PENGARUH KUALITAS SISTEM INFORMASI DAN KUALITAS INFORMASI TERHADAP KEPUASAN PENGGUNA SOFTWARE WEB INLINE (INTEGRATED LIFE INSURANCE SYSTEM) PADA AJB