisclosure, icorporate ivalue, ilevel iof iprofitability.

Abstrak. iPenelitian iini idilakukan iuntuk imengetahui ipengaruh iCorporate isocial iresponsibility i(CSR) idisclosure iterhadap inilai iperusahaan idengan itingkat iprofitabilitas isebagai ivariabel imoderating. iSemakin itinggi iCSR iyang idilaksanakan imaka inilai iperusahaan iakan isemakin imeningkat idan isemakin itinggi itingkat iprofitabilitas imaka isemakin ibaik iCSR idan inilai iperusahaan. iFenomena iyang iterjadi isaat iini imenunjukan ibahwa inilai ikapitalisasi ipasar iperusahaan idi iIndonesia ibanyak iditopang isaham iyang itergabung idalam ikolongmerasi ibisnis, ihal iini imengakibatkan inilai ikapitalisasi ipasar iperusahaan isemakin imenurun idari itahun-ketahun. iPenelitian iini ibertujuan iuntuk imenguji ibesarnya ipengaruh icorporate isocial iresponsibility i(CSR) idisclosure iterhadap inilai iperusahaan idengan itingkat iprofitabilitas isebagai ivariabel imoderating. iPenelitian iini imenggunakan isampel isebanyak i25 iperusahaan imanufaktur isektor iindustri idan ibarang ikonsumsi iyang iterdaftar idi iBursa iEfek iIndonesia i(BEI) idengan irentang iobservasi i2017 i- i2018 iatau i50 ipengamatan i(firm iyears). iMetode iyang idigunakan idalam ipenelitian iini iadalah imetode iverifikatif idengan ipendekatan ikuantitatif. iPengujian ihipotesis idilakukan idengan imetode ianalisis iregresi ilinier iberganda idan iModerated iRegression iAnalysis i(MRA) iuntuk imenguji ihipotesis itersebut. iHasil ipenelitian imenunjukkan ibahwa icorporate isocial iresponsibility i(CSR) idisclosure itidak iberpengaruh iterhadap inilai iperusahaan. iTingkat iprofitabilitas iberpengaruh ihubungan iantara icorporate isocial iresponsibility i(CSR) idisclosure iterhadap inilai iperusahaan.

Kata kunci : Corporate social responsibility (CSR) disclosure, Nilai Perusahaan, Profitabilitas.


Keywords


Corporate social responsibility (CSR) disclosure, Nilai Perusahaan, Profitabilitas.

Full Text:

PDF

References


Ainurrofiq, M. (2018). PENGARUH PENGUNGKAPAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY TERHADAP NILAI PERUSAHAAN DENGAN TINGKAT PROFITABILITAS SEBAGAI VARIABEL MODERASI. E-Journal Akuntansi Universitas Pasundan.

Anthony, & Govindarajan. (2008). Management Control System Terjemahan Kurniawan Tjakrawala dan Krista. Jakarta: Salemba Empat.

Arikunto. (2006). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik Edisi Revisi VI. Jakarta: PT Rineka Cipta.

BAPEPAM No.38/PM/1996 .

Bougie, & Sekaran. (2013). Research Methods for Business: A Skill Building Approach. New York: John wiley@Sons.

Brigham, E. F. (2001). Manajemen Keuangan Edisi Delapan Buku 2. Jakarta: Erlangga.

Brigham, Eugene F, & Ehrhardt. (2005). Dasar-Dasar Manajemen Keuangan Edisi Kesembilan. Alih Bahasa. Jakarta: Salemba Empat.

Brigham, Eugene F, & Houston. (2006). Fundamental of Financial Management: Dasar Dasar Manajemen Keuangan Edisi 10. Jakarta: Salemba Empat.

Brigham, Eugene F, & J.F Houston. (2010). Dasar-Dasar Manajemen keuangan. Edisi 11. Jakarta: Salemba Empat.

Brigham, Eugene, & Ehrhardt. (2005). Dasar-Dasar Manajemen Keuangan Edisi Kesembilan. Jakarta: Salemba Empat.

Chariri. (2007). Teori Akuntansi. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Deegan, C. (2004). Financial Accounting Theory. Sydney: McGraw-Hill Book Company.

Deriyarso, I. (2014). Pengaruh Tingkat profitabilitas Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Corporate SOcial Responsibility Sebagai Variabel Moderating. Skripsi.

Dewi, Sukmawaty, Priyadi, & Maswar. (2013). Pengaruh Karakteristik Perusahaan Terhadap Corporate Social Responsibility Disclosure Pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di BEI. . Jurnal Ilmu & Riset Akuntansi Vol.3 No.3.

Djumena, E. (2015). Terkait Nilai Perusahaan, Saham Grup Salim jadi Idola dan Astra jadi Idola, saham Bakrie dihindari,tersedia di ekomomi. [online] Tersedia di : https://money.kompas.com/read/2015/03/30/100100826/Saham.Grup.Salim.dan.Astra.Jadi.Idola.Saham.Bakrie.Dihindari. [20/3/2015].

Dwi, N. K., & Susilo, E. (2019). Pengaruh Corporate Social Responsibility Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Tingkat profitabilitas Sebagai Variabel Moderasi. Seminar Nasional Ekonomi & Bisnis Dewanatara Call For Peper 2019.

