PERANCANGAN SISTEM INFORMASI PERSEDIAAN BAHAN BANGUNAN (STUDI KASUS PADA CV. RADHO JAYA)

Nabila Leonissa, Magnaz L. Oktaroza, Elly Halimatusadiah

Abstract


Perkembangan teknologi dan sistem informasi berperan penting untuk memperbaiki kinerja suatu perusahaan Teknologi informasi merupakan sarana yang sangat penting dan menunjang bagi suatu perusahaan baik dalam skala kecil, menengah, ataupun besar, sehingga dengan informasi dapat diharapkan mempermudah pekerjaan dan tujuan dapat tercapai secara maksimal. CV. Radho Jaya merupakan perusahaan yang bergerak dibidang developer properti berbagai pembangunan konstruksi. Akan tetapi persediaan barang di CV. Radho Jaya tidak terkelola dengan baik. Tidak lengkapnya dokumen, tidak ada pengendalian pada saat penerimaan barang dari supplier antara bagian keuangan proyek dan administrasi gudang, dan jarang dilakukannya stock opname atas persediaan menjadi masalah utama yang ada pada CV. Radho Jaya.

Berdasarkan hal tersebut, maka penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aktivitas sistem informasi akuntansi persediaan yang saat ini sedang dilakukan di CV. Radho Jaya, untuk mengetahui kelemahan-kelemahan yang terdapat pada sistem yang ada, untuk menganalisis dan merancang sistem informasi akuntansi persediaan yang dibutuhkan CV. Radho Jaya. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif analisis dan metode FAST. Teknik pengumpulan data yang digunakan analis yaitu JAD dengan cara wawancara, observasi dan dokumentasi dengan pemilik perusahaan dan karyawan di CV. Radho Jaya yang mampu memberi masukan atas informasi dalam pelaksanaan penelitian.

Hasil yang didapatkan dari analisis dan perancangan yang dilakukan yaitu sebuah perancangan sistem informasi persediaan yang mampu menunjang kebutuhan operasional persediaan CV. Radho Jaya, adapun keunggulan sistem yang dihasilkan yaitu selalu dilakukannya stock opname secara berkala,  dibuatnya dokumen-dokumen yang mendukung proses kegiatan yang berkaitan dengan persediaan, proses input hingga output (laporan) yang sudah terkomputerisasi sehingga dapat mempercepat keputusan pengambilan keputusan.


Keywords


Sistem Informasi Persediaan

References


Al-Bahra. 2005. Analisis dan Desain Sistem Informasi. Yogyakarta : Graha Ilmu.

Davis. Gordon B. 2002. Kerangka Dasar Sistem Informasi Manajemen Struktur dan Pengembangannya. PPM. Jakarta.

Hartono, Jogiyanto.2005. Analisis dan Desain Sistem Informasi. Yogyakarta:Andi

Ikatan Akuntan Indonesia. 2007. Standar Akuntansi Keuangan. Jakarta : Salemba Empat.

Mulyadi, 2001. Sistem Informasi Akuntansi, Salemba Empat. Jakarta.

Prof. Dr. Sugiono. Statistika untuk Penelitian, Alfabeta. Bandung

Romney, Mashal B dan Paul Jhon Steinbart. 2006. Sistem Informasi Akuntansi. Salemba Empat. Jakarta. 2006.

Suharli, Michell, 2006. Akuntansi untuk Bisnis Jasa dan Dagang, Edisi Pertama, Graha Ilmu, Yogyakarta.

Whitten, Jeffrey L., Lonnie D, Bentley. 1998. Systems Analysis And Design Methods, Fourth Edition. United States : The McGraw-Hill.

Whitten, Jeffrey L., Lonnie D, Bentley., Kevin C, Dittman. 2004. Systems Analysis and Design Methods. Yogyakarta : Andi.




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.1989

Flag Counter    Â