Pengaruh Budaya Organisasi dan Inovasi Produk terhadap Keunggulan Kompetitif

Erika Aulia Rachmayuni, Rini Lestari

Abstract


Abstract. Organizational culture and product innovation can enhance a company's competitive advantage. The higher the competitive advantage, the greater the potential for achieving company goals. The phenomenon that occurs in companies in Indonesia shows that the lack of innovation in creating products so that companies lose in competition. This study aims to determine the effect of organizational culture on competitive advantage and product innovation on competitive advantage. The method used in this research is a verification method with a quantitative approach. The data source used in this study is the primary data source. The collection technique used is the questionnaire. The population of this research is all pharmaceutical companies in Bandung with a target population of 80 pharmaceutical companies in Bandung. The sample in this study was an internal pharmaceutical company in the city of Bandung. The sampling technique in this study is non-probability sampling with convenience sampling. Hypothesis testing used in this study uses multiple regression analysis. The results of hypothesis testing indicate that organizational culture influences competitive advantage and product innovation influences competitive advantage.

Keywords: Organizational Culture, Product Innovation, Competitive Advantage.

Abstrak. Budaya organisasi dan inovasi produk dapat meningkatkan keunggulan kompetitif perusahaan. Semakin tinggi keunggulan kompetitif maka potensi tercapai tujuan perusahaan pun semakin besar pula. Fenomena yang terjadi pada perusahaan di Indonesia menunjukkan bahwa kurangnya inovasi dalam menciptakan produk sehingga perusahaan kalah dalam persaingan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh budaya organisasi terhadap keunggulan kompetitif dan inovasi produk terhadap keunggulan kompetitif. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode verifikatif dengan pendekatan kuantitatif. Sumber data yang digunakan pada penelitian ini adalah sumber data primer. Adapun teknik pengumpulan yang digunakan adalah kueisioner. Populasi dari penelitian ini adalah semua perusahaan farmasi di Kota Bandung dengan target populasi 80 perusahaan farmasi yang ada di Kota Bandung. Sampel pada penelitian ini adalah pihak internal perusahaan farmasi di Kota Bandung. Teknik penentuan sampel pada penelitian ini adalah non probability sampling dengan jenis convenience sampling. Pengujian hipotesis yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi berganda. Hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa budaya organisasi berpengaruh terhadap keunggulan kompetitif, dan inovasi produk berpengaruh terhadap keunggulan kompetitif.

 

Kata kunci: Budaya Organisasi, Inovasi Produk, Keunggulan Kompetitif.


Keywords


Budaya Organisasi, Inovasi Produk, Keunggulan Kompetitif.

Full Text:

PDF

References


Barczak dan Kahn (Dhewanto dkk. 2014). Manajemen Inovasi: Peluang Sukses Menghadapi Perubahan. Yogyakarta: CV Andi Offset.

Edison dkk. 2017. Manajemen Sumber Daya Manusia. Bandung:Alfabeta

Murty dkk. 2012. Pengaruh Kompensasi, Motivasi Dan Komitmen Organisasional Terhadap Kinerja Karyawan Bagian Akuntansi (Studi Kasus Pada Perusahaan Manufaktur Di Surabaya). The Indonesian Accounting Review, 2(2), 215–228.

Saladin, D. 2019. Manajemen Strategik. Bandung: Agung Ilmu.

Sekaran, Uma & Bougie, Roger. 2013. Research Methods for Business: A Skill Building Approach 7th Edition. New York: Wiley.

Setiawan, Heri. 2012. Pengaruh Orientasi Pasar, Orientasi Teknologi, dan Inovasi Produk terhadap Keunggulan Bersaing. Jurnal Orasi Bisnis Edisi ke-VIII.

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Taruna, J. C. Tukiman. 2017. Analisis Organisasi dan Pola-Pola Pendidikan. Semarang: Universitas Katolik Soegijapranata.

Taurisa dkk. 2012. Analisis Pengaruh Budaya Organisasi dan Kepuasan Kerja terhadap Komitmen Organisasional dalam Meningkatkan Kinerja Karyawan (Studi Pada PT Sido Muncul Kaligawe Semarang). Jurnal Bisnis dan Ekonomi, 19(2), 170–187.




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.19763

Flag Counter    Â