Elkington, J. (1997). Cannibals with forks, for the bottom line of 21st century business. Oxford: Capstone.

Fachrur Dian, & R. L. (2013). Pengaruh Corporate Social Responsibility, Kepemilikan Manajerial dan Kepemilikan Institusi terhadap Nilai Perusahaan Tambang Batu Bara yang Terdaftar Di BEI. Prociding Akuntansi.

Fakhrudin , Sopian, & Hardianto. (2001). Perangkat Model Analisis Investasi Di Pasar Modal Bukul. Jakarta: PT Alex Media Koputindo.

Ghozali, I. (2016). APlikasi Analisis Multivariete dengan Program IBM SPSS 23 (Edisi 8) Cetakan ke VIII. Semarang: Badan Penerbit Universitas DIponegoro.

Gitman, & Lawrence J. (2006). Principles of Managerial Finance. USA: Pearson.

Gitman, Lawrence J, & Z. C. (2012). Principles of Managerial Finance 13th Edition. Global Edition: Pearson Education Limited.

Global Reporting Initiative (2013) Pedoman Pelaporan Keberlanjutan (www.globalreporting.org).

Hackston, David, & Markus J. Milne. (1996). Some Determinants of Social and Environmental Disclosure in New Zealand Companies. Accounting, Auditing and Accountability Vol. 9, No. 1.

Hanafi, Mamduh, & A. H. (2003). Analisis Laporan Keuangan Edisi Revisi. Yogyakarta: UPP AMP YKPN.

Haniffa R.M, & T.E Cooke. (2005). The Impact of Culture and Governace on Corporate Social Reporting. Journal of Accounting and Public Policy 24., 391-430.

Harahap, & S. S. (2012). Teori AKuntansi Edisi Revisi 2011. Jakarta: Rajawali Pers.

Harmono. (2009). Manajemen Keuangan Berbasis Balanced Scorecard (Pendekatan Teori, Kasus dan Riset Bisnis). Jakarta: Bumi Aksara.

Hasan, & Iqbal. (2006). Analisis Data Penelitian dengan Statistik. Jakarta: Bumi Aksara.

Hermastuti, C. P. (2014). Pengaruh Tingkat profitabilitas, Kebijakan Dividen, Kebijakan Hutang, Keputusan Investasi, dan Kepemilikan Insuder Terhadap Nilai Perusahaan. Jurnal Ilmu & Riset Akuntansi Vol.3 No.4 .

Hermuningsih, S. (2012). Pengantar Pasar Modal Indonesia. Yogyakarta: UPP STIM YKPN.

Hutabarat, & Siswantaya. (2017). PENGARUH PENGUNGKAPAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY TERHADAP NILAI PERUSAHAAN DENGAN TINGKAT PROFITABILITAS SEBAGAI VARIABEL MODERASI. E-Journal Akuntansi Universitas Atma Jaya Yogyakarta .

Indah, S. P., Fadilah, S., & Sukarmanto Edi. (2016). Pengaruh Pengungkapan Corporate Social Responsibility Sebagai Variabel Pemoderasi. Prosiding Akuntansi Vol.2 No.1 .

Intisari Manajemen Keuangan . (2009). Jakarta: PT. Gramedia Widiasarana Indonesia (GRASINDO).

Ismail, S. (2012). Manajemen Strategik. Jakarta: Erlangga.

Kalsum, U. (2017). PENGARUH PENGUNGKAPAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY TERHADAP NILAI PERUSAHAAN DENGAN TINGKAT PROFITABILITAS SEBAGAI VARIABEL MODERASI. Prociding Akuntansi Universitas Lampung.

Kotler, Nancy Lee, & Philip. (2005). Corporate Social Responsibility:Doing The Most Good for Your Company and Your Cause . New Jersey: John Willey and Sons, Inc.

Mardiyanto, & Handono. (2009). Intisari Manajemen Keuangan . Jakarta: PT. Gramedia Widiasarana Indonesia (GRASINDO).

Mardliyyah. (2016). PENGARUH PENGUNGKAPAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY (CSR) TERHADAP NILAI PERUSAHAAN . Prociding Akuntansi Universitas Pendidikan Indonesia .

Margaretha, & Farah. (2011). Teori dan Aplikasi Manajemen Keuangan Investasi dan Sumber Dana Jangka Pendek. Jakarta: Grasindo Gramedia Widiasarana Indonesia.

MHD, R. (2017). Pengaruh Tingkat profitabilitas Terhadap Nilai Perusahaan dengan Corporate Social Responsibility Sebagai Variabel Moderating. Skripsi.

Munawir, S. (2010). Analisis Laporan Keuangan Edisi Keempat. Cetakan Kelima Belas. Yogyakarta: Liberty.

Murnita, & Putra. (2018). Pengaruh Corporate Social Responsibility terhadap Nilai Perusahaan dengan Tingkat profitabilitas dan Leverage sebagai Variabel Pemoderasi. E-Jurnal Akuntansi Universitas Udayana Vol.23.2., 1470-1494.

