PENGARUH PRINSIP-PRINSIP GOOD CORPORATE GOVERNANCE (GCG) TERHADAP PROFITABILITAS PT GEMILANG GUNUNG KARANG

yuni nurhayati, Epi Fitriah, Rini Lestari

Abstract


Tata kelola perusahaan yang baik (Good Corporate Governance) digunakan oleh perusahaan untuk meningkatkan kualitas laba dengan memperhatikan kepentingan stakeholders yang berlandaskan peraturan undang-undang dan norma yang berlaku. Sistem tata kelola perusahaan yang baik menuntut dibangun dan dijalankannya prinsip-prinsip tata kelola perusahaan (GCG) dalam proses manajerial perusahaan. Prinsip-prinsip GCG saat ini sangat diperlukan agar perusahaan dapat bertahan dan tangguh dalam menghadapi persaingan yang semakin ketat, serta agar dapat menerapkan etika bisnis secara konsisten sehingga dapat terwujud iklim usaha yang sehat, efisien dan transparan. Dengan berjalannya prinsip-prinsip GCG dengan baik dalam suatu perusahaan diharapkan akan berpengaruh terhadap peningkatan profitabilitas. Untuk itu penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana prinsip-prinsip GCG (Good Corporate Governance) terhadap profitabilitas PT Gemilang Gunung Karang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dan verifikatif dengan teknik analisis random sampling. Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pada tingkat signifikansi 20% prinsip-prinsip GCG berpengaruh terhadap profitabilitas PT Gemilang Gunung Karang. Kata kunci : Prinsip-Prinsip Good Corporate Governance (GCG), Profitabilitas.

Keywords


Prinsip-Prinsip Good Corporate Governance (GCG), Profitabilitas.

References


Effendi, Muh Arief. (2009). The Power Of Good Corporate Governance Teori dan Implementasi. Jakarta: Salemba Empat.

Eirene. (2010). “Pengaruh Penerapan Prinsip-Prinsip Good Corporate Governance Terhadap Kinerja Keuangan Perusahaanâ€, Skripsi.

Hanafi, Abdul Halim. 2009. Analisis Laporan Keuangan. UPP STIM YKPN : Yogyakarta.

Harahap, Sofyan Syafri. 2008. Analisis Kritis Atas Laporan Keuangan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Kasmir. 2013. Analisis Laporan Keuangan. Rajawali Pers : Jakarta.

Lasd, Lodovicus. 2008. “Jurnal Manajemen Teori dan Terapanâ€. Jakarta.

Riyanto, Bambang. 2001. Dasar-dasar Pembelanjaan Perusahaan. Edisi Keempat. BPFE. Yogyakarta.

Sartono, Agus. (2001). Manajemen Keuangan Teori dan Aplikasi. Yogyakarta: BPEF-YOGYAKARTA.

Sutedi, Adrian. 2011. Good Corporate Governance. Jakarta: Sinar Grafika.

Trinanda, dan Mukodim D. 2010. “Effect of Application of Corporate Govenance on the Financial Performance of Banking Sector Companiesâ€, Skripsi.

Wicaksono, Tangguh. 2014. “Pengaruh Good Corporate Governance Terhadap Profitabilitas Perusahaanâ€, Skripsi.

Zarkasyi, Moh Wahyudin. 2008. Good Corporate Governance Pada Badan Usaha Manufaktur, Perbankan, dan Jasa Keuangan Lainnya. Bandung:Alfabeta cv.




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.1707

Flag Counter    Â