PENGARUH TOTAL ASSET TURNOVER DAN RETURN ON INVESTMENT TERHADAP RETURN SAHAM (STUDI KASUS PADA PERUSAHAAN FOOD AND BEVERAGE PERIODE 2011-2013

verdian saputra, Edi Sukarmanto, Heliana Heliana

Abstract


Tujuan investor untuk berinvestasi di saham perusahaan adalah untuk peningkatan kekayaan yang ingin dicapai melalui return saham. Dalam melakukan investasi investor biasanya mengukur kinerja dengan  Total Asset Turnover (TATO) dan Return On Investment (ROI). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh  Total Asset Turnover (TATO) dan Return On Investment (ROI) terhadap return saham, Total Asset Turnover (TATO) terhadap return saham Return On Investment (ROI) terhadap return saham pada perusahaan food and beverage yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini metode penelitian metode deskriptif asosiatif. Sumber data dalam peneltian ini adalah data sekunder berupa laporan keuangan perusahaan food and beverage yang telah diaudit dari tahun 2011-2013 pada Bursa Efek Indonesia (BEI). Teknik penguumpulan data yang digunakan adalah teknik pengumpulan data secara dokumentasi. Pada penelitian ini analisis data yang digunakan adalah analisis regresi berganda. Hasil dari penelitian adalah menunjukkan adanya hubungan yang cukup kuat antara Total Assets Turnover (TATO)  dan Return on Investment (ROI)  dengan  return saham, Total Assets Turnover (TATO) berpengaruh signifikan terhadap return saham, Return on Investment (ROI) tidak berpengaruh terhadap Return Saham Perusahaan food and baverages yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2011-2013.


Keywords


Total Assets Turnover, Return on Investment, return saham

References


Jogiyanto.2000. Teori Portofolio dan Analisis Investasi. Yogyakarta: BPFE

Hanafi. 2009,Analisis Laporan Keuangan. Yogyakarta, UPP STIM YKPN.

Foster, George,. 1986,Financial Statement Analysis, Second Editon, Singapore: Prentice-hall

Riyanto. 2001. Dasar-Dasar Pembelanjaan Perusahaan. Edisi Keempat, Cetakan Ketujuh, BPFE Yogyakarta, Yogyakarta.

Ismoyo, Gian.2011. Analisis Penggaruh Rasio Keuangan Terhadap Return Saham Pada Perusahaan Non Bank LQ 4. Skripsi. Universitas Diponegoro : Semarang.

Tandelilin. 2001. Analisis Investasi dan Manajemen Portofolio. Edisi Pertama. Yogyakarta : BPFE




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.1733

Flag Counter    Â