PENGARUH CORPORATE GOVERNANCE DAN STRUKTUR KEPEMILIKAN TERHADAP INTEGRITAS LAPORAN KEUANGAN (PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA TAHUN 2011 – 2013)

Ismail Zuhdi, Pupung Purnamasari, Mey Maemunah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh corporate governance danstruktur kepemilikan terhadap Integritas Laporan Keuangan. Corporate governance dalam penelitian ini diukur dengan keberadaan Komisaris Independen, Komite Audit dan Dewan Direksi dalam perusahaan. Sementara itu Struktur Kepemilikan diukur dengan membandingkan jumlah kepemilikan saham secara institusional dan kepemilikan saham manajemen dengan jumlah seluruh kepemilikan saham.Sampel dalam penelitian ini adalah 28 perusahaan manufaktur yang tercatat di Bursa Efek Indonesia (BEI) yang telah memenuhi kriteria sampel penelitian yaitu memiliki laporan tahunan yang lengkap selama periode 2011-2013 dengan metode purposive sampling method. Pengujian hipotesis menggunakan model regresi berganda dengan SPSS 20.0. Hasil pengujian menunjukkan bahwa komisaris independen, kepemilikan institusional dan kepemilikan manajemen tidak berpengaruh signifikan terhadap penerimaan integritas laporan keuangan, sementara itu komite audit dan dewan direksi teruji berpengaruh signifikan terhadap integritas laporan keuangan. Peran komisaris independen  ternyata belum efektif dalam menyeimbangkan keputusan sehingga tercipta tata kelola perusahaan yang baik. Kepemilikan institusional dan kepemilikan manajemen ternyata juga belum bisa berperan dalam meningkatkan integritas laporan keuangan.


Keywords


Integritas Laporan Keuangan, corporate governance, struktur kepemilikan

References


Haruman, Tendi. 2008. Pengaruh Struktur Kepemilikan Terhadap Keputusan Pendanaan. National Conference on Management Research 2008

Herawaty, Arleen dan Susiana. 2007. “Analisis Pengaruh Independensi, Mekanisme Coporate Governance, dan Kualitas Audit terhadap Integritas Laporan Keuanganâ€. Simposium Nasional Akuntansi X Makassar 26-28 Juli, pp.1-20.

I. A. Sri Gayatri dan I. D. Dharma Saputra. 2013. Pengaruh Corporate Governance, Ukuran Perusahaan, dan Leverage terhadap Integritas Laporan Keuangan. E-Jurnal Akuntansi. Fakultas dan Bisnis Universitas Udayana.

Kieso. 2011. Intermediate Accounting IFRS, 1st edition vol.1.

KNKG. 2006. Pedoman Umum Corporate Governance Indonesia.

N. P. Yani, I Ketut Budhiarta. 2014. Pengaruh Struktur Kepemilikan, Komite Audit, Komisaris Independen dan Dewan Direksi terhadap Integritas Laporan Keuangan. E-Journal Akuntansi. Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana.

Oktadella, Dewanti. 2011. Analisis Corporate Governance terhadap Integritas Laporan Keuangan. Jurnal. Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Diponegoro.

Pancawati. 2010. Pengaruh Independensi, Corporate Governance, dan Kualitas Audit terhadap Integritas Laporan Keuangan. Jurnal Kajian Akuntansi. Program Studi Akuntansi Universitas Stikubank.

Pujiningsih, Andiani Indra. 2011. Pengaruh Stuktur Kepemilikan, Ukuran Perusahaan, Praktik Corporate Governance dan Kompensasi Bonus Terhadap Manajemen Laba. Skripsi. Universitas Diponogoro. Semarang.

PSAK No.1 Paragraf ke 7 (Revisi 2009)

Rozania, Ratna, Marsellisa. 2013. Pengaruh Mekanisme Corporate Governance, Pergantian Auditor dan Spesialisasi Auditor terhadap Integritas Laporan Keuangan. Simposium Nasional Akuntansi XVI. Universitas Negeri Jakarta.

Statement of Financial Accounting Concept (SFAC) No.2

Watts, R.L., 2003a. Conservatism in accounting part I: explanations and implications. Journal of Accounting and Economics. 207–221.




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.1833

Flag Counter    Â