Pengaruh Pendidkan Auditor dan Teknologi Informasi terhadap Kinerja Auditor

Fitra Nasihah, Edi Sukarmanto, Magnaz Lestira

Abstract


Abstract. Auditor educationis a learning process to develop skills in the future. Information technology is a set of computer-based tools that can help make it easier to complete work. An auditor who has sufficient education and an understanding of good information technology will produce quality auditor performance in order to achieve the progress of a KAP. The purpose of this study was to determine the effect of auditor education and information technology on auditor performance in the Public Accountant Office in Bandung. This research was conducted on auditors at the Public Accountants Office in Bandung with 31 respondents auditors with descriptive research methods and verification of quantitative approaches. Data sources used are primary data sources. The data collection technique used is a questionnaire. The sampling technique in this research is nonprobability sampling with convenience sampling. Testing the hypothesis used is multiple linear regression analysis and data analysis using SPSS version 17. The results of this study indicate that education and information technology have a positive and partially significant effect on auditor performance. Suggestions for further researchers are expected to be able to develop research by adding other variables not discussed in this study and further researchers should expand and add to the object under study using different respondents.


Keywords: auditor education, information technology, auditor performance.


Abstrak. Pendidikan auditor adalah proses pembelajaran untuk mengembangkan kemampuan dimasa yang akan datang. Teknologi informasi adalah seperangkat alat yang berbasis komputerisasi yang dapat membantu mempermudah dalam menyelesaikan pekerjaan.Seorang auditor yang memiliki pendidikan yang cukup dan pemahaman tentang teknologi informasi yang baik maka akan menghasilkan kinerja auditor yang berkualitas guna untuk mencapai kemajuan sebuah KAP tersebut. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pendidikan auditor dan teknologi informasi terhadap kinerja auditor pada Kantor Akuntan Publik di Kota Bandung.Penelitian ini dilakukan pada auditor di Kantor Akuntan Publik di Bandung dengan jumlah responden 31 auditor dengan metode penelitian deskriptif dan verifikatif pendekatan kuantitatif. Sumber data yang digunakan yaitu sumber data primer. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner. Teknik penentuan sampel pada penelitian ini yaitu nonprobability sampling dengan jenis convinience sampling. Pengujian hipotesis yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda dan analisis data menggunakan spss versi 17. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pendidikan dan teknologi informasi berpengaruh positif dan signifikan secara parsial terhadap kinerja auditor. Saran bagi peneliti selanjutnya diharapkan untuk dapat mengembangkan penelitian dengan menambahkan variabel-variabel lain yang tidak dibahas dalam penelitian ini dan peneliti selanjutnya sebaiknya memperluas dan menambah objek yang diteliti dengan menggunakan responden yang berbeda.


Kata kunci : Pendidikan auditor, teknologi informasi, kinerja auditor.


Keywords


Pendidikan auditor, teknologi informasi, kinerja auditor.

Full Text:

PDF

References


Agoes, Sukrisno, 2013. Auditing (Pemeriksaan Akuntan).Jakarta, Edisi 2. Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia,.

Akbar, Nasrizal, Vince Ratnawati dan Vina Novita, 2010. Pengaruh Pengetahuan Teknologi Informasi, Pemanfaatan Teknologi Informasi, dan Faktor Kesesuaian tugas - Teknologi informasi Terhadap Kinerja Akuntan Internal. E-Jurnal. Fakultas Ekonomi Universitas Riau.

Arens, Alvin A, James L. Loebbecke. 2003. Auditing : An Integrated Approach. New Jersey : Prentice Hall Inc.

Arens, A. Alvin, Elder, J Rendel dan Beasly, S Mark. 2008. Auditing and Assurance Service An Integrated Approach, 14th Global Edition.

_______. 2012. Auditing and Assurance Service An Integrated Approach, 14th Global Edition.

Ardanan, Komang dan Sriathi, Mujiati. 2008. Perilaku keorganisasian. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Bonner, Sarah E., dan Sprinkle, Geoffrey B. 2002. The effect of monetary incentive on effort and task performance: theories, evidence and framework of research. Accounting, Organization and Society 27:303-345.

Bougie, Rouger Dan Sekaran Umma. 2011. Research Methods For Business. Italia: Printer Trento Srl. 6th edition.

Cahyani, Kadek Candra Dwi, Purnamawati Ayu Gst I dan Herawati Trisna Nyoman. 2015. Pengaruh Etika Profesi Auditor, Profesionalisme, Motivasi, Budaya Kerja, Dan Tingkat Pendidikan Terhadap Kinerja Auditor Junior (Studi Empiris Pada Kantor Akuntan Publik Di Bali). E Journal Universitas Pendidikan Ganesha. Singaraja.

Dewi, Desak Ketut Ratna, Suwendra Wayan I dan Yulianthini Nyoman Ni. 2016. Pengaruh Tingkat Pendidikan Dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Karyawan. E-Journal Universitas Pendidikan Ganesha. Singaraja.

Dewi, Narisa. 2016. Pengaruh Tanggung Jawab Auditor Dan Red Flags Terhadap Pendeteksian Kecurangan. Skripsi. Universitas Islam Bandung. Skripsi.

EdisiKesatu.lBumilAksara.lJakarta.

Kaswan.p2012.pManajemeppSumber DayamManusiamuntuKeunggulannBersaingOrganisasi.nGraham Ilmu, Yogyakarta.

KNKG.n 2008.n PedomanpSistem PelaporanlPelanggaran – SPP (WBS).Penerbitn Komite Nasionalm Kebijakan Governance: Jakarta Pusat.

LaporanGoodCorporate Governance




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.20006

Flag Counter    Â