Analisis Biaya Kualitas dalam Menurunkan Produk Cacat dan Kaitanya dengan Tingkat Profitabilitas

Tsania Yasyfa Astrie, Nurlaeli Nurlaeli

Abstract


Abstract. In the current era of globalization, social media and the internet are no longer new to all people in the world. In addition to communicating, social media and the internet can also be used to do business online. The phenomenon that often occurs in shopping online is customer complaints related to goods displayed on social media or platforms that are not appropriate when it reaches the consumer or the product being sold is a defective product or damaged product. Fluorite is an online business in Bandung that focuses on women's fashion. To maintain the quality of the products produced, Fluorite applies quality costs so it is expected to reduce defective products and increase profitability. The purpose of this study is to explain the application of quality costs in reducing defective products and their relation to the level of profitability. The method in this research is a case study and analytical descriptive conducted on Fluorite. The results of this study indicate that Fluorite has implemented quality costs which include prevention costs and assessment costs. With the application of good quality costs, the resulting defective products will decrease so that Fluorite can increase profitability and be able to create loyal customers by providing quality products and good service to consumers.

Keywords: Cost of Quality, Product Defects, and Level of Profitability

 

Abstrak. Pada era globalisasi saat ini, media sosial dan internet bukan lagi hal yang baru bagi seluruh masyarakat di dunia. Selain untuk berkomunikasi, media sosial dan internet juga dapat  digunakan untuk berbisnis online. Fenomena yang sering terjadi dalam berbelanja online adalah keluhan pelanggan terkait barang yang ditampilkan pada media sosial atau platform tidak sesuai ketika sudah sampai ke tangan konsumen atau produk yang dijual merupakan produk cacat atau produk yang rusak. Fluorite merupakan salah satu bisnis online di Bandung yang berfokus pada fashion wanita. Untuk menjaga kualitas produk yang dihasilkan, Fluorite menerapkan biaya kualitas sehingga diharapkan mampu menurunkan produk cacat dan  meningkatkan profitabilitas. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan penerapan biaya kualitas dalam menurunkan produk cacat dan kaitanya dengan tingkat profitabilitas. Metode dalam penelitian ini studi kasus dan deskriptif analitis. Hasil dari penelitian ini menunujukan bahwa Fluorite telah menerapkan biaya kualitas yang meliputi biaya pencegahan dan biaya penilaian. Dengan penerapan biaya kualitas yang baik, maka produk cacat yang dihasilkan akan menurun sehingga Fluorite dapat meningkatkan profitabilitas serta mampu menciptkan konsumen yang loyal dengan memberikan produk- produk yang berkualitas dan pelayanan yang baik kepada konsumen.

Kata kunci: Biaya Kualitas, Produk Cacat, dan Tingkat Profitabilitas.

Keywords


Biaya Kualitas, Produk Cacat, dan Tingkat Profitabilitas

Full Text:

PDF

References


Abadi , T. (2018). Bisnis Belanja Onlie Menanjak di 2018 tapi Bukan Tanpa Persoalan.

Baldric, Siregar, Suripto, Bambang, & dkk. (2013). Akuntansi Biaya (Kedua ed.). Jakarta: Salemba Empat.

Blocher , E, J, et, & al. (2007). Management, Manajemen Biaya Penekanan Strategis. Jakarta: Salemba Empat.

Hansen , D., & Mowen, M. (2014). Akuntansi Manajerial (10 ed.). Jakarta: Salemba 4.

Hansen, D. R., & Mowen, M. M. (2009). Akuntansi Manajerial (Kedelapan ed.). Jakarta: Salemba Empat.

Herawati, Shinta , D., & Indri, C. L. (n.d.). Tinjauan Atas Perlakuan Akuntansi Untuk Produk Cacat dan Produk Rusak pada PT Indo Pacific. Jurnal Nasional Akuntansi dan Bisnis, 2.

Ikranegara, P. D. (2017). Pengaruh Orientasi Belanja, Kepercayaan Online, dan Pengalaman Pembelian Terhadap Minat Beli Secara Online (Studi Kasus Pada Toko Online Bukalapak). Jurnal Faklutas Ekonomi, Universitas Negeri Yogyakarta.

Kasmir. (2015). Analisis Laporan Keuangan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Mulyadi. (2005). Akuntansi Biaya . Yogyakarta: STIE Yayasan Keluarga Pahlawan Negara.

Putri, C. M. (2018). Pengaruh Promosi Online dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen. Jurnal Fakultas Ekonomi, Universitas Sanata Dharma.




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.20326

Flag Counter    Â