PENGARUH TOTAL QUALITY MANAGEMENT (TQM) TERHADAP PENINGKATAN LABA PERUSAHAAN

Luthfi ekafauziyah malamansyah, Yuni Rosdiana, Nurleli Nurleli

Abstract


Perkembangan dunia usaha menghadapi persaingan yang sangat ketat, terutama pada perusahaan jasa kurir di Indonesia. Untuk memenuhi harapan pelanggan, perusahaan diharapkan dapat meningkatakan kualitas baik kualitas produk maupun kualitas jasa. Penelitian ini menunjukan perusahaan yang memiliki kemampuan dalam menerapkan Total Quality Management (TQM) dengan baik akan menghasilkan peningkatan laba perusahaan yang baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan Total Quality Management (TQM), peningkatan laba perusahaan dan pengaruh Total Quality Management (TQM) terhadap peningkatan laba perusahaan pada PT. Pos Indonesia (Persero) Bandung. Total Quality Management merupakan suatu pendekatan dalam menjalankan usaha yang mencoba memaksimumkan daya saing organisasi melalui perbaikan terus menerus atas produk, jasa, manusia dan lingkungannya. Laba adalah selisih antara laba bruto dengan beban usaha, laba yang diperoleh semata-mata dari kegiatan utama perusahaan. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dan verifikatif dengan pendekatan kuantitatif. Pada penelitian ini peneliti menyebarkan 36 kuesioner pada karyawan PT. Pos Indonesia (Persero) Bandung. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dokumentasi dan kuesioner. Metode yang digunakan untuk menganalisis data regresi linear sederhana dengan bantuan SPSS versi 21. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Total Quality Management berpengaruh signifikan terhadap peningkatan laba perusahaan pada PT. Pos Indonesia (Persero) Bandung.

Keywords


Total Quality Management (TQM), Peningkatan laba perusahaan

References


Alkaf, Yasir. 2011. Dikecewakan (Oknum) Kantor Pos. (https://yasiralkaf.wordpress. Com/2011/03/10/dikecewakan-oknum-kantorpos/) [online] diakses 10 Maret 2015 19:30.

Eriyundani. 2013. Pengaruh Total Quality Management terhadap Laba Perusahaan pada PT.Toyota Kalla Cabang Cokroaminoto Makassar. Jurnal Ekonomi dan Bisnis. Universitas Hasanuddin Makassar.

Hansen dan Mowen. 2009. Akuntansi Manajerial. Buku 1 edisi 8. Jakarta : Salemba Empat.

Maryam, Siti. 2013. Pengaruh Total Quality Management (TQM) terhadap Kinerja Perusahaan Pada PT.PLN (Persero) APJ Bandung. Jurnal Ekonomi. Universitas Pendidikan Indonesia.

Reeve, James. M., Warren, Carl.S., and Duhac, Jonathan.E (terjemahan Damayanti Dian). 2011. Pengantar Akuntansi (Adaptasi Indonesia). Jakarta : Salemba Empat.

Renata, Yoan, Agnes. 2012. Pengaruh Total Quality Managemet Pada Sistem Pengukuran Kinerja Terhadap Pengembangan Produk dan Efisiensi Biaya : Studi Kasus pada PT. Bintang Alam Semesta. Jurnal Akuntansi. Universitas Kristen Maranatha.

Soemarso S.R. 2002. Akuntansi Suatu Pengantar. Buku Dua, Edisi Kelima, Jakarta : Salemba Empat.

Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Bisnis (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung : CV Alfabeta.

Tjiptono, Fandy dan Anastasia Diana. 2003. Total Quality Management. Yogyakarta : Andi.

Uli, Eva. 2014. Pengaruh Total Quality Management (TQM) terhadap Kinerja Perusahaan. Jurnal Ekonomi. Universitas Widyatama.




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.1754

Flag Counter    Â