PENGARUH MEKANISME GOOD CORPORATE GOVERNANCE TERHADAP KINERJA PERUSAHAAN DAN NILAI PERUSAHAAN (STUDI PADA PERUSAHAAN JASA YANG MENJADI PESERTA CORPORATE GOVERNANCE PERCEPTION INDEX TAHUN 2011-2013)

novi aryanti, Kania Nurcholisah, Diamonalisa Sofiyanty

Abstract


Mekanisme Good Corporate Governance merupakan suatu langkah untuk meningkatkan kemampuan dan akuntabilitas perusahaan guna mempertimbangkan kepentingan pihak-pihak yang berkaitan dengan perusahaan (stakeholder), tidak hanya para pemegang saham (shareholder). Penelitian ini dilakukan untuk memperoleh bukti mengenai pengaruh mekanisme good corporate governance (proporsi dewan komisaris independen, kepemilikan institusional, kepemilikan manajerial, ukuran dewan komisaris dan komite audit) terhadap kinerja perusahaan dan nilai perusahaan. Objek dalam penelitian ini adalah mekanisme good corporate governance¸kinerja perusahaan dan nilai perusahaan. Berdasarkan metode purposive sampling, diperoleh 10 perusahaan sebagai sampel, sehingga selama 3 tahun pengamatan terdapat 30 laporan tahunan dianalisis. Alat analisis yang digunakan adalah analisis statistik regresi berganda, dimana variabel dependen adalah kinerja perusahaan dan nilai perusahaan (diukur dengan ROA dan Tobin’s Q), dan variabel independennya adalah mekanisme good corporate governance dengan indikator proporsi dewan komisaris independen, kepemilikan institusional, kepemilikan manajerial, ukuran dewan komisaris dan komite audit. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa mekanisme good corporate governance tidak berpengaruh terhadap kinerja perusahaan. Sedangkan, mekanisme good corporate governance berpengaruh terhadap nilai perusahaan.

Keywords


good corporate governance, kinerja perusahaan, nilai perusahaan.

References


Carningsih, 2009. Pengaruh Good Corporate Governance Terhadap Hubungan Antara Kinerja Keuangan dengan Nilai Perusahaan. Jurnal Akuntansi. Universitas Gunadarma. Depok.

Dian Prasinta, 2012. Pengaruh Good Corporate Governance Terhadap Kinerja Keuangan. Accounting Analysis Journal. Universitas Negeri Semarang. Indonesia.

Framudyo Jati, 2009. Pengaruh Struktur Corporate Governance Terhadap Kinerja Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia. Jurnal Akuntansi. Universitas Gunadarma. Depok

Ismiyanti, Fitri., dan Mamduh M. Hanafi. 2003. Kepemilikan Manajerial, Kepemilikan Institusional, Risiko, Kebijakan Utang dan Kebijakan Dividen: Analisis Persamaan Simultan. Simposium Nasional Akuntansi.

Nurcahyani et al., 2013. Pengaruh Penerapan Good Corporate Governance Dan Kepemilikan Institusional Terhadap Kinerja Keuangan. Jurnal Akuntansi. Universitas Brawijaya. Malang.

Purwaningtyas, 2011. Analisis Pengaruh Mekanisme Good Corporate Governance Terhadap Nilai Perusahaan. Skripsi Akuntansi. Universitas Diponegoro. Semarang.

Rizky Arifani. 2012.â€Pengaruh Good Corporate Governance Terhadap Kinerja Keuangan Perusahaanâ€. Universitas Brawijaya. Malang.

Siti Muntiah, 2013. Pengaruh Mekanisme Corporate Governance Terhadap Kinerja Perusahaan. Jurnal Akuntansi.




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.1793

Flag Counter    Â