Nafarin, M. (2007). Penganggaran Perusahaan. Jakarta: Salemba Empat.

Nazir, M. (2009). Metode Penelitian. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Nurhayati, & Nunung. (2016). Statistik Penelitian dengan SPSS. Bandung: FEB Universitas Islam Bandung.

Nurrahman, Sofianty, & Sukarmanto. (2018). Pengaruh Tingkat profitabilitas Terhadap Nilai Perusahaan Volume 4, No, 2. Prosiding Akuntansi.

Putra, Kristanti, & Yudowati. (2017). PENGARUH CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY TERHADAP NILAI PERUSAHAAN DENGAN TINGKAT PROFITABILITAS SEBAGAI VARIABEL MODERATING. e-Proceeding of Management : Vol.4, No.3, Page 2804.

Ramona, S. (2017). PENGARUH CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY TERHADAP NILAI PERUSAHAAN DENGAN TINGKAT PROFITABILITAS SEBAGAI VARIABEL MODERATING . E-Journal Universitas Pasir Pengaraian.

Rohana. (2018). Pengaruh Pengungkapan Corporate Social Responsibility (CSR) terhadap Tingkat Tingkat profitabilitas (Studi Empiris pada Perusahaan yang Listed di Jakarta Islamic Index Tahun 2014-2016). Unisba : Prosiding Akuntansi. SPESIA.

Rosiana, Juliarsa, & Sari. (2013). PENGARUH PENGUNGKAPAN CSR TERHADAP NILAI PERUSAHAAN DENGAN TINGKAT PROFITABILITAS SEBAGAI VARIABEL PEMODERASI. E-Jurnal Akuntansi Universitas Udayana, 723-738 .

Saedah, Z. (2018). PENGARUH CSR TERHADAP NILAI PERUSAHAAN DENGAN TINGKAT PROFITABILITAS SEBAGAI VARIABEL MODERATING . E-Journal Akuntansi Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Santosa, B. P., & Ashari. (2005). Analisis Statistik dengan Microsoft Axcel&SPSS. Yogyakarta: Andi Offset.

Santoso, S. (2012). Statistik Parametik. Jakarta: PT Gramedia Pustaka.

Sembiring. (2005). Karakteristik Perusahaan dan Pengungkapan Tanggung Jawab Sosial: Studi Empiris pada Perusahaan yang tercatat di Bursa Efek Jakarta. Seminar Nasional Akuntansi, Solo.

Setianingrum, W. A. (2018). PENGARUH CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY TERHADAP NILAI PERUSAHAAN DENGAN TINGKAT PROFITABILITAS SEBAGAI VARIABEL MODERASI . E-Journal Manajemen.

Sofianty, D., & dkk. (2018). Statistik Penelitian dengan SPSS . Bandung: Universitas Islam Bandung.

Solihin, I. (2012). Manajemen Strategik. Jakarta: Erlangga.

Sudana, I. M. (2011). Manajemen Keuangan Perusahaan Teori dan Praktik. Jakarta: Erlangga.

Sugiyono. (2004). Metode Penelitian Bisnis. Bandung: ALFABETA.

Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Kuantitatif ,kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta CV.

Sukamulja, & Sukmawati. (2004). Good Corporate Governance di Sektor Keuangan: Dampak Good Corporate Governance Terhadap Kinerja Keuangan . Vol.8 No.1 Juni 2004.

Supriadi, R. M., Lestari, R., & Nurleli. (2018). Pengaruh Kinerja Lingkungan Terhadap Kinerja Keuangan Melalui Corporate Social Responsibility Sebagai Variabel Moderating. Prosiding Akuntansi Volume 4 No.1.

Uma, S. (2006). Metodologi Penelitian Untuk Bisnis, Edisi Keempat. Jakarta: Salemba Empat.

Umar, H. (2008). Metodologi Penelitian. Jakarta: Raja Grafindo.

Umi, N. (2008). Metode Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif, Teori dan APlikasi . Bandung: Agung Media.

Undang-Undang Perseroan Terbatas No.40 Tahun 2007 Pasal 1 ayat (3).

Undang-Undang Republik Indonesia No.40 Tahun 2007 Perseroan Terbatas Pasal 74 ayat (4).

W. J., & Copeland E.Thomas. (2004). Manajemen Keuangan Edisi Sembilan. Jakarta : Binarupa Aksara.

Weston J.F, & Copeland. (2008). Dasar-Dasar Manajemen Keuangan Jilid II. Jakarta: Erlangga.

Weston J.Fred, & Copeland E.Thomas. (2004). Manajemen Keuangan. Edisi Kesembilan. Jakarta: Binarupa Aksara.

Wijaya. (2013). THE INFLUENCE OF CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY TO THE FORM VALUE WITH PROFITABILITY AS THE MODERATING VARIABLE. Prociding Akuntansi .

Wirartha, I. M. (2006). Metode Penelitian Sosial Ekonomi. Yogyakarta: Andi Offset.

www.idx.co.id.

Zulganef. (2008). Metode Penelitian Sosial dan Bisnis Edisi Pertama. Yogyakarta: Graha Ilmu.




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.21278

Flag Counter