Analisis Penerapan Total Quality Management dan Sistem Pengendalian Manajemen dalam Meningkatkan Kinerja Manajerial
Abstract
Abstract. The current corporate competition requires companies to have the ability to survive in the business world, so that internal and external factors become an important part of making improvements. Managers have an important role in helping companies to achieve their goals. TQM is a concept in maximizing competitiveness through continuous improvement and involves all levels of organization. Management control system is an activity of observing, monitoring and monitoring the running of an organization to assist management in making decisions. The purpose of this study was to determine the application of Total Quality Management, the application of management control systems, managerial performance, Total Quality Management analysis in improving managerial performance and analysis of management control systems on managerial performance at LPKL PDAM Tirtawening.This study uses descriptive methods and case studies and uses a quantitative approach implemented at LPKL PDAM Tirtawening, while the data sources used are primary data sources with data collection techniques, namely questionnaires. Determination of respondents in filling out the research questionnaire was chosen based on the number of Managers / Section Heads and employees in LPKL PDAM Tirtawening as many as 23 respondents. Total Quality Management, management control systems and managerial performance that have been implemented in LPKL PDAM Tirtawening has been going well, so that Total Quality Management can improve managerial performance and management control systems can improve managerial performance at LPKL PDAM Tirtawening.Â
Keywords: Application Total Quality Management, Application Management Control System, Managerial Performance.
Abstrak.Persaingan perusahaan yang terjadi saat ini mengharuskan perusahaan-perusahaan mempunyai kemampuan untuk bertahan di dunia bisnis, sehingga faktor internal dan eksternal menjadi bagian yang penting dalam melakukan perbaikan. Manajer mempunyai peran penting dalam membantu perusahaan untuk mencapai tujuannya. TQM merupakan suatu konsep dalam memaksimumkan daya saing melalui perbaikan terus-menerus serta melibatkan seluruh tingkatan oraganisasi. Sistem pengendalian manajemen merupakan kegiatan mengamati, mengawasi dan memonitor jalannya suatu organisasi untuk membantu manajemen dalam mengambil keputusan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui penerapan Total Quality Management, penerapan sistem pengendalian manajemen, kinerja manajerial, analisis Total Quality Management dalam meningkatkan kinerja manajerial dan analisis sistem pengendalian manajemen terhadap kinerja manajerial pada LPKL PDAM Tirtawening.Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dan studi kasus serta menggunakan pendekatan kuantitatif yang dilaksanakan di LPKL PDAM Tirtawening, adapun sumber data yang digunakan yaitu sumber data primer dengan teknik pengumpulan data yaitu kuesioner. Penentuan responden dalam mengisi kuisioner penelitian ini dipilih berdasarkan jumlah Manajer/Kepala Bagian dan karyawan yang ada di LPKL PDAM Tirtawening sebanyak 23 orang responden. Total Quality Management, sistem pengendalian manajemen dan kinerja manajerial yang telah diterapkan di LPKL PDAM Tirtawening sudah berjalan dengan baik,  sehingga Total Quality Management dapat meningkatkan kinerja manajerial dan sistem pengendalian manajemen dapat meningkatkan kinerja manajerial di LPKL PDAM Tirtawening.
Kata Kunci : Penerapan Total Quality Management, Penerapan Sistem Pengendalian Manajemen, Kinerja Manajerial.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abdurrahman, Fathoni. 2006. Metodologi
Penelitian dan Teknik Penyususnan
Skripsi. Jakarta: Rineka Cipta
Angelos, Pantouvakis and Psomas, Evangelos. 2015. Exploring Total Quality Management Applications Under Uncertainty: A research agenda for the shipping industry.
Journal of Maritime Economics & Logistics. London.
Anthony, Dearden dan Bedford. (1992).
Management Control System, 6th.
Richard D. Irwin, Inc.
Anthony, R. N. & V. Govindarajan. 2005.
Sistem Pengendalian Manajemen.
Terjemahan. Terjemahan F.X. Kurniawan Tjakrawala. Jakarta: Salemba Empat.
_________________________________.
Management Control System, 12th Edition. New York: McGraw-Hill.
_________________________________.
Sistem Pengendalian
Manajemen Jilid 1.Jakarta: Salemba Empat.
Blocher. Chen dan Lin. (2000). Manajemen Biaya. Terjemahan oleh Susty
Ambarriani. Penerbit Salemba Empat, Jakarta.
Dewi, Intan Ratna. 2013. Pengaruh Penerapan Total Quality Management (TQM) , Sistem Pengukuran Kinerja dan Sistem Penghargaan (Reward) terhadap Kinerja Manajerial.
Durendez. Guijarr and Perez-de-Lema.
Innovative Culture,
Management Control Systems and
Performance in Small and Medium-
Sized Spanish Family Firms
Eldridge. Iwaarden, Wiele and Williams.
Management Control Systems
For Business Processes in Uncertain
Environments. International Journal
of Quality & Reliability
Management. From General
OneFile.
Sekaran & Bougie. (2013). Edisi 5,
Research Methods for Business: A
skill Building Approach. New York:
John wiley@Sons.
Goetsch, D.L & Davis, S, 1994.
Introduction to Total Quality,
Quality, Productivity,
Competitiveness, Englewood Cliffs, NJ, Prentice Hall International Inc
Hansen dan Mowen. 2009. Akuntansi Manajerial. Buku 1 edisi 8. Jakarta: Salemba Empat.
Hasibuan, M. (2003). Manajemen Sumber Daya Manusia, Jakarta : PT.Bumi Aksara.
Hessel, Nogi S. Tangkilisan. (2003). Manajemen Modern untuk Sektor Publik. Yogyakarta: Balirung Co.
Hummour. Athamneh and Al-Balas. 2018. Total Quality Management Practices and Their Effect on Jordanian Municipalities. International Journal
of Business and Public
Administration
Husein Umar, 2005. Metode Penelitian.
Jakarta : Salemba Empat
Junqueira. Dutra. Filho and Gonzaga.
The effect of strategic choices
and management control systems on
organizational performance. Revista
Contabilidade & Financas. Journal
of Gale Business and Economics
Collection 2019.
Kasiram, Moh. 2008. Metodologi
Penelitian. Malang: UIN-Malang
Pers.
Mangkuprawira. 2011. Manajemen Sumber
Daya Manusia Strategik. Bogor:
Ghalia
Indonesia.
Meidiyana. Rutiyaningsih dan Immanuela. 2014. Pengaruh Total Quality Management (TQM) terhadap Kinerja
Manajerial dengan Sistem Pengukuran Kinerja dan Sistem Penghargaan (Reward) Sebagai Variabel Moderating pada PT INKA (Persero) Madiun. Jurnal Riset Manajemen dan Akuntansi
Milica and Milos. 2013. Perfomance
Management and Employee Satisfaction.
Mulyadi, dan Johny Setiawan, 1999. Corporate Culture And Performance,
Dampak Budaya Perusahaan terhadap Kinerja. Prenhallindo. Jakarta.
_______________________. 2001. Sistem
Perencanaan dan Pengendalia Manajemen: Sistem Pelipat Ganda Kinerja Perusahaan, Edisi 2. Jakarta Salemba Empat.
_______________________. 2007. Sistem
Perencanaan dan Pengendalian
Manajemen. Salemba. Empat.
Jakarta.
Mulyana, Deddy, M.A., Ph.D. 2010. Metode Penelitian Kualitatif. Jakarta : Rosda.
Narimawati, Umi. 2008. Metodologi Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif, Teori dan Aplikasi. Bandung: Agung Media
Narsa, I Made dan Rani Dwi Yuniawati. Pengaruh Interaksi Antara Total Quality Management dengan Sistem Pengukuran Kinerja dan Sistem
Penghargaan terhadap Kinerja
Manajerial. Jurnal Ekonomi Akuntansi.
Nasution. 2005. Manajemen Mutu Terpadu. Edisi kedua. Bogor. Ghalia Indonesia
______. (2010). Berbagai Pendekatan
dalam Proses Belajar Mengajar, PT Bumi Aksara, Jakarta.
_______. 2015. Manajemen Mutu
Terpadu. 2015. Bogor. Ghalia Indonesia.
Nazir.Mohammad,Ph.D.(2011). Metode Penelitian. Jakarta : Ghalia Indonesia Nuraisah, Triamelia Erlina. 2015. Pengaruh
Penerapan Total Quality
Management (TQM) terhadap Kinerja Manajerial (Studi pada perusahaan sepatu CV. Dheraya).
Permatasari, Indah. 2016. Pengaruh Total Quality Management dan Budaya
Organisasi Terhadap Kinerja Manajerial (Studi pada Industri Pesawat Terbang PT Dirgantara Indonesia)
Rivai, Veithzal dan Sagala Ella Jauvani. 2009. Manajemen Sumber Daya Manusia untuk Perusahaan dari Teori ke Praktik. Jakarta: PT Raja Grafindo.
Rahmad, Lestari, Fitriah. 2015-2016.
Pengaruh Penerapan Sistem Pengendalian Manajemen terhadap Kinerja Manajerial.
Sekaran, Uma. 2011. Research Methods
For Business (Metode Penelitian
Untuk Bisnis). Jakarta: Salemba
Empat.
Seng, Ratny. Arshad and Arif
Mohammad; Gaoliang, Tian. 2018.
Studying the Relationship of “Softâ€
and “Hard†Total Quality Management Elements with Service Quality in Service Firms. The Journal of Developing Areas. Nashville.
Simamora, Henry. 2012. Akuntansi
Manajemen, Edisi Ketiga. Riau: Star
Gate Publisher.
Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Bisnis.
Bandung: Penerbit Alfabeta.
Sumarsan, Thomas. 2013. Sistem Pengendalian Manajemen: Konsep, Aplikasi, dan Pengukuran Kinerja. PT. Indeks. Jakarta Barat.
Sunaryo, Karsam. 2018. Sistem Pengendalian Manajemen dan Perilaku Disfungsional. Cergas Publika. Bogor.
Stoner A. F. J & Freeman, E. 1992.
Management. London: Prentice Hall
International
Tjiptono, Fandy dan Anastasia Diana. (2003). Total Quality Management. Edisi Revisi. Yogyakarta: Andi Offset.
Yuwono, Sony.dkk. 2002. Petunjuk Praktis Penyusunan Balanced Scorecard: Menuju Organisasi yang Berfokus pada Strategi. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.
DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.17506
  Â