Perancangan Sistem Informasi Pengelolaan di Memento Coffee

Wiranto Tri Utomo, Magnaz Lestira Oktaroza, Elly Halimatusadiah

Abstract


Abstract. The emergence of information technology that supports human work in completing work. Indonesia has changed the industry trend 4.0 While the industrial revolution 4.0 changed the mindset and people from modern to modern with the help of technology to make work quickly resolved. Memento Coffee is a small and medium business which is engaged in selling drinks and food, located on Jl. Asia Africa No. 79 Bandung. Memento Coffee sells the beverage offerings offered at the presentation of coffee and several other menus, from the results of the research conducted it was found - debates arising from the operations of sales, purchasing and procurement management, therefore this research research to find and provide solutions to improve the information system management being implemented. The research method used by analysis in providing system improvement solutions is descriptive research method analysis and case studies through Systems Development analysis that uses FAST system development (Frame works for the application of system techniques) and uses using JAD development techniques (Joining Application Development) by doing interview, observe and collect all activities related to operations at Memento Coffe. The result of this design is to create an interconnected information system and the data generated is the latest and accurate data and easily understood by its users.

Keywords: System Design, Management Information Systems, sales, purchase, inventory

 

Abstrak. Kemunculan teknologi informasi bertujuan untuk mempermudah pekerjaan manusia dalam menyelesaikan pekerjaannya. Indonesia telah memasuki tren industri 4.0 dimana revolusi industri 4.0 merupakan perubahan pola pikir dan perilaku manusia dari yang tradisional menjadi modern dengan bantuan teknologi sehingga pekerjaan menjadi cepat terselesaikan. Memento Coffee merupakan sebuah usaha kecil menengah yang bergerak dalam penjualan minuman dan makanan yang terletak di  Jl. Asia Afrika No. 79 Bandung. Memento Coffee menjual sajian minuman yang berfokus pada penyajian kopi dan beberapa menu lainnya, dari hasil penelitian yang dilakukan ditemukan permasalahan - permasalahan yang timbul dari aktivitas operasional penjualan, pembelian dan pengelolaan persediaan, maka dari itu penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan memberikan solusi perbaikan dari sistem informasi pengelolaan yang sedang diterapkan. Metode penelitian yang digunakan oleh perancang dalam memberikan solusi perbaikan sistem yaitu metode penelitian deskriptif analisis dan studi kasus melalui tahapan System Development yang menggunakan pengembangan system FAST (Frame work for the application of system technique) dan dengan menggunakan  tahapan  teknik pengembangan JAD (Join application Development) dengan melakukan wawancara, observasi dan dokumentasi segala aktivitas yang berhubungan kegiatan operasi di Memento Coffe. Hasil dari perancangan ini adalah menciptakan sistem informasi pengelolaan yang saling terhubung dan data yang dihasilkan merupakan data yang terbaru dan akurat serta mudah dimengerti oleh penggunanya.

Kata Kunci : Perancangan Sistem, Sistem Informasi Pengelolaan, penjualan, pembelian, persediaan


Keywords


Perancangan Sistem, Sistem Informasi Pengelolaan, penjualan, pembelian, persediaan

Full Text:

PDF

References


Kikin Sakinah Nur Safira dan Novita Puspasari, Jakarta : Salemba Empat

Mulyadi. 2001. Sistem Informasi Akuntansi. Edisi Ketiga.Yogyakarta : Salemba Empat

Romney B Marshall & Pail John Steinbart. 2015. Sistem Informasi Akuntansi Edisi Ketigabelas, Terjemahan

Tjandrawinata, Raymon R. 2016. Dexa Medica Group. Industri 4.0: revolusi industri abad ini dan pengaruhnya pada bidang kesehatan dan bioteknologi. 2-3.

Whitten, Jeffrey L, Lonnie D, Bentley. Kevin C. 2004a. System Analysis And Design Methods. United States: McGraw-Hill.

__________. 2007. System Analysis And Design Methods. United States: McGraw-Hill.




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.19400

Flag Counter    Â