Pengaruh Lingkungan Eksternal dan Aliansi Stratejik terhadap Keunggulan Kompetitif

Mulki Maulana Rahman, Nurleli Nurleli

Abstract


Abstract. Competitive advantage is an achievement of a company's position that is able to outperform its competitors. The external environment and strategic alliances will greatly affect competitive advantage. Competitive advantage will be achieved if the company is able to handle the external environment and implement strategic alliances properly. This study aims to understand whether there is an influence of the external environment on competitive advantage, strategic alliance on competitive advantage, and external environment on strategic alliance in shipping service companies in Bandung. The research method applied in this study is the verification method through a quantitative approach. In this study data were obtained through primary data sources. The use of a questionnaire in this study was used as a data collection technique with a total sample of 16 shipping service companies and path analysis was used as an analysis tool. The results of the analysis of the study concluded that the external environment affects competitive advantage, strategic alliances affect competitive advantage, and the external environment influences strategic alliances.

Keywords: External Environment, Strategic Alliance, Competitive Advantage.

Abstrak. Keunggulan kompetitif adalah suatu capaian posisi perusahaan yang mampu untuk mengungguli pesaing-pesaingnya. Lingkungan eksternal dan aliansi stratejik akan sangat mempengaruhi keunggulan kompetitif. Keunggulan kompetitif akan dapat dicapai apabila perusahaan mampu untuk menangani lingkungan eksternal dan menerapkan aliansi stratejik dengan baik. Penelitian ini bertujuan untuk memahami apakah terdapat pengaruh lingkungan eksternal terhadap keunggulan kompetitif, aliansi stratejik terhadap keunggulan kompetitif, dan lingkungan eksternal terhadap aliansi stratejik pada perusahaan jasa pengiriman di Kota Bandung. Metode penelitian yang diterapkan dalam penelitian ini yaitu metode verifikatif melalui pendekatan kuantutatif. Dalam penelitian ini data diperoleh melalui sumber data primer. Adapun penggunaan kuesioner dalam penelitian ini digunakan sebagai teknik pengumpulan data dengan jumlah sampel sebanyak 16 perusahaan jasa pengiriman dan analisis jalur digunakan sebagi alat analisis. Hasil analisis dari penelitian menyimpulkan bahwa lingkungan eksternal mempengaruhi keunggulan kompetitif, aliansi stratejik mempengaruhi keunggulan kompetitif, dan lingkungan eksternal mempengaruhi aliansi stratejik.

Kata kunci: Lingkungan Eksternal, Aliansi Stratejik, Keunggulan Kompetitif.


Keywords


Lingkungan Eksternal, Aliansi Stratejik, Keunggulan Kompetitif

Full Text:

PDF

References


Ebert, R. J., & Griffin, R. W. (2015). Pengantar Bisnis Edisi Kesepuluh. (D. B. Putera, Penerj.) Jakarta: Erlangga.

Ferreira, A., & Franco, M. (2017). The Mediating Effect of Intellectual Capital in The Relationship Between Strategic Alliances and Organizational Performance in Portuguese Technology-Based SMEs. European Academy of Management. doi:10.1111/emre.12107

Gunadha , R., & Fauzi, A. (2019). Suara.com. Diambil kembali dari https://www.suara.com/bisnis/2019/02/04/203454/pt-pos-indonesia-akui-kalah-bersaing-dengan-perusahaan-swasta

Hitt, M. A., Ireland, D. R., & Hoskisson, R. E. (1996). Manajemen Strategis: Menyongsong Era Persaingan dan Globalisasi. (A. Hediyanto, T. Sihombing, & Y. Sumiharti, Penerj.) Jakarta: Erlangga.

Ingga, I. (2009). Pengaruh Lingkungan Eksternal, Lingkungan Internal, Strategi Kepemimpinan Biaya, Strategi Diferensiasi, tehadap Nilai Pelanggan, dan Keunggulan Bersaing. Jurnal Aplikasi Manajemen, 7(2).

Kusumajaya, E. (2018). CNBC Indonesia. Diambil kembali dari https://www.cnbcindonesia.com/news/20181127154856-8-43917/e-commerce-dorong-pertumbuhan-jasa-pengiriman

Porter, M. E. (1985). Competitive Advantage: Creating And Sustaining Superior Performance. New York: The Free Press.

Prasetya , H. (2008). Membangun Keunggulan Kompetitif Melalui Aliansi Stratejik Untuk Meningkatkan Kinerja Perusahaan (Studi Kasus Pada PT. Pos Indonesia Wilayah VI Jateng dan DIY). Jurnal Studi Manajeman Organisasi, 4(2).

Prasetyo, F. A. (2017). Analisis Perbandingan Service Quality Antara JNE dan J&T Ekspress. Jurnal Strategi Pemasaran, 4(2).

Saladin, D. (2011). Manajemen Strategik. Bandung: Agung Ilmu.

Saxton, T. (1997). The Effect of Partner and Relationship Characteristics on Alliances Outcomes. Academy of Management journal, 40(2).

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta. Riyanto, S. (2018). Analisis Pengaruh Lingkungan Internal dan Lingkungan Eksternal Terhadap Keunggulan Bersaing dan Kinerja Usaha Kecil Menengah (UKM) di Madiun. Jurnal Manajemen Bisnis dan Inovasi, 5(3).

Susanto, A. (2014). Manajemen Strategik Komprehensif. Jakarta: Erlangga.

Wheelen, T. R., & Hunger, J. D. (2012). Strategic Management and Business Policy: Toward Global Sustainability. New Jersey: Pearson.

Winata, D. J., & Devie. (2013). Analisa Pengaruh Aliansi Stratejik Terhadap Keunggulan Bersaing dan Kinerja Perusahaan. Business Accounting Review, 1.




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.19920

Flag Counter