Pengaruh Kualitas Pelayanan Fiskus dan Reformasi Administrasi Perpajakan terhadap Kepatuhan Wajib Pajak

Novia Fajriyah, Nunung Nurhayati, Nurhayati Nurhayati

Abstract


Abstract. One source of government revenue is taxes. Every year the number of taxpayers increases with population. If all individual or corporate taxpayers have no tax obligations, the government will not function properly. The phenomenon that exists in Indonesia, shows that taxpayer compliance is still low. One reason for the lack of adherence is because of poor service. This study aims to examine the effect of the quality of tax authorities and tax administration reforms on taxpayer compliance at KPP Pratama Majalaya Bandung. This research method uses the verification method with a quantitative approach. The sampling technique in this study was purposive sampling. The sample in this study amounted to 98 Individual Taxpayers in KPP Pratama Majalaya Bandung. This study uses primary data by distributing questionnaires to respondents. Questionnaires are distributed to individual taxpayers who are registered at KPP Pratama Majalaya Bandung. The data analysis technique is done is multiple linear regression. The results of this test indicate that the quality of fiscal services affect the taxpayer compliance, tax administration reforms affect the taxpayer compliance, and the quality of tax authorities and tax administration reform simultaneously affect the taxpayer compliance.

Keywords: Quality of Fiscus Services, Tax Administration Reform, Taxpayer Compliance.

Abstrak. Sumber pendapatan pemerintah salah satunya yaitu pajak. Setiap tahun jumlah wajib pajak meningkat seiring dengan bertambahnya jumlah penduduk. Apabila semua wajib pajak orang pribadi atau badan tidak memiliki kewajiban pajak maka pemerintahan tidak akan berfungsi dengan baik. Fenomena yang ada pada Indonesia, menunjukkan bahwa kepatuhan wajib pajak masih rendah. Salah satu penyebab tidak adanya sikap patuh yaitu karna pelayanan yang kurang baik. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh kualitas pelayanan fiskus dan reformasi administrasi perpajakan terhadap kepatuhan wajib pajak pada KPP Pratama Majalaya Bandung. Metode penelitian ini menggunakan metode verifikatif dengan pendekatan kuantitatif. Teknik penentuan sampel dalam penelitian ini adalah purposive sampling. Sampel pada penelitian ini berjumlah 98 Wajib Pajak Orang Pribadi di KPP Pratama Majalaya Bandung. Penelitian ini menggunakan data primer dengan menyebarkan kuisioner kepada responden. Kuisioner dibagikan kepada Wajib Pajak Orang Pribadi yang terdaftar di KPP Pratama Majalaya Bandung. Teknis analisis data yang dilakukan adalah dengan regresi linear berganda. Hasil pengujian ini menunjukkan bahwa kualitas pelayanan fiskus berpengaruh terhadap kepatuhan wajib pajak, reformasi administrasi perpajakan berpengaruh terhadap kepatuhan wajib pajak, dan kualitas pelayanan fiskus dan reformasi administrasi perpajakan berpengaruh secara simultan terhadap kepatuhan wajib pajak.

Kata kunci : Kualitas Pelayanan Fiskus, Reformasi Administrasi Perpajakan, Kepatuhan Wajib Pajak.


Keywords


Kualitas Pelayanan Fiskus, Reformasi Administrasi Perpajakan, Kepatuhan Wajib Pajak.

Full Text:

PDF

References


Agus Nugroho Jatmiko. 2006. Pengaruh Sikap Wajib Pajak Padda Pelaksanaan Sanksi Denda, Pelayanan Fiskus, dan Kesadaran Perapajakn Terhadap Kepatuhan Wajb Pajak Studi Empiris Terhadap Wajib Pajak Orang Pribadi di Kota Semarang. Univesitas Diponegoro: Tesis Magister Akuntansi.

Al- Rayid, Harun. 1994. Teknik Penarikan Sampel dan Penyusunan Skala. Bandung: Universitas Padjadjaran..

Alabede, J. O., Affrin, Z. Z., Idris, K, M. 2011. Tax Service Quality and Tax Compliance in Nigeria : Do Taxpayer’s Financial Condition and Risk Preeference Play Any Moderating Role. European Journal of Economics, Finance and Administrative Sciences, (35), 90 – 108.

Albari. 2009. Pengaruh Kualitas Layanan Terhadap Kepatuhan .Membayar Pajak. Jurnal Siasat Bisnis, Vol. 13 No.1, 1-13.

Bambang Supomo dan Nur Indriantoro. 2002. Metodologi Penelitian Bisnis. Cetakan Kedua. Yogyakarta: Penerbit BFEE UGM.

Brady, M. K., & Cronin, J. J. 2001. Some New Thoughts On Conceptualixing Perceived Service Quality: A Hierarchical Approach. The Journal Of Marketing Vol 65,34-49.

Brondolo, Jhon, Carlos Silvani, Eric Le Borge, and Frank Bosch. 2008. Tax Administration Reform and Fiscal Adjustment: The Case of Indonesia. Journal of Economics.

