PENGARUH KETERLIBATAN PENGGUNA, DUKUNGAN MANAJEMEN PUNCAK SERTA PELATIHAN DAN PENDIDIKAN TERHADAP KINERJA SISTEM INFORMASI AKUNTANSI (STUDI KASUS PADA LIMA PERUSAHAAN JASA ASURANSI MILIK PEMERINTAH BUMN DI WILAYAH BANDUNG)

eliyasa rahmatu rayandani, Elly Halimatusadiah, Nunung Nurhayati

Abstract


Penggunaan sistem informasi akuntansi pada perusahaan asuransi diharapkan dapat memberikan manfaat dalam membantu tugas pekerjaan pengguna. Fenomena di lapangan mengenai kegagalan sistem antara lain diakibatkan kurangnya keterlibatan pengguna, dukungan  manajemen puncak, pelatihan dan pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kondisi keterlibatan pengguna, dukungan manajemen puncak, pelatihan dan pendidikan, serta kinerja sistem informasi akuntansi yang ada pada perusahaan asuransi BUMN di Wilayah Bandung dan mengetahui pengaruh  seberapa besar keterlibatan pengguna, dukungan manajemen puncak, pelatihan dan pendidikan, terhadap kinerja sistem informasi akuntansi. Jenis dari penelitian merupakan penelitian desktiptif verifikatif dengan metode analisis yang digunakan adalah analisis desktiptif, R square, Analisis Regresi Linier Berganda dan Uji-t.Hasil analisis ditemukan bahwa kondisi keterlibatan pengguna, dukungan manajemen puncak, pelatihan dan pendidikan serta kinerja sistem informasi akuntansi pada perusahaan asuransi BUMN di Wilayah Bandung, sudah baik karena telah memenuhi kriteria, tetapi belum maksimal hal tesebut dikarenakan masih terdapat pengguna yang merasa bahwa sistem tidak sesuai dengan keinginan pengguna. Perhatian dari manajemen terhadap penggunaan sistem informasi masih kurang. Pelatihan dan pendidikan yang diberikan tidak memberikan keahlian pada pengguna . Sistem informasi akuntansi yang ada memiliki tampilan yang membuat pengguna ragu-ragu untuk menggunakannya. Besarnya pengaruh keterlibatan pengguna=33%, dukungan manajemen puncak=56,8%, pelatihan dan pendidikan= 56.8%.Terdapat pengaruh yang signifikan antara keterlibatan pengguna, dukungan manajemen puncak, pelatihan dan pendidikan terhadap kinerja sistem informasi akuntansi.


Keywords


Keterlibatan Pengguna, Dukungan Manajemen Puncak, Pelatihan dan Pendidikan, Kinerja Sistem Informasi Akuntansi.

References


Azhar Susanto. 2010. Teknologi Informasi untuk Bisnis dan Akuntansi .Bandung:

Lingga Jaya.

Azhar Susanto. 2008. Sistem Informasi Akuntansi, Struktur-Pengendalian Resiko-

Pengembangan. Bandung: Lingga Jaya.

Lee, J.J., and Kim, S.H. (1992). “The Relationship Between Procedural Formalization

in MIS Development and MIS Successâ€. Information and Management

Journal. 22 (2) pp. 89-111.

Notoatmodjo, Soekidjo. (1992). Pengembangan Sumber Daya Manusia. Jakarta : PT

Rineka Cipta.

Prof. Dr. Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Bisnis (Pendekatan Kuantitatif

Kualitatif dan R&D). Bandung : Alfabeta

Riduwan. 2008. Dasar-dasar Statistika. Bandung: Alfa Beta

Romney, Marshal R. & Paul John Steinbart. 2015. Sistem Informasi Akuntansi.

Jakarta : Salemba Empat.

Sondang P. Siagian, 2001, Manajemen Sumber Daya Manusia, Bumi Aksara, JakartaSumarsono, S. 2009. Ekonomi Sumber Daya Manusia Teori dan Kebijakan

Publik.Jogyakarta : Graha Ilmu.




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.1825

Flag Counter    Â