Pengaruh Pengungkapan Corporate Social Responsibility (CSR) terhadap Nilai Perusahaan dan Profitabilitas sebagai Variabel Moderating

Nurul Fikri Gunawan, Nurleli Nurleli, Rini Lestari

Abstract


Abstract. Disclosure of Corporate Social Responsibility (CSR) is a form of corporate commitment to social, community, company and the environment around the company operates and most importantly in order to get a good image in the eyes of stakeholders. The purpose of this study is to find out whether Corporate Social Responsibility (CSR) affects Company Value with Profitability as a moderating variable on state-owned companies listed on the Stock Exchange 2016-2018. In this study using descriptive statistical data analysis techniques. While testing the hypothesis using linear regression, R2 test, F test and t test. The sample of this study is Disclosure of Corporate Social Responsibility through financial statements in the 2016-2018 BUMN sector. By using purposive sampling method. There are 20 BUMN companies listed on the Indonesia Stock Exchange in 2016-2018. Only 13 met the criteria for the study sample. Based on the results of research conducted using (SPSS, 25) which shows that CSR has a significant effect on firm value and profitability is able to strengthen the influence of CSR on firm value. This means that the higher the index of Corporate Social Responsibility (CSR) disclosed by the company, the better the assessment of the company.

Keywords: Corporate Social Responsibility (CSR) Disclosure, Value Company and profitability as moderating variables.

Abstrak. Pengungkapan Corporate Social Responsibility (CSR) merupakan bentuk komitmen perusahaan terhadap sosial, masyarakat,perusahaan dan lingkungan sekitar perusahaan tersebut beroperasi dan yang paling penting supaya mendapat citra yang baik dimata stakeholder. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah Corporate Social Responsibility (CSR) berpengaruh terhadap Nilai Perusahaan dengan Profitabilitas sebagai variabel moderating pada perusahaan BUMN yang terdaftar di BEI 2016-2018. Dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis data. Sedangkan uji hipotesis menggunakan regresi linier,. Sampel penelitian ini adalah Pengungkapan Corporate Social Resonsibility melalui laporan keuangan pada sektor perusahaan BUMN tahun 2016-2018. Dengan menggunakan metode purposive sampling. Terdapat 20 perusahaan BUMN yang terdaftar di BEI Tahun 2016-2018. Hanya 13 yang memenuhi kriteria sebagai sampel penelitian. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan dengan menggunakan (SPSS,25) yang menunjukan bahwa CSR berpengaruh signifikan terhadap nilai perusahaan dan profitabilitas mampu memperkuat pengaruh CSR terhadap nilai perusahaan. Artinya semakin tinggi indeks Corporate Social Responsibility (CSR) yang diungkapkan perusahaan maka semakin baik pula penilaian terhadap perusahaan.

Kata kunci: Pengungkapan Corporate Social Responsibility (CSR), Nilai Perusahaan dan Profitabilitas sebagai variabel moderating.


Keywords


Pengungkapan Corporate Social Responsibility (CSR), Nilai Perusahaan dan Profitabilitas sebagai variabel moderating

Full Text:

PDF

References


A.B. Susanto, Corporate Social Responsibility, Jakarta : The Jakarta Consulting, 2007,A Strategic Management Approach, CSR, Jakarta Consulting Group,

Brigham dan Ehrhardt. 2005. Financial Management Theory And Practice, Eleventh Edition. Ohio: South Western Cengage Learning

Brigham, Eugene F and Joel F.Houston. 2006. Dasar-Dasar Manajemen Keuangan. Jakarta: Salemba Empat

Cholid Narbuko dan Abu Achmadi, 2004, Metodologi Penelitian, Bumi Aksara, Jakarta

Christiawan, Yulius Jogi dan Josua Tarigan. 2007. Kepemilikan Manajeral: Kebijakan Hutang, Kinerja dan Nilai Perusahaan. Jurnal Akuntansi danKeuangan, Vol. 9 No.1. Hal. 1-8. Surabaya: Universitas Kristen Petra.

Fakhruddin dan Hadianto, Sopian. 2001. Perangkat dan Model Analisis Investasi di Pasar Modal, Buku satu. Jakarta: Elex Media Komputindo

Gitman, Lawrence J. 2006. Principles of Manajerial Finance. International Edition, 10 th edition. Boston: Pearson Education.

Harmono. 2009. Manajemen Keuangan Berbasis Balanced Scorecard (Pendekatan Teori, Kasus, dan Riset Bisnis). Jakarta: Bumi Aksara

https://news.detik.com/berita/d-4809261/bos-wika-sabet-penghargaan-marketeer-of-the-year-2019?_ga=2.172372331.915357815.1578217803-701168480.1571225968.

https://finance.detik.com/berita-ekonomi-bisnis/d-4806658/arti-cap-merah-untuk-bumn-rentan-bangkrut?_ga=2.114179791.915357815.1578217803-701168480.1571225968

J. Supranto, 2003, Metode Penelitian Hukum dan Statistik, PT Rineka Cipta, Jakarta.

Koentjaraningrat, 1986 “Metode-metode Penelitian Masyarakatâ€, PT.Gramedia, Jakarta.

Nuryana, Mu’man, 2005, Corporate Social responsibility dan Kontribusi bagi Pembangunan Berkelanjutan, makalah yang disampaikan pada diklat pekerjaan sosial industri, Balai Besar Pendidikan dan Pelatihan Kesejahteraan sosial (BBPPKS), Lembang, Bandung

Noerirawan, Ronni, dkk. 2012. Pengaruh Faktor Internal dan Eksternal Perusahaan Terhadap Nilai Perusahaan. Jurnal Akuntansi Vol.1 No. 2. hal. 4..

Ronny Hanitijo Soemitro,, 2004, “Metodologi Penelitian Hukum dan Jurimetriâ€, Ghalia Indonesia, Jakarta.

Suparnyo, 2010, Corporate Social ResponsibilityTeory dan Prktek, Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Sartono, Agus. 2010. Manajemen Keuangan Teori dan Aplikasi. Yogyakarta: BPFE

Sudana, I Made. 2011. Manajemen Keuangan Perusahaan Teori dan Praktek. Jakarta: Erlangga.

Weston, J. Fred dan Copeland, Thomas E. 2001. Manajemen Keuangan Jilid I, Edisi ke-9. Jakarta: Binarupa Aksara.

Yusuf Wibisono, 2007, Membedah Konsep & Aplikasi CSR (Corporate Social Responsibility), PT Gramedia, Jakarta.




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.20395

Flag Counter