Perancangan Sistem Informasi pada Pabrik Topi Indonesia

Meirisha Anjarwati, Magnaz Lestira Oktaroza

Abstract


Abstract. Pabrik Topi Indonesia is a company engaged in the industry and trading. This research with the aim to analyse the information system applied to the company and find the problems found in this company. Based on the survey, this research has found many problems, such as : (1)  no organizational structure and job description is written; (2) lack of input and output documents; (3) lack of adequate procedures at the time of operational activities; (4) and no adequate reports on every part of the company. To help solve the problems that arise within the company, a new solution design system is given to reduce the risk of fraud, and improve control during operational activities. The method used in this research is a descriptive analysis, and the method of system development used is the Framework for the Application of System Technique (FAST) in which there are phases and activities that must be undertaken Development of the system. In addition, in this research the authors designed an interface to support the systems and procedures developed on the company for the Sales part, inventory parts, production parts, purchasing parts, and the Financial administration part.

Keywords: Analysis and designing information systems.

Abstrak. Pabrik Topi Indonesia merupakan perusahaan yang bergerak di bidang industri dan dagangan. Penulis melakukan penelitian dengan tujuan untuk menganalisis sistem infomasi yang diterapkan pada perusahaan dan menemukan permasalahan yang terdapat pada perusahaan ini. Permasalahan yang terjadi yaitu : (1) tidak adanya struktur organisasi dan job description secara tertulis; (2) kurangnya dokumen input dan output; (3) kurangnya prosedur yang memadai pada saat melakukan kegiatan operasionalnya, (4) tidak adanya laporan yang memadai pada setiap bagian pada perusahaan. Untuk membantu memecahkan masalah yang muncul dalam perusahaan, diberikan solusi rancangan sistem informasi yang baru untuk mengurangi risiko dari adanya kecurangan, dan meningkatkan pengendalian pada saat melakukan kegiatan operasionalnya. Metode yang digunakan pada penelitian ini yaitu analisis deskriptif, dan metode pengembangan sistem yang digunakan yaitu Framework for the Application of System Technique (FAST) yang didalamnya terdapat fase – fase dan aktivitas - aktivitas yang harus dilakukan dalam melakukan pengembangan sistem tersebut. Selain itu, pada penelitian ini penulis merancang interface untuk menunjang sistem dan prosedur yang dikembangkan pada perusahaan untuk bagian penjualan, bagian persediaan, bagian produksi, bagian pembelian, dan bagian administrasi keuangan.

Kata Kunci : Analisis dan Perancangan Sistem Informasi.



Keywords


Analisis dan Perancangan Sistem Informasi.

Full Text:

PDF

References


Gelinas, Dull, & Willer. 2014. Accounting Information System. Australia : Cengage Learning .Azwar, Syaifuddin. 2005. Metode Penelitian. Jogyakarta: Pustaka Belajar.

Hall, J.A. 2007. Sistem Informasi Akuntansi. Jakarta : Salemba Empat.

Mardi, 2014. Sistem Informasi Akuntansi, Cet.2. Bogor: Ghalia Indonesia.

Marshall, Romney., & Steinbart, Paul John. 2015. Sistem Informasi Akuntansi. Jakarta: Salemba Empat.

Stair, M. Ralph, George W. Reynolds. (2010). Principles of Information System: A Managerial Approach (9th Edition). Australia : Thomson Course Technology.

Susanto, Azhar. 2002. Sistem Informasi Manajemen, Konsep dan Pengembangannya. Edisi Indonesia Kedua. Indonesia, Bandung : Lingga Jaya.




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.20579

Flag Counter    Â