Chaizi Nasucha. 2004. Reformasi Administrasi Perpajkan : Teori dan Praktik. Jakarta: Penerbit PT Gramedia Widiasarana.

Devano, Sony dan Siti Kurnia Rahayu. 2006. Perapajakan Konsep, Teori dan Isu. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Dimas Ramadiansyah, et al. Analisis Faktor- faktor Yang Mempengaruhi Wajib Pajak Orang Pribadi Dalam Memenuhi Kewajiban Membayar Pajak. Jurnal e- Perpajakan, No.1 Vol 1 Tahun 2014.

Gujarati. 2012. Dasar-dasar Ekonometrika, Terjemahan Mangunsong, R.C. Jakarta: Salemba Empat, buku 2, Edisi 5.

Gunadi. 2003. Kebijaksanaan Penagihan Pajak. Jakarta: BP. Cipta Karya.

Hestu, Yoga. 2017. Ditjen Pajak: Kepatuhan Bayar Pajak Masyarakat Indonesia Masih Rendah, tersedia di https://ekonomi.kompas.com/

Keban Yeremias T. 2004. Enam Dimensi Strategis Administrasi Publik: Konse Teori, dan Isu. Yogyakarta: Gava Media.

Kiryanto. 2000. Analisis Pengaruh Penerapan Struktur Pengendalian Intern Terhadap Kepatuhan W3ajib Pajak Badan Dalam Memenuhi Kewajiban Pajak Penghasilannya. EKOBIS, Vol. 1 No. 1,41-51.

Kiswanto. 2008. Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Wajib Pajak Kendaraan Bermotor Dikantor Bersama SAMSAT UUPD DIPENDA Provinsi Jawa Tengah Kabupaten Seragen. .Jurnal daya saing.

Kotler, Philip. 2000. Manajemen Pemasaran. Edisi Milenium. Jakarta: PT Indeks Kelompok Gramedia.

Mangoting, Y dan A. Sadjiarto. 2013. Pengaruh Poatur Motivasi terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi. Jurnal Akuntansi dan Keuangan 15, 106-166.

Marcus Taufan Sofyan. 2005. Pengaruh Penerapan Sistem Administrasi Perpajakan Modern Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak pada Knator Pelayanan Pajak di Lingkungan Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Pajak Wajib Pajak Besar . Skripsi Sarjana Sekolah Tinggi Akuntansi Negara.

Mardiasmo. Perpajakan Edisi Revisi 2011. Yogyakarta: Penerbit Andi. 2011.

Murti, Hangga Wicaksono, Jullie J Sondakh. 2014. Pelayanan Fiskus dan Pengetahuan Perpajakan Tehadap Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi di Kota Manado. Jurnal EMBA Vol. 2 No. 3, 389-398.

Narimawati, Umi. 2010. Metodologi Penelitian: Dasar Penyusun Penelitian Ekonomi. Jakarta: Genesis.

Pandingan, Liberti, 2008, Modernisasi dan Reformasi Pelayanan Perpajakan Berdasarkan Undang-undang Terbaru, PT Elex Media Komput Indo, Jakarta.

Santoso, Singgih. 2012. Panduan Lengkap SPSS Versi 20. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.

Sartika dan Rini. 2009. Pengaruh Kecerdasan Spiritual, Kinerja Pelayanan Ketegasan Sanksi Perpajakan terhadap Motivasi Wajib Pajak dalam Memenuhi Kewajiban Perpajakan. Prosiding Simposium Nasional Perpajakan “Perspektif Ekonomi, Hukum, Teknologi, Sosial, Budaya dan agamaâ€.

Siregar, Sofyian. 2012. Motode Penelitian Kuantitatif Dilengkapi Dengan Perbandingan Perhitungan Manual dan SPSS. Jakarta: Prenadamedia Group.

Solich Jamin. 2001. Analisis Kepatuhan Wajib Pajak Sebelum dan Selama Krisis Ekonomi pada KPP Di Wilayah Jawa Tengah dan DI Yogyakarta, Tesis Program Pasca Sarjana Magister Sains Akuntansi Universitas Dipenogoro.

Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & B. Bandung: Alfabeta.

Suryadi. 2006. Pengaruh Sikap Wajib Pajak Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Dalam Pembayaran Pajak Bumi dan Bangunan: Studi Empiris di Wilayah KP PBB Surakarta. Tesis Program Pasca Sarjana Magister Sains Akuntansi Universitas Dipenogoro.

Suryana. 2010. Metode Penelitian Model Praktis Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif. Bandung: UPI.

Waluyo. 2011. Perpajakan Indonesia. Jakarta: Salemba Empat.

Widodo, Joko. 2010. Analisis Kebijakan Publik. Mlang: Banyumedia.

Yustinus, Prastowo. 2018. Di Balik Reformasi Pemeriksaan Wajib Pajak oleh DJ tersedia di https://www.cnbcindonesia.com/news/




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.20670

Flag Counter    Â