Analisis Penerapan Strategi Bisnis dalam Meningkatkan Kualitas Sistem Informasi Akuntansi Manajemen

Reita Siti Juniana, Rini Lestari

Abstract


Abstract. Management accounting information system has a very important role to assist managers in various activities such as planning, organizing and making decisions so that the resulting information system must be of high quality. The quality of management accounting information systems is one of the tools that support management to improve the business strategies adopted by the company in achieving competitive advantage. This study aims to explain the application of business strategy and the quality of management accounting information systems at PT POS Indonesia in Bandung and analyze the application of business strategies in improving the quality of management accounting information systems at PT POS Indonesia in Bandung. The research method used is case study and analytical descriptive. This research was conducted at PT POS Indonesia in Bandung. The results of this study indicate that the application of business strategy is in the good category, this is indicated by the application of the type of business strategy that is defender, prospector, analyzer, and rector. The results of the management accounting information system quality research at PT POS Indonesia are included in the good category, but there are still some that have not been implemented optimally but the company has been able to use the eight indicators. This shows that PT POS Indonesia in Bandung with the application of business strategies can improve management accounting information systems so as to achieve the company's competitive advantage

Keywords: Competitive Advantage, Quality of Management Accounting Information System, Business Strategy

 

Abstrak. Sistem informasi akuntansi manajemen mempunyai peran sangat penting untuk membantu manajer atas berbagai aktivitas seperti perencanaan, pengorganisasian serta pengambilan keputusan sehingga sistem informasi yang dihasilkan harus berkualitas. Kualitas sistem informasi akuntansi manajemen merupakan salah satu alat yang mendukung manajemen untuk meningkatkan strategi bisnis yang diterapkan perusahaan dalam mencapai keunggulan kompetitif.  Penelitian  ini bertujuan untuk menjelaskan penerapan strategi bisnis dan kualitas sistem informasi akuntansi manajemen pada PT POS Indonesia di Kota Bandung serta menganalisis penerapan strategi bisnis dalam meningkatkan kualitas sistem  informasi  akuntansi manajemen pada PT POS Indonesia di Kota Bandung. Metode penelitian yang digunakan adalah studi kasus dan deskriptif analitis. Penelitian ini dilakukan pada PT POS Indonesia di Kota  Bandung. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan strategi bisnis berada pada kategori baik, hal ini ditunjukkan oleh penerapan tipe dari strategi bisnis yaitu defender, prospektor, analyzer, dan rektor. Hasil penelitian kualitas sistem informasi akuntansi manajemen pada PT POS Indonesia termasuk dalam kategori baik, namun masih ada beberapa yang belum di implementasikan secara maksimal tetapi perusahaan sudah mampu menggunakan delapan indikator tersebut. Hal ini menunjukkan bahwa PT POS Indonesia di Kota Bandung dengan  penerapan strategi bisnis dapat meningkatkan sistem informasi akuntansi manajemen sehingga mencapai keunggulan kompetitif perusahaan.

Kata  Kunci: Keunggulan Kompetitif, Kualitas  Sitem Informasi  Akuntansi Manajemen, Strategi Bisnis.


Keywords


Keunggulan Kompetitif, Kualitas Sitem Informasi Akuntansi Manajemen, Strategi Bisnis.

Full Text:

PDF

References


Buchory, A. H., & Daslim, S. (2010). Manajemen pemasaran, Edisi Cetakan Ketiga. Bandung: Lingga Jaya.

Heidmann, M.(2008). The Role of Management Accounting System in Stretegic Sensenmaking. Germany Deutscher: Universitas-Verlag Wiesbaden. Hitt, Michael A. Ireland, R Duane. Hoskisson, E Robert. 2001. Manajemen Strategis (Daya saing & Globalisasi). Salemba Empat.

Hunger dan Wheelen.(2003) . Manajemen Strategis. Terjemahan Julianto Agung S. Penerbit ANDI

Hoque, Zahirul.(2003). Strategic Management Accounting Concepts, Process and Issues, Second Edition. London: Spiro Press

Lestari, Rini. (2017). Kualitas Sistem Informasi Akuntansi terhadap Penerapan Good Corporate Governance.

Lupiyoadi, Rambat. (2014). Manajemen Pemasaran Jasa, Edisi 3. Jakarta: Salemba Empat.

Muhsin, W. S. (2008). Teknologi Informasi Perustakaan Kanisius. Yogyakarta

Muljono, D. (2012). Buku Pintar Strategi Bisnis Koperasi Simpan pinjam. Yogyakarta: CV Andi Offset.

Puspitawati L, Anggadini S D.(2011). Sistem Informasi Akuntansi, Edisi Cetakan Pertama. Yogyakarta : Graha Ilmu.

Tantra, R. (2012). Manajemen proyek Sistem Informasi. Yogyakarta: Andi.

Warren, C., Reeve, J., & Fees, P. (2008). Accounting (Pengantar Akuntansi). Jakarta: Salemba Empat.




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.20220

Flag Counter