Pengaruh Intellectual Capital dan Pertumbuhan Penjualan terhadap Nilai Pasar Perusahaan

Karina Suciarti, Kania Nurcholisah

Abstract


Abstract. This_research aims to provide an understanding of the influence of Intellectual Capital which is often understood as intangible assets owned by the company and is very important used to create Value Added for companies in this globalization era and Sales Growth on the Market Value. This research is conducted on Go Public Bank companies that listed in Indonesian Stock Exchange period 2016-2018. Purposive sampling method was used in sampling.The analysis method using Linear Regression Analysis as the Analysis technique and 16 companies were used as sample.The result of this study indicate that a significant positive effect of intellectual capital and sales growth on firm value.This shows that the higher the intellectual capital make the higher the market value and the higher the sales growth make the higher market value of the company.The ability of the dependent variables to influence the dependent variable was 31,2 % (R square=0,312) and remaining 68,8% was influenced by other variables.

Keywords:Intellectual Capital,Sales Growth,and Market Value.

Abstrak. Penelitian ini memiliki tujuan untuk memberikan pemahaman mengenai pengaruh intellectual capital yang sering dipahami sebagai aset tidak berwujud yang dimiliki perusahaan dan sangat penting digunakan untuk menciptakan ValueAdded bagi perusahaan pada era globalisasi ini dan Pertumbuhan Penjualan terhadap Nilai Pasar Perusahaan.Penelitian ini dilakukan pada perusahaan Perbankan Go Public  yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2016-2018.Teknik pemilihan sampel menggunakan teknik Purposive Sampling dan diperoleh  16 perusahaan sebagai sampel penelitian.Metode analisis data yang digunakan yaitu Uji Regresi Linier Berganda.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh signifikan positif dari intellectual capital dan petumbuhan penjualan terhadap nilai perusahaan. Hal ini menunjukkan bahwa semakin tinggi intellectual capital maka semakin tinggi nilai pasar perusahaan,dan semakin besarnya penjualan semakin bagusnya nilai pasar perusahaannya. Kemampuan variabel-variabel devenden mempengaruhi variabel devenden sebesar 31,2% (R square=0,312) dan sisanya 68,8% dipengaruhi oleh variabel lain.

Kаtа Kunci: Modal Intelektual, Pertumbuhan Penjualan, dan Nilai Pasar Perusahaan.


Keywords


Modal Intelektual, Pertumbuhan Penjualan, dan Nilai Pasar Perusahaan.

Full Text:

PDF

References


Arikunto,S.(2006). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik.Jakarta: Rineka Cipta

Belkaoui, R. A. 2003. Intellectual Capital and firm performance of US multinational firms : a study of of the resource-based and stakeholders view. Journal of Intellectual Capital.Vol.4 No.2.pp 215-226

Bontis, N, W.C.C. Keow, dan S. Richardson. 2000. Intellectual Capital and business performance Malaysia Indutries.Journal of Intellectual Capital.Vol.1 No.1

Brigham, E.F. dan L.C.Gapenski.2006. Intermediate Financial Management.7th edition.Sea harbor Drive: The Dryden Press, New York

Chen, M.C.,S.J. Cheng, dan Y.Hwang. 2005. An emprirical investigation of the relationship between Intellectual Capital and firm’s market value and financial performance.Journal of Intellectual Capital.

Cheng, M.Y.,Lin, J.Y., Hsiao, dan T.Y. Lin, T.W. 2010. Invested Resources Competitive Intellectual Capital ,and Corporate Performance.Journal of Intellectual Capital. Vol.9 No.4

DrIr.Soegoto,EddySoeryanto.(2008).Marketing Reseacrh .Bandung.Elex Media Komputindo

Fauziah, Fenty.2017.Kesehatan Bank ,Kebijakan Dividen dan Nilai Perusahaan. Kalimantan Timur. RV Pustaka Horison

Firer , S , dan S.M. Williams. 2003. Intellectual Capital and Traditional Measures of Corporate Performance. Journal of Intellectual Capital.

Gujarati, D.N. (2006). Dasar-dasar Ekonometrika, Jilid 2.Jakarta:Erlangga

Ghozali, Imam.2011. Aplikasi analisis Multivariate dengan Program SPSS. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Hansen V. dan Juniarti, 2014. Pengaruh Family Control, Size, Sales Growth, dan Leverage Terhadap Profitabilitas dan Nilai Perusahaan Pada Sektor Perdagangan, Jasa, Dan Investasi. Business Acounting Review,Vol.2,No.studentjournal.petra.ac.id/index.php/akuntansi-bisnis/article/view/1370 diakses 7 Maaret 2015 Hal. 121-130

Harahap, Sofyaf Syafri .2010.Analisis Kritis atas Laporan Kuangan. Jakarta: Rajawali Pers

Handayaningrat, Soewarno.1996. Pengantar Studi Ilmu Administrasi Dan Manajemen. Jakarta : Jakarta Gunung Agung

Hery, SE , M.Si (2014) . Controllership Knowledge and Management Approach. Jakarta :Grasindo

Horngen, Charles T . , Walter T. Harrison Jr . 2007 . Akuntansi Edisi Ketujuh , Jilid 1. Jakarta :Salemba empat

International Federation of Accountants, 1998. “ The Measurement and Management of Intellectual Capitalâ€.

Andre,Gede I & Karya,Made I. 2014.Pengaruh profitabilitas,struktur asset,dan pertumbuhan penjualan terhadap struktur modal dan harga saham pada perusahaan properti dan real estate yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2010-2012

Juwita, Siti Pritiza dan Fivi Anggraini.2007. Pengaruh Human Capital Terhadap Businness Performance melalui Customer Capital (Studi Empiris Pada Perusahaan Komoditi Ekspor di Sumatera Barat)

Kasmir.2009. Analisis Laporan keuangan.Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Kesuma, Ali. 2009. Analisis Faktor Yang Mempengaruhi Struktu Modal Serta Pengaruhnya Terhadap Harga Saham Perusahaan Real Estate yang Go Public di Bursa Efek Indonesia. Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan. Vol 1 no 1.

Kusumajaya, Dewa Kadek Oka. 2011. Pengaruh Struktur Modal dan Pertumbuhan Perusahaan terhadap Profitabilitas dan Nilai Perusahaan pada Perusahaan Manufaktur di Bursa Efek Indonesia. Tesis. Pascasarjana Universitas Udayana.

Lestari, N., & Sapitri, R. C. (2016). Pengaruh Intellectual Capital Terhadap Nilai Perusahaan. Jurnal Akuntansi, Ekonomi Dan Manajemen Bisnis, 1(2), 1–15.

Margaretha,Farah, &Arief, R. 2006. Pengaruh Intellectual Capital terhadap market value dan financial performance perusahaan dengan metode value added Intellectual Capital Coefficient. Jurnal bisnis dan akuntansi vol.8 no.2 agustus :217. Universitas trisakti

Pulic, A.1998. “Basic Information on VAICTMâ€. Available at :

Pulic, A.2006. Measuring the performance of Intellectual potential in knowledge economy. Paper presented at the 2ndMcMaster Word Congress on measuring and Managing

Sekaran ,Uma.2006, Research Methods For Business , Edisi4 , Buku 1, Jakarta: Salemba Empat.

Soewarno,1996

Sudibya, D. C. N. A., & Restuti, M. M. D. (2014). Pengaruh Modal Intelektual Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Kinerja Keuangan Sebagai Variabel Intervening. Jurnal Akuntansi Dan Auditing, 5(2), 128–147

Sugiyono.2012. Memahami penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta

Sugiyono.2004. Metode Penelitian Administrasi . Bandung: Alfabeta

Stewart, Thomas A. 1997. Intellectual Capital: The new Wealth Organizing

Shallehuddin ,Boni. 2016. Spiritual Capital (Rahasia sukses Raih rezeki berkah melimpah). Jakarta : PT Gramedia Pustaka utama

Subramanyam,2014

Swastha dan Handoko, 2011;98 ).

Szutowski , Dawid . (2011). Innovation and Market Value: the case of tourism Enterprise. USA

Weston, J. F., & Copeland, T. E. (1995). Manajemen Keuangan (Edisi Semb). Jakarta: Binarupa Aksara.

Tennyson, Robert.2014. Strategic Approaches For Human Capital Manajement and Development in Turbulent Economi.USA

Ulum, Ihyatul.2009. Intellectual Capital : Konsep dan Kajian Empiris. Yogyakarta: Graha Ilmu

Ulum, Ihyatul.2017. Intellectual Capital : Model Pengukuran , Framework Pengungkapan, dan Kinerja Organisasi . Yogyakarta: Graha Ilmu.




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.19712

Flag Counter