Pengaruh Kualitas Pelayanan Pajak dan Pengetahuan Wajib Pajak terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi

Sarah Aghnia Silmi, Diamonalisa Sofianty, Nunung Nunung

Abstract


Abstract. One of the phenomena in Indonesia regarding taxation is tax compliance, which we know is that tax compliance is currently very lows due to the low qualities of tax service and the lower knowledge of taxpayers, therefore this studies aims to determine whether there is an influence between Qualities of Tax Services and Taxpayers Knowledge of Taxpayer Compliance at KPP Pratama Bandung Karees. This research uses a verification methode with a quantitatively approach. The population in this studies is the Individu Taxpayer at KPP Pratama Bandung Karees with a sampling technique using probability sampling that produces a sample of 100 respondents. The result of this studies indicated that the influence of taxs service qualities significantly influences the compliance of individual taxpayers, this is indicated by sig of 0, which means sig <0.05 and the influence of taxpayer knowledge on taxpayer compliance has a significant effect, this is indicated by sig of 0, which means sig <0.05. With this, the higher the quality of tax services and taxpayer knowledge, the taxpayer compliance will also increase.

Keywords: tax services qualitie, taxpayer knowledges, taxpayer compliance.


Abstrak. Fenomena yang ada di Indonesia mengenai bidang perpajakan salah satunya ialah kepatuhan wajib pajak, yang kita ketahui bahwa kepatuhan wajib pajak sekarang ini sangat rendah dikarenakan oleh rendahnya kualitas pelayanan petugas pajak dan rendahnya pengetahuan wajib pajak maka dari itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh antara Kualitas Pelayanan Pajak dan Pengetahuan Wajib Pajak terhadap Kepatuhan Wajib Pajak di KPP Pratama Bandung Karees. Penelitian ini menggunakan metode verifikatif dengan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini ialah Wajib Pajak Orang Pribadi di KPP Pratama Bandung Karees dengan teknik pengambilan sampel menggunakan probability sampling yang menghasilkan sampel sebanyak 100  responden. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pengaruh kualitas pelayanan pajak berpengaruh secara signifikan terhadap kepatuhan wajib pajak orang pribadi hal ini ditunjukan oleh sig sebesar 0 yang berarti sig < 0.05 dan pengaruh pengetahuan wajib pajak terhadap kepatuhan wajib pajak berpengaruh secara signifikan hal ini ditunjukan oleh sig sebesar 0 yang berarti sig < 0,05. Dengan hal ini maka semakin tingginya kualitas pelayanan pajak dan pengetahuan wajib pajak maka kepatuhan wajib pajak akan meningkat.

 

Kata kunci: kualitas pelayanan pajak, pengetahuan wajib pajak, kepatuhan wajib pajak.


Keywords


kualitas pelayanan pajak, pengetahuan wajib pajak, kepatuhan wajib pajak.

Full Text:

PDF

References


Andreoni.James; Erard.Brian; dan Feinstein.Jonathan. 1998. Tax Compliance Journal of Economic Literature. Vol. 36. NO.2.pp. 818-860

Andriani, P.J.A. 2000.Pajak dan Pembangunan. Jakarta: UI Press

Boediono, B. 2003. Pelayanan Prima Perpajakan. Jakarta: PT Rineka Cipta

Carolina, Veronica. 2009. Pengetahuan Pajak. Jakarta : Salemba Empat

Hambali , Ayi . Pelayanan Petugas Pajak Masih Buruk. Diambil dari: http://obsessionnews.com/pelayanan-petugas-pajak-masih-buruk/ Senin, 17 April 17

Hartono, Rudi Ahmad. 1999. Analisis Pengukuran Tingkat Kepuasan Wajib Pajak Terhadap Kinerja Pelayanan, Jurnal Kipas. Vol 1. Nomor 13

Kotler. 2000. Prinsip-prinsip Pemasaran. Jakarta: Erlangga

Lebouf, Michael. 2010. Memenangi dan Memelihara Pelanggan Seumur Hidup. Jakarta Selatan: PT. Tangga Pustaka

Mardiasmo.2009. Perpajakan. Yogyakarta: Andi

Nurmatu, Safri. 2005. Pengantar Perpajakan Ed.3. Jakarta: Granit

Prastowo, Yustinus. 2018. Tingkat Pengetahuan Masyarakat Terhadap Pajak Masih Minim. Diambil dari: http://www.prfmnews.com/berita.php?detail=pengamat-tingakt-kepatuhan-masyarakat-terhadap-pajak-masih-minim Jumat, 22 Desember 2017

Purwono, Herry.2010. Dasar-dasar Perpajakan dan Akuntansi. Jakarta: Erlangga.

Sudarso , Andriasan. 2016. Manajemen Pemasaran Jasa Perhotelan. Yogyakarta: Deepublish

Supriyati., dan Nurhidayati, 2008. Pengaruh Pengetahuan Pajak Dan Persepsi Wajib Pajak Terhadap Kepatuhan Pajak. Jurnal Akuntansi Dan Teknologi Informasi, Vol. 7 No. 1.

Waluyo. 2013. Perpajakan Indonesia. Jakarta: Salemba Empat.




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.19938

Flag Counter