PENGARUH CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY, AUDITOR OPINION DAN FINANCIAL DISTRESS TERHADAP AUDITOR SWITCHING PADA PERUSAHAAN SEKTOR KEUANGAN YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA PERIODE 2010-2013

anita liyani, Pupung Purnamasari, Mey Maemunah

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk menemukan bukti empiris mengenai pengaruh corporate social responsibility, auditor opinion dan financial distress terhadap auditor switching pada perusahaan sektor keuangan yang terdaftar di BEI periode 2010-2013.Data yang digunakan adalah data perusahaan sektor keuangan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) tahun 2010-2013. Variabel penelitian yang digunakan adalah corporate social responsibility (CSRI), auditor opinion (AO), financial distress (Z) dan auditor switching (AS). Penelitian ini menggunakan metode purposive sampling dan alat analisis regresi logistik dengan aplikasi program SPSS 20. Hasil penelitian adalah sebagai berikut: (1) corporate social responsibility tidak berpengaruh terhadap auditor switching, (2)  auditor opinion tidak berpengaruh terhadap auditor switching, (3) financial distress berpengaruh terhadap auditor switching. Dan secara simultan corporate social responsibility, auditor opinion dan financial distress bersama-sama memiliki pengaruh dalam memprediksi auditor switching. Penelitian selanjutnya mungkin dapat mempertimbangkan untuk menggunakan objek penelitian selain sektor keuangan yang terdaftar di BEI dan tahun pengamatan lebih dari empat tahun.

 


Keywords


corporate social responsibility, auditor opinion, financial distress dan auditor switching.

References


Ardiyos. 2007. Kamus Standar Akuntansi. Jakarta: Citra Harta Prima.

Budi Untung, Hendri. Corporate Social Responsibility. Jakarta: Salemba Empat.

Damayanti, S. dan Sudarma, M. 2007. Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Perusahaan Berpindah Kantor Akuntan Publik. Simposium Nasional Akuntansi 11, Pontianak.

Febrianto, R. 2009. Pergantian Auditor dan Kantor Akuntan Publik. Jurnal (16 November 2013).

Ismail, S. 2008. Why Malaysian Second Board Companies Switch Auditor?: Evidence of Bursa Malaysia. International Research Journal of Finance. 1450-2887. Issue 13.

Kotler, P. and Nancy, L. 2005. Corporate Social Responsibility : Doing The Most Good For Your Company and Your Cause. Best Practices From Hewlett Packard, Ben & Jerry’s, and Other Leading Companies. Jhon Wiley & Sons, Inc. United States of America.

Menteri Keuangan. 2003. Keputusan Menteri Keuangan Nomor 359/KMK.06/2003 tentang “Jasa Akuntan Publikâ€. Jakarta.

Menteri Keuangan. 2008. Peraturan Menteri Keuangan Nomor 17/PMK.01/2008 tentang “Jasa Akuntan Publikâ€. Jakarta.

Nabila. 2011. Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Auditor Switching (Studi Empiris pada Perusahaan Manufaktur di Bursa Efek Indonesia). Skripsi Sarjana Jurusan Akuntansi pada Fakultas Ekonomi Universitas Diponegoro.

Rahmawati, Filka. Faktor-faktor yang Mempengaruhi Perusahaan yang Terdaftar di BEI Melakukan Pergantian Kantor Akuntan Publik.

Retno, R.D., & Priantinah, D. 2012. Pengaruh Good Corporate Governance dan pengungkapan Corporate Social Responsibility terhadap nilai perusahaan. Jurnal Nominal. 1, 84-103.

Setiawan, Agus & Aryani, Lely. 2014. Pengaruh Corporate Social Responsibility, Auditor Opinion, Financial Distress, Size Terhadap Auditor Switching. E-Jurnal Akuntansi Universitas Udayana 8.2: 231-250.

Sinarwati, Ni Kadek. 2010. Mengapa Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di BEI Melakukan Pergantian Kantor Akuntan Publik?. Simposium Nasional Akuntansi XIII, Purwokerto.

Tobing, R., & Nirwana. 2004. Kamus Istilah Akuntansi. Jakarta: Atalya Rileni Sucedo.

Wibisono, Y. 2007. Membedah Konsep dan Aplikasi CSR (Corporate Social Responsibility). Fascho Publishing. Gresik.

Wijayanti, Putri Martina. 2010. Analisis Hubungan Auditor-Klien: Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Auditor Switching di Indonesia. Skripsi Sarjana Jurusan Akuntansi pada Fakultas Ekonomi Universitas Diponegoro.

www.idx.co.id

www.bapepam.go.id




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.1794

Flag Counter    Â