Pengaruh Penerapan Akuntansi Manajemen Lingkungan terhadap Inovasi Produk dan Dampaknya terhadap Daya Saing Perusahaan

Ranti Safitri, Rini lestari

Abstract


Abstract. Increasing companies in the food and beverage industry indirectly can cause intense competition between companies. Innovation becomes a weapon needed for companies to be able to survive in the competition. In addition to the innovations needed to be competitive, the company's image for the community also needs to be considered by managing a good environment. Considering that food and beverage industry companies are part of contributors to waste that can damage the environment, it is necessary to have a management that can manage it in terms of the impact on the environment to manage costs. The purpose of this study was to determine the effect of the application of environmental management accounting on product innovation and to determine the magnitude of the influence of product innovation on the competitiveness of companies. The research method used in this study is a survey and verification method with a quantitative approach. Data collection techniques in this study using a questionnaire. The sampling technique in this research is non probability sampling with convenience sampling. Hypothesis testing used is the t test with the results of research that show that the application of environmental management accounting affects product innovation and product innovation influences the company's competitiveness.

Keywords: Application of Environmental Management Accounting, Product Innovation, Company Competitiveness

 

Abstrak. Meningkatnya perusahaan di bidang industri makanan dan minuman secara tidak langsung dapat menimbulkan persaingan yang ketat antar perusahaan. Inovasi menjadi suatu senjata yang diperlukan bagi perusahaan untuk dapat bertahan dalam persaingan  tersebut. Disamping inovasi yang dibutuhkan untuk dapat bersaing, citra perusahaan bagi masyarakat pun perlu diperhatikan dengan mengelola lingkungan yang baik. Mengingat perusahaan industri makanan dan minuman merupakan bagian dari penyumbang limbah yang dapat merusak lingkungan, perlu adanya sebuah manajemen yang dapat mengelola hal tersebut dari segi dampak kepada lingkungan hingga pengelolaan biaya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui besarnya pengaruh penerapan akuntansi manajemen lingkungan terhadap inovasi produk dan untuk mengetahui besarnya pengaruh pinovasi produk terhadap daya saing perusahaan. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah metode survey dan verifikatif dengan pendekatan kuantitatif. Teknik penggumpulan data pada penelitian ini menggunakan kuesioner. Teknik penentuan sampel pada penelitia ini adalah non probability sampling dengan jenis convenience sampling. Pengujian hipotesis yang digunakan adalah uji t dengan hasil penelitian yang menunjukan bahwa penerapan akuntansi manajemen lingkungan berpengaruh terhadap inovasi produk dan inovasi produk berpengaruh terhadap daya saing perusahaan.

Kata Kunci: Penerapan Akuntansi Manajemen Lingkungan, Inovasi Produk, Daya Saing Perusahaan



Keywords


Penerapan Akuntansi Manajemen Lingkungan, Inovasi Produk, Daya Saing Perusahaan

Full Text:

PDF

References


Amerka, Indryani. 2013. Manajemen Inovasi. Yogyakarta: CV Andi Offet.

Anatan, L., & Ellitan, L. 2009. Manajemen Sumber Daya Manusia Dalam Bisnis Modern. Bandung: Alfabeta.

Chaerunnisa, & Nodia, F. 2019. Brand Makanan Besar yang 'Gagal' di 2017 karena Berbagai Hal Ini, tersedia di https://www.suara.com/lifestyle/2017/12/19/150102/brand-makanan-besar-yang-gagal-di-2017-karena-berbagai-hal-ini

David, Fred R. 2012. Manajemen Strategis. Edisi 12. Diterjemahkan oleh: Dono Sunardi . Jakarta: Salemba Empat.

Ferreira, A. M., & Hendro, B. 2009. Environmental management accounting and innovation: an exploratory analysis. Accounting, Auditing & Accountability Journal. Vol. 23 No. 7, 2010 pp. 920-948q. Emerald Group.

Hansen, Don R.dan Maryanne M. Mowen. 2009. Akuntansi manajerial. Jakarta: Salemba empat.

Hartarto, A. 2019. Industri Makanan dan Minuman Jadi Sektor Kampiun, tersedia di https://kemenperin.go.id/artikel/20298/Industri-Makanan-dan-Minuman-Jadi-Sektor-Kampiun-

Heizer dan Render. 2014. Manajemen Operasi. Jakarta: Salemba Empat

Ikhsan, A. 2009. Akuntansi Manajemen Lingkungan. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Indriany, A. 2013. Manajemen Inovasi Peluang Sukses Menghadapi Perubahan. Yogyakarta: CV Andi Offset.

Kotler, P. & Keller, K. L. 2009. Manajemen Pemasaran. Edisi 12. Jakarta: PT Indeks.

Kwartati, F., & Sutanto, E. 2019. Strategi Starbucks Hadapi Panasnya Kompetisi Bisnis Kopi di Indonesia., tersedia di https://ekonomi.bisnis.com/read/20190808/12/1134170/strategi-starbucks-hadapi-panasnya-kompetisi-bisnis-kopi-di-indonesia

Masyrafina, I. 2019. Coca Cola Jadi Pencemar Plastik Terbesar Dunia, tersedia di https://gayahidup.republika.co.id/berita/pzwv2j328/coca-cola-jadi-pencemar-plastik-terbesar-dunia

Mitasari, Y. 2012. Peran akuntan dalam penerapan akuntansi lingkungan di perusahaan, tersedia di http://www.jtanzilco.com

Nur’ainun, Unun & Lestari, Rini. 2017. pengungkapan Akuntansi Lingkungan dan Kinerja Keuangan (studi pada perusahanaan Tekstil yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2012-2015). Jurnal Seminar Nasional Akuntansi dan Bisnis ( SNAB) Universitas Widiyatama.

Primasiwi, A. 2011. AS dan Indonesia Perkuat Kerjasama Bidang Lingkungan Hidup, tersedia di http://suaramerdeka.com

Rahayu, A. H. 2017. Pengaruh Penerapan Akuntansi Manajemen Lingkungan dan Strategi Bisnis Terhadap Inovasi Produk (Studi pada PT Bio Farma (Persero)). Universitas Pasundan.

Ramadhani, B. 2011. Inovasi Produk dan Proses; Implikasi Akuntansi Manajemen Lingkungan. Simposium Nasional Akuntansi XIV Aceh.

Sahban, Muhammmad Amsal. 2018. Kolaborasi Pembangunan Ekonomi di Negara Berkembang. Makasar: CV Sah Media.

Zuhal, Muhammad. 2010. Knowledge dan Innovation Platform Kekuatan Daya Saing. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.20390

Flag Counter