Pengaruh Penerapan Akuntansi Manajemen Lingkungan terhadap Keunggulan Kompetitif Perusahaan
Abstract
Abstract. Environmental management accounting is one of the company's strategies in achieving competitive advantage regarding environmental issues. The purpose of this research is to find out how the application of environmental management accounting and competitive advantage in the company, and to find out whether there is an influence of the application of environmental management accounting to the company's competitive advantage. This research was conducted at several manufacturing companies engaged in the textile sector in Bandung Regency and Cimahi City with quantitative research methods and using a verification approach. The sampling technique in this study is non-probability sampling with the type of purposive sampling. The data source used is to use primary data sources. The data collection techniques used were questionnaire and interview. Questionnaires were distributed to 4 textile companies in Bandung Regency and Cimahi City. The results of the questionnaire processing show that the application of environmental management accounting and competitive advantage in textile companies in Bandung Regency and Cimahi City is very good. This hypothesis was tested using simple linear regression analysis testing. The test results show that the application of environmental management accounting has a positive effect on competitive advantage in textile companies located in Bandung Regency and Cimahi City.
Keywords: Environmental Management Accounting, Competitive Advantage
Abstrak. Akuntansi manajemen lingkungan merupakan salah satu strategi perusahaan dalam mencapai keunggulan kompetitif mengenai permasalahan lingkungan. Tujuan dilakukannya penelitian ini yaitu untuk mengetahui bagaimana penerapan akuntansi manajemen lingkungan dan keunggulan kompetitif di perusahaan, serta untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh dari penerapan akuntansi manajemen lingkungan terhadap keunggulan kompetitif perusahaan. Penelitian ini dilakukan pada beberapa perusahaan manufaktur yang bergerak di bidang tekstil yang berada di Kabupaten Bandung dan Kota Cimahi dengan metode penelitian kuantitatif serta menggunakan pendekatan verifikatif. Teknik penentuan sampel pada penelitian ini adalah non-probability sampling dengan jenis purposive sampling. Sumber data yang digunakan yaitu dengan menggunakan sumber data primer. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner dan wawancara. Kuesioner dibagikan kepada 4 perusahaan tekstil yang berada di Kabupaten Bandung dan Kota Cimahi. Hasil pengolahan kuesioner menunjukkan bahwa penerapan akuntansi manajemen lingkungan dan keunggulan kompetitif di perusahaan tekstil yang berada di Kabupaten Bandung dan Kota Cimahi sudah sangat baik. Hipotesis ini diuji dengan menggunakan pengujian analisis regresi linier sederhana. Hasil pengujian menunjukkan bahwa penerapan akuntansi manajemen lingkungan berpengaruh positif terhadap keunggulan kompetitif di perusahaan tekstil yang berada di Kabupaten Bandung dan Kota Cimahi.
Kata Kunci: Akuntansi Manajemen Lingkungan, Keunggulan Kompetitif.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Azizah, dkk. (2013). Analisis Penerapan Environmental Accounting (EMA) sebagai Bentuk Eco Efficiency dalam Meningkatkan Keunggulan Kompetitif Perusahaan. Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), Vol. 6, No. 2.
David, F. (2011). Strategic Management : Concepts and Cases. New Jersey: Prentice Hall
Day, G., & Wensley, R. (1988). Assessig Advantage: A Framework for Dianostic Competitive Superiority. Journal of Marketing, Vol.52.
Ferdinand, A. (2003). Sustainable Competitive Advantage: Sebuah Eksplorasi Model Konseptual. Semarang: Universitas Diponegoro.
Ikhsan, A. (2009). Akuntansi Manajemen Lingkungan. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Kotler, P., & Amstrong, G. (2012). Prinsip-prinsip Pemasaran. Edisi 13 Jilid 1. Jakarta: Erlangga.
Hayati, M., & dkk. (2019). The Dynamic association of Energy, Environmental Management Accounting and Green Intellectual Capital with Corporate Environmental Performance and Competitive. International Journal of Energy Economics and Policy, Mersin Vol. 9.
Porter , M. E. (2008). Strategi Bersaing (Competitive Strategy). Tangerang: Karisma Publishing Group.r
DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.19828
  Â