PENGARUH RETURN ON ASSET (ROA) DAN BIAYA OPERASIONAL PENDAPATAN OPERASIONAL (BOPO) TERHADAP SIMPANAN DEPOSITO MUDHARABAH (PADA BEBERAPA BANK UMUM SYARIAH PERTRIWULAN PRIODE 2010-2013)

sri rahayu nurleni, Nurhayati Nurhayat, Edi Sukarmanto

Abstract


Dunia perbankan saat ini sebagai lembaga keuangan yang  mempunyai peran penting bagi perusahaan. Dengan  begitu, untuk meningkatkan perhimpunan dana dari masyarakat  maka akan  mendorong pertumbuhan ekonomi suatu negara.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh return on asset (ROA), biaya operasional pendapatan operasional (BOPO) baik secara parsial maupun secara simultan terhadap simpanan pada deposito mudhrabah bank muamalat indonesia dan bank syariah mandiri pertriwulan priode 2010-2013.

Variabel yang diteliti adalah return on asset (ROA) (X1), biaya operasional pendapatan operasional (BOPO) (X2) sebagai variabel independen dan sebagai variabel dependen yaitu simpanan deposito mudharabah (Y). Dalam penelitian ini metode yang digunakan adalah penelitian hipotesis dengan data yang digunakan adalah data sekunder yang terdapat pada bank muamalat indonesia dan bank syariah mandiri yang listing di Bank Indonesia (BI) , buku dan internet sebagai bahan pertimbangan teori. Teknik pengolahan dan analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan pengujian asumsi klasik, analisis regresi linier berganda, pengujian hipotesis dengan uji F (simultan), uji t (parsial) , dan uji koefisien determinasi.

Hasil pengujian menunjukan bahwa secara uji f ( simultan) bahwa return on asset (ROA) dan biaya operasional pendapatan operasional (BOPO) tidak berpengaruh terhadap simpanan deposito mudharabah, dengan nilai signifikansi F sebesar 0,061(P>0.05). Hasil pengujian secara parsial return on asset (ROA) tidak berpengaruh dengan signifikasi t sebesar 0,161 (P>0,05) dan biaya operasional pendapatan operasional (BOPO) berpengaruh dengan signifikansi t sebesar 0,019 (P<0,05). Nilai koefisien determinasi (R2) yang diperoleh adalah sebesar 0,176. Hal ini berarti pengaruh variabel Return on Asset, Biaya operasional Pendapatan operasional secara simultan memberikan kontribusi sebesar 17,6%  terhadap simpanan deposito mudharabah pada bank umum syariah di Indonesia. sedangkan sebanyak (1-R2) 82,4% sisanya merupakan besar kontribusi pengaruh yang diberikan oleh faktor lain yang tidak diteliti.


Keywords


ROA dan BOPO, Simpanan Deposito Mudharabah, Bank Syariah

References


Sumar’in, 2012. Konsep kelembagaan bank syariah. Yogyakarta:graha ilmu

Mamduh.M. Hanafi dan Abdul Halim, 2009, “ Analisis Laporan Keuangan†, AMP-YKPN. Edisi ke Empat.Yogyakarta.

Dendawijaya, Lukman, 2003. Manajemen Perbankan, Edisi kedua. Jakarta : Ghalia Indonesia.

Karim, Adiwarman. 2006. Bank Islam: Analisis Fiqih dan Keuangan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Dahlan Siamat, Manajemen Lembaga Keuangan, Edisi Ketiga, Fakultas Ekonomi Indonesia, Jakarta,2001.

Rivai, Vithzal. 2007. Bank and Financial Institute Management. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Rodoni, Ahmad dan Abdul Hamid. 2008. Lembaga Keuangan Syariah, Jakarta: Zikrul Hakim.

Undang-Undang RI No. 10 tahun 1998 tentang perubahan Undang-Undang No. 7 Tahun 1992 tentang Perbankan.




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.1755

Flag Counter    Â