PENGARUH RETURN ON ASSET (ROA) DAN RETURN ON EQUITY (ROE) TERHADAP HARGA SAHAM (PADA PERUSAHAAN FOOD AND BAVERAGE YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA (BEI) TAHUN 2009–2013)

Fakhrizal Fazri Setiadi, Edi Sukarmanto, Nurhayati Nurhayati

Abstract


Dalam menentukan jual beli saham dari aktivitas  investasi di pasar modal, perubahan harga saham merupakan faktor yang sangat penting dan harus diperhatikan oleh investor dalam melakukan investasi karena harga saham merupakan cermin dari kondisi suatu perusahaan. Return On Asset (ROA) dan Return On Equity (ROE) merupakan rasio profitabilitas yang dapat menunjukkan kemampuan perusahaan dalam menghasilkan keuntungan. Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan pengaruh Return On Asset (ROA) dan Return On Equity (ROE) Terhadap Harga Saham. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian adalah metode deskriptif verifikatif dengan metode analisis yang digunakan adalah regresi linear berganda, uji asumsi klasik, koefisien determinasi, dan untuk uji hipotesis menggunakan uji F dan uji t dengan SPSS 20.0 sebagai alat pengolah data. Objek penelitian ini adalah perusahaan  food and baverage yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode tahun 2009-2013.

Data yang digunakan adalah data sekunder yaitu laporan keuangan tahunan. Teknik penentuan sampling adalah purposive sampling dengan kriteria perusahaan  food and baverage yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia dan menyajikan laporan keuangan selama periode tahun 2009-2013. Diperoleh jumlah sampel sebanyak 11 perusahaan. Dari hasil uji F diperoleh nilai F hitung sebesar 47,802 dengan tingkat signifikansi sebesar 0,000 < 0,05,  yang menunjukkan bahwa variabel Return On Asset (ROA) dan Return On Equity (ROE) secara bersama-sama berpengaruh terhadap harga saham. Berdasarkan hasil uji t disimpulkan bahwa Return On Asset (ROA) berpengaruh positif terhadap harga saham sementara Return On Equity (ROE) berpengaruh negatif terhadap harga saham. Berdasarkan hasil penelitian ini disarankan bagi perusahaan untuk dapat mengoptimalkan kinerjanya sehingga menghasilkan laporan keuangan yang baik agar dapat meningkatkan harga saham yang berguna untuk menarik investor.

 


Keywords


Return On Asset (ROA), Return On Equity (ROE), Harga Saham

References


Alwi, Iskandar Z. 2003. Pasar Modal, Teori dan Aplikasi. Jakarta: Nasindo Internusa.

Dedy Trisno dan Fransiska Soejono. 2008. Pengaruh Rasio Profitabilitas Terhadap Harga Saham Pada Perusahaan Telekomunikasi di Bursa Efek Indonesia. Jurnal Keuangan dan Bisnis. Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Musi Palembang.

Fahmi, Irham. 2012 Pengantar Pasar Modal. Hal. 98. Bandung: Alfabeta .

Hanafi, Mamduh M. 2008. Manajemen Keuangan. Edisi 1. Yogyakarta: BPFE.

Harmono. 2009. Manajemen Keuangan Berbasis Balanced Scorecard (Pendekatan Teori, Kasus, dan Riset Bisnis). Jakarta: Bumi Aksara.

Jama’an. 2008. Pengaruh Mekanisme Corporate Governance dan Kualitas Kantor Akuntan Publik Terhadap Integritas Laporan Keuangan. Jurnal Akuntansi dan Keuangan. Fakultas Ekonomi Universitas Bengkulu.

Jogiyanto. 2003. Teori Portofolio dan Analisis Investasi. Edisi 3. Yogyakarta: BPFE UGM.

Kasmir. 2012. Analisis Laporan Keuangan. Jakarta: Rajawali Pers.

Martono dan Agus Harjito. 2007. Manajemen Keuangan. Yogyakarta: Ekonusa.

Raden Tinneke. 2007. Analisis Pengaruh Economic Value Added (EVA) dan Faktor-faktor Fundamental Perusahaan Lainnya Terhadap Return Saham (Studi Empiris Pada Perusahaan Sektor Industri Manufaktur di Bursa Efek

Rusdin. 2008. Pasar Modal Teori, Masalah dan Kebijakan dalam Praktik. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Syamsuddin, Lukman. 2009. Manajemen Keuangan Perusahaan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

www.idx.com

www.bisniskeuangan.kompas.com




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.1694

Flag Counter    Â