PENGARUH AUDIT MANAJEMEN SUMBER DAYA MANUSIA, MOTIVASI KERJA DAN GAYA KEPEMIMPINAN TERHADAP KINERJA KARYAWAN (SURVEY PADA BUMN DI KOTA BANDUNG)

rio pratama putra, Hendra Gunawan, Pupung Purnamasari

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menguji apakah kinerja karyawan dipengaruhi oleh audit manajemen sumber daya manusia, motivasi kerja dan gaya kepemimpinan yang ada pada BUMN di Kota Bandung. Penelitian ini dilatar belakangi oleh kenyataan bahwa tidak semua audit internal BUMN memiliki kemampuan dalam melakukan proses audit manajemen secara efektif dan efisien. Serta keyakinan auditor internal untuk menyelesaikan tugas atau pekerjaan yang menjadi tanggung jawabnya. Lemahnya audit manajemen sumber daya manusia, motivasi kerja dan gaya kepemimpinan akan mengakibatkan ketidakseimbangan dalam kinerja karyawan di perusahaan.

Penelitian ini menggunakan data primer yang diperoleh melalui kuesioner yang diisi oleh responden yaitu auditor internal pada tiga BUMN di Kota Bandung. Penelitian ini menggunakan target sampling, pengumpulan data dilakukan dengan mendatangi langsung para responden untu mengisi kuesioner penelitan, Hipotesis penelitian ini diuji dengan menggunakan model analisis regresi linier berganda. Bedasarkan hasil pengolahan regresi linier berganda, diketahui bahwa sudit manajemen sumber daya manusia, motivasi kerja dan gaya kepemimpinan secara parsial berpengaruh positif terhadap kinerja karyawan.

 


Keywords


Audit manajemen sumber daya manusia, motivasi kerja, gaya kepemimpinan dan kinerja karyawan

References


Anwar Prabu Mangkunegara, 2011, Evaluasi Kinerja SDM, Cetakan Ketiga, Refika Aditama, Bandung

Innel rosa, 2012, Audit sumber daya manusia

Susilo Martoyo, 2003, Manajemen Sumber Daya Manusia. Yogyakarta : BPFE

Malayu S Hasibuan, 2009, Manajemen Daya Manusia, Edisi Revisi, PT. Bumi

Aksara, Jakarta

Robbins, Stephen P, (2006), Perilaku Organisasi : Konsep, Kontroversi, Aplikasi, Jilid 1 dan 2, Penerjemah Hadyana Pujaatmaka dan Benyamin Molan, Prenhallindo, Jakarta

Sondag P Siagian, 2007, Audit Manajemen. Cetakan Ketiga. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Sugiyono, 2011, Metode Penelitian Bisnis. Bandung : Alfabeta.

Sekaran, U. 2006. Research Method for Business : A skill Building Approach 4th edition. USA : Wiley & sons.

Willy Susilo, 2005, Audit Sumber Daya Manusia, Penerbit PT. Vorqistatama Jakarta

Yukl, Gary, 2009, Kepemimpinan dalam Organisasi, Dialihbahasakan oleh Budi Supriyanto, Edisi Kelima, PT. Indeks, Jakarta.




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.1812

Flag Counter    Â