Analisis Penerapan Total Quality Management dalam Meningkatkan Kinerja Perusahaan

Muhammad Rahmat Setiawan, Rini Lestari

Abstract


Abstract. The era of economic globalization accompanied by rapid technological developments has an impact on increasingly intense competition and increasingly rapid changes in the business environment. This encourages companies to improve company performance. Services that are less than optimal can occur because there is no maximum coordination with employees. This can occur because of TQM's lack of understanding of how to continuously improve performance at every level of operations or processes. This study aims to determine the TQM and company performance at Bank BRI Syariah Bandung and to know the application of TQM in improving the performance of Bank BRI Syariah Bank of Bandung. This study shows that TQM at Bank BRI Syariah Bandung has good criteria, but there are still employees who do not get clear and accurate information in providing reports. The company's performance at Bank BRI Syariah Bandung is included in the good criteria, but there are still employees who do not get education and training to increase their work knowledge. The application of TQM can improve company performance because TQM has been able to produce a performance in accordance with the expectations set by the company.

Keywords: Total Quality Management (TQM), and Company Performance

Abstrak. Era globalisasi ekonomi yang disertai dengan pesatnya perkembangan teknologi, berdampak pada semakin ketatnya persaingan dan semakin cepatnya terjadi perubahan pada lingkungan usaha. Hal tersebut mendorong perusahaanuntuk meningkatkan kinerja perusahaan. Pelayanan jasa yang kurang optimal dapat terjadi karena tidak maksimalnya berkordinasi dengan karyawan. Hal tersebut dapat terjadi karena kurangnya pemahaman TQM mengenai cara meningkatkan performasi secara terus menerus pada setiap level operasi atau proses. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui TQM dan kinerja perusahaan pada Bank BRI Syariah Kota Bandung, serta mengetahui penerapan TQM dalam meningkatkan kinerja perusahaan Bank BRI Syariah Kota Bandung. Penelitian ini menunjukkan bahwa TQM pada Bank BRI Syariah Kota Bandung memiliki kriteria baik, namun masih terdapat karyawan yang tidak mendapatkan informasi yang jelas dan akurat dalam memberikan laporan. Kinerja perusahaan pada Bank BRI Syariah Kota Bandung termasuk dalam kriteria baik, namun masih terdapat karyawan yang tidak mendapatkan pendidikan dan pelatihan untuk menambah pengetahuan dalam bekerja. Penerapan TQM dapat meningkatkan kinerja perusahaan karena TQM sudah mampu menghasilkan kinerja yang sesuai dengan harapan yang telah ditetapkan pada perusahaan.

Kata Kunci: Total Quality Management (TQM), Kinerja Perusahaan


Keywords


Total Quality Management (TQM), Kinerja Perusahaan

Full Text:

PDF

References


Blocher, E.J, et al. 2007 . Manajemen Biaya Penekanan Strategis. Salemba Empat. Jakarta.

Eem dan Abadi 2019. Pelayanan Garuda Memburuk, DPR Bentuk Panitia Kerja, tersedia di https://indopos.co.id/read/2019/07/23/182356/pelayanan-garuda-memburuk-dpr-bentuk-panitia-kerja/ diakses pada [ 12/12/2019]

Gaspersz. 2001. Total Quality Management. Pustaka Utama, Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Idhat, D. Gunawan. 7 Hambatan yang Buat Bank Syariah Lambat Berkembang di RI, tersesia di https://finance.detik.com/moneter/d-3076959/7-hambatan-yang-buat-bank-syariah-lambat-berkembang-di-ri di akses pada [12/12/2019]

Meyliana dan Renata. (2012). Jurnal Akuntansi. Pengaruh Total Quality Management pada Sistem Pengukuran Kinerja Terhadap Pengembangan Produk dan Efisiensi Biaya : Studi kasus pada PT. Bintang Alam Semesta, 4(1), 57-69.

Mangkunegara, A.P. 2002. Manajemen Sumber Daya Manusia Bandung: PT. Remaja Rosda Karya

Mathis L. Robert dan John Jackson. 2006. Human Resource Management. Jakarta: Salemba Empat

Mulyadi. 1998. Akuntansi Manajemen. Edisi ketiga. Salemba Empat. Jakarta.

________. 2007. Sistem Perencanaan dan Pengendalian Manajemen . Jakarta: Salemba Empat.

_________. 2001. Balanced Scorecard Alat Manajemen Kontenporer untuk Pelipatganda Kinerja Keuangan Perusahaan. Jakarta : Salemba Empat.

Nasution, M.N. 2004. Manajemen Jasa Terpadu. Jakarta: PT Ghalia Indonesia.




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.20569

Flag Counter    Â