PENGARUH KINERJA LINGKUNGAN DAN PENGUNGKAPAN LINGKUNGAN TERHADAP KINERJA KEUANGAN (STUDI PADA PERUSAHAAN PERTAMBANGAN YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA DAN MENGIKUTI PROPER PADA TAHUN 2010-2013)

Intan Pertiwi, Nurleli Nurleli, Epi Fitriah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh kinerja lingkungan terhadap kinerja keuangan, dan seberapa besar pengaruh pengungkapan lingkungan terhadap kinerja keuangan. Metode penelitian yang digunakan adalah korelasional, teknik analisis data dengan menggunakan analisis regresi linier berganda, uji asumsi klasik yang terdiri dari analisis korelasi,analisis koefesien determinasi dan pengujian hipotesis yang terlebih dahulu melakukan uji normalitas data. Pada penelitian ini sampel yang diambil sebesar 8 perusahaan pertambangan yang mengikuti program PROPER dan juga terdaftar di Bursa Efek Indonesia yang telah listing selama 4 tahun berturut-turut pada periode 2010-2013 dengan menggunakan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan dokumentasi dan menggunakan data sekunder secara online.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kinerja lingkungan tidak berpengaruh terhadap kinerja keuangan. Sementara itu, pengujian hipotesis kedua menunjukan bahwa pengungkapan lingkungan berpengaruh terhadap kinerja keuangan

Keywords


Kinerja Lingkungan, Pengungkapan Lingkungan, Kinerja Keuangan

References


Al Tuwaijri dan Sulaiman A. (2003). “The Relation Among Environmental Disclosure, Environmental Performance dan Economic Performance: A Simultaneous Equation Approach. Accounting Environment. Journal. USA. 5-10

Bambang Hadiwiarjo Purnomo, Jdwi Helly. ISO 14001: Panduan Penerapan Sistem Manajemen Lingkungan. Gramedia Pustaka Utama. Jakarta.

Brigham, E. F dan Houston, 2006. Dasar-dasar Manajemen Keuangan, Edisi Sepuluh, Alih Bahasa Ali Akbar Yulianto, Penerbit Salemba Empat, Jilid I, Jakarta.

Dian Meriewaty dan Yuli Setyani, Astuti. 2005. Analisis Rasio Keuangan Terhadap Perubahan Kinerja pada Perusahaan di Industri Food and Beverages yang Terdaftar di BEJ. Jurnal Seminar Nasional Akuntansi Vol VIII. Solo: September.

Ermina Miranti. 2008. Prospek Industri Batubara di Indonesia. Economic Review Journal.

Fahmi, Irham. 2011. Analisis Kinerja Keuangan. Alfabeta. Bandung

Gunther, C., & et. al. (2011). Fuzzy Mining – Adaptive Process SimplificationBased on Multi-Perspective Metrics.

Houston, Joel F and Brigham, Eugene F. 2001. Manajemen Keuangan. Edisi kedelapan. Alih Bahasa Dodo Suharto dan Herman Wibowo. Jakarta: Erlangga.

Ignasius Bondan Suratno, Darsono dan Siti Mutmainah. 2006, Pengaruh Environmental Performance Terhadap Environmental Disclousure dan Economic Performance Perusahaan Go Publik di BEI, Jurnal Ekonomi dan Bisnis, Vol. XII, No. 1, Maret 2006.

Ikhsan, Arfan. 2009. Akuntansi Manajemen Lingkungan. Graha Ilmu. Yogyakarta

Jumingan. 2006. Analisis Laporan Keuangan. Jakarta: Bumi Aksara.

Jurnal WALHI, “Pemerintah Sesat Dalam Penyelesaian Kasus Semburan Lapindoâ€, Jawa Timur, Mei, 2014.

Kazenski, Paul. 2001. Recognition, Measurement and Disclosure of Environmental Liabilities. Univeristy of Hawai, Manoa.

Lanskoki. 2000. Faktor-faktor yang Berpengaruh terhadap Kinerja Lingkungan: Studi Pada Perusahaan PROPER Yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Jurnal Ekonomi dan Bisnis Universitas Diponegoro Semarang.

Luciana Spica Almilia dan Dwi Wijayanto. 2007. “Pengaruh Environmental Performance dan Environmental Disclosre Terhadap Economic Performance. The first Accounting Conferenceâ€. Faculty of Economics Universitas Indonesia. Depok.

Munawir, S. 2004. Analisis Laporan Keuangan. Edisi. 4. Yogyakarta: Liberty.

Program Penilaian Peringkat Kinerja Perusahaan dalam Pengelolaan Lingkungan hidup (PROPER) (www.menlh.go.id). Diakses tanggal 10 Oktober 2011.

Suhardjanto, D., dan Miranti, L. 2009. Praktik Penerapan Indonesian Environmental Reporting Index dan Kaitannya Dengan Karakteristik Perusahaan. JAAI. Vol. 13. No. 1: 63-67.

Sundjaja Ridwan S dan Inge Barlian. 2003. Manajemen Keuangan. Edisi Keempat. Jakarta: Prenhallindo

Titisari, Kartika Hendra dan Khara Alviana. 2012. Pengaruh Environment Performance Terhadap Economic Performance. Jurnal Manajemen Bisnis Syariah

www.idx.com




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.1780

Flag Counter    Â