Pengaruh Pengetahuan Perpajakan dan Kesadaran Wajib Pajak terhadap Kepatuhan Penyampaian SPT Tahunan Wajib Pajak Orang Pribadi

Puji Purwasari Rachmat, Nunung Nurhayati, Elly Halimatusadiah

Abstract


Abstract. The purpose of this research is to determine the effect of tax knowledge and awareness of taxpayers on compliance with Annual Taxpayers submission of individual taxpayers. This research method is descriptive and verification method. The data source used in this study is primary data. The data collection technique was carried out by distributing 100 questionnaires to taxpayers who were registered at KPP Pratama Cibeunying. The sampling technique used is purposive nonprobability. Data analysis method used in this study is multiple regression analysis. The results of hypothesis testing indicate that there is a positive and significant influence of tax knowledge on tax compliance in the submission of tax returns, and there is a positive and significant effect between taxpayer awareness of tax compliance in the submission of tax returns.

Keywords: tax knowledge, taxpayer awareness, taxpayer compliance

Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pengetahuan perpajakan dan kesadaran wajib pajak terhadap kepatuhan penyampaian SPT Tahunan wajib pajak orang pribadi (Survey Pada KPP Pratama Cibeunying) . Metode penelitian ini adalah metode deskriptif dan verifikatif. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan 100 kuesioner kepada wajib pajak yang terdaftar di KPP Pratama Cibeunying. Adapun teknik penentuan sampel yang digunakan ialah nonprobability purposive. Metode analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah analisis regresi berganda. Hasil pengujian hipotesis menunjukkan terdapat pengaruh positif dan signifikan pengetahuan perpajakan terhadap kepatuhan wajib pajak dalam penyampaian SPT, dan terdapat pengaruh positif dan signifikan antara kesadaran wajib pajak terhadap kepatuhan wajib pajak dalam penyampaian SPT.

 

Kata kunci : pengetahuan perpajakan, kesadaran wajib pajak, kepatuhan wajib pajak


Keywords


pengetahuan perpajakan, kesadaran wajib pajak, kepatuhan wajib pajak

Full Text:

PDF

References


Harahap, Abdul Asri. 2004. Paradigma Baru Perpajakan Indonesia.

Yogyakarta: BPFE

Luhut Binsar Panjaitan. 2015. Kesadaran Bayar Pajak Orang RI Masih Rendah, tersedia di www.liputan6.com [11/5/2015].

Manik Asri. 2009. Pengaruh Kualitas Pelayanan, Biaya Kepatuhan Pajak, dan Kesadaran Wajib Pajak pada Kepatuhan Pelaporan Wajib Pajak Badan yang Terdaftar di Kantor Pelayanan Pajak Madya Denpasar. Skripsi Jurusan Akuntansi Pada Fakultas Ekonomi Universitas Udayana.

Mubarak. W. I. (2011). Promosi kesehatan. Jogyakarta : Graha ilmu.

Ni Kadek Intania Kesumasari dan Ketut Ali Suadarna.2018. Pengaruh Pengetahuan, Kesadaran, dan Pengetahuan Tax Amnesty Pada Kepatuhan WPOP di KPP Gianyar. E-Jurnal Akuntansi Universitas Udayana vol.22.2.

Nurmatu, Safri. 2005. Pengantar Perpajakan Ed.3 . Jakarta: Granit

Notoatmodjo, S. 2007. Kesehatan Masyarakat dan Ilmu Seni. Jakarta: Rineka Cipta.

Persada, Nanda. 2016. Kurang Pengetahuan Jadi Alasan Artis Mangkir Bayar Pajak, tersedia di www.liputan6.com [23/8/2016].

Sarah Nisa Santoso. 2015. Pengaruh Pengetahuan Pajak, Kesadaran Wajib Pajak, dan Sanksi Pajak Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak (Studi Pada Wajib Pajak Orang Pribadi Di Kantor Pelayanan Pajak Pratama Kepanjen). Jurnal Mahasiswa Perpajakan.

Waluyo, 2014. Perpajakan Indonesia.Jakarta : Salemba Empat.




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.20335

Flag Counter    Â