PERANCANGAN SISTEM INFORMASI AKUNTANSI PENJUALAN TIKET DI PO KRAMAT DJATI BANDUNG

Dennis Kurniawan, magnaz L. Oktaroza, Elly Halimatusadiah

Abstract


Perkembangan teknologi dan sistem informasi berperan penting untuk memperbaiki kinerja suatu instansi. Perusahaan sendiri merupakan salah satu sektor yang sangat penting untuk diintegrasikan ke dalam perkembangan sistem informasi, sehingga dapat memberikan informasi yang berkualitas dan berguna bagi perusahaan. PO Kramat Djati  merupakan salah perusahaan Otobus yang ada di Bandung dimana aktivitas bisnisnya berfokus pada jasa transportasi darat. masalah-masalah yang dihadapi sering terjadinya penumpukan daftar tunggu penumpang yang reservasi tiket,disebabkan tidak adanya batas waktu pembayaran tiket, prosedur dalam melakukan input data penumpang di data awal tidak tercantum nama, alamat, no identitas yang  jelas, belum adanya pemisahan tugas antara petugas loket yang melayani penjualan secara online dengan petugas yang  melayani secara manual dan prosedur dalam melakukan pembelian tiket setelah melakukan pemesanan tiket penumpang tidak menunjukan no identitas. Atas dasar tersebut PO Kramat Djati membutuhkan keberadaan sistem informasi yang relevan dan memadai untuk mengelola penjualan tiket.

berdasarkan hal tersebut, maka penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan sistem informasi akuntansi penjualan tiket yang diterapkan di PO Kramat Djati, mengetahui kelemahan – kelemahan yang terdapat pada sistem yang sedang diterapkan di PO Kramat Djati, menganalisis dan merancang sistem informasi akuntansi penjualan tiket yang dibutuhkan yang dibutuhkan PO Kramat Djati, dan memberikan bentuk spesifikasi sistem informasi akuntansi penjualan tiket yang dapat diterapkan di PO Kramat Djati.

Hasil yang didapatkan dari analisis dan perancangan sistem yang dilakukan adalah sebuah rancangan sistem informasi akuntansi penjualan yang mampu menunjang kebutuhan operasional dengan cepat dan akurat. Adapun keunggulan sistem yang dihasilkan yaitu pengendalian atas transaksi penjualan dan data yang lebih terjamin keamanannya, proses input hingga output (laporan) terintegrasi dan terkomputerisasi sehingga dapat mempercepat pengambilan keputusan oleh PO Kramat Djati.


Keywords


Sistem Informasi Akuntansi Penjualan Tiket

References


Ariani, Rosa. 2009. Analisis dan Desain Sistem Informasi. Bandung. Modula

Bahra, Al. 2005. Analisis dan Desain Sistem Informasi. Tangerang. Graha Ilmu

Bodnar, George H dan William S. Hopwood. 2003. Sistem Informasi Akuntansi Edisi Kedelapan. PT INDEKS, Kelompok Gramedia. Jakarta.

Hall,James, A, Jusuf Abadi Amir. 2001. Sistem Informasi Akuntansi. Jakarta. Salemba empat

Harhara, Ucok. 2012. Analisis dan Perancangan Sistem Informasi Akuntansi Penjualan Tiket Secara Online (Studi Kasus ; PT KAI (PERSERO) DAOP 2 BANDUNG

Jogianto,H.M. 2005. Analisa dan Desain Sistem Informasi. Yogyakarta: Andi.

Kadir,Abdul.2009. Dasar Perancangan & Implementasi Database Relasional. Yogyakarta : Penerbit Andi.

Krismiaji. 2005. Sistem Informasi Akuntansi, AMP YKPN

Mardi.2011. Sistem Informasi Akuntansi. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Mulyadi. 2001. Sistem InformasiAkuntansi,. Jakarta. SalembaEmpat

Ramadhan, Rangga. 2012. Analisis dan Perancangan Sistem Informasi Akuntansi Penjualan Tiket ( Studi Kasus : Di Cipaganti Travel Bandung)

Romney, Mashal B dan Paul John Steintbart. 2006. Sistem Informasi Akuntansi. Salemba Empat. Jakarta. 2006

Sugiyono.2009. Metode Penelitian. Bandung. Alfabeta

Susanto, Azhar, Midzan,La. 2006. Sistem Informasi Akuntansi. Bandung: Lingga Jaya

Whitten, Jeffrey L., LonnieD, Bentley. 1998. Systems Analysis And Design Methods, Fourth Edition. United States : The McGraw-Hill.




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.1885

Flag Counter    Â