Perancangan Sistem Informasi PT. Incaka Putra Persada

Mila Amalia, Magnaz Lestira Oktaroza

Abstract


Abstract. This research aims to analyze and find out the systems and procedures that are being applied and identify problems that occur at PT. Incaka Putra Persada. The problems that occur are the activities carried out verbally, the lack of documentation carried out, as well as the absence of reports generated for each activity accurately. The author analyzes and designs information systems to solve problems that occur in every activity, helps companies in improving performance, and supports the company's operational activities. The research method used is descriptive analysis method, and the system development method used is the Framework for the Application Development (FAST) method which consists of several stages, for each stage there are phases and activities carried out. The method uses the Joint Application Development (JAD) approach, which is a good interaction between the company and the system developer. The results obtained from this research are the need for information system design for PT. Incaka Putra Persada to help solve problems faced related to the project order system and procedures, project work systems and procedures, raw material purchasing systems and procedures, and inventory management systems and procedures. These systems and procedures are used by companies to support their operational activities in addition, helping to improve internal control and ensure company security.

Keywords: Analysis an kDesign of Information Systems

 

Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mengetahui sistem dan prosedur yang sedang diterapkan dan mengidentifikasi permasalahan yang terjadi di PT. Incaka Putra Persada. Permasalahan yang terjadi yaitu kegiatan yang dilakukan masih secara lisan, kurangnya dokumentasi yang dilakukan, serta tidak adanya laporan yang dihasilkan untuk setiap kegiatan secara akurat. Penulis melakukan analisis dan rancangan sistem informasi untuk memecahkan masalahan yang terjadi setiap kegiatan, membantu perusahaan dalam meningkatkan kinerja, dan mendukung kegiatan operasional perusahaan. Metode penelitian yang dilakukan yaitu metode desktiptif analisis, dan metode pengembangan sistem yang digunakan yaitu metode Framework for the Application Development (FAST) yaitu terdiri dari beberapa tahapan, untuk setiap tahapan terdapat fase dan aktivitas yang dilakukan. Metode tersebut menggunakan pendekatan Joint Application Development (JAD) yaitu interaksi yang baik antara pihak perusahaan dengan pengembang sistem. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini yaitu diperlukannya perancangan sistem informasi untuk PT. Incaka Putra Persada untuk membantu memecahkan permasalahan yang dihadapi terkait sistem dan prosedur pesanan proyek, sistem dan prosedur pekerjaan proyek, sistem dan prosedur pembelian bahan baku, dan sistem dan prosedur pengelolaan persediaan. Sistem dan prosedur ini digunakan oleh perusahaan dalam mendukung kegiatan operasionalnya selain itu, membantu untuk meningkatkan pengendalian internal dan menjamin keamanan perusahaan.

Kata Kunci: Analisis dan Perancangan Sistem Informasi


Keywords


Analisis dan Perancangan Sistem Informasi

Full Text:

PDF

References


Romney, Marshall B; Steinbart, Paul 2014. Sistem Informasi Akuntansi. Edisi Sembilan. Terjemahan Dewi Fitriasari & Deny Arnos Kwary. Jakarta: Salemba Empat.

McLeod, Jr., Raymond; Schell, George P. 2011. Sistem Informasi Manajemen. Edisi Sepuluh. Terjemahan Ali Akbar Yulianto & Afia R. Fitriati. Jakarta: Salemba Empat.




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.19733

Flag Counter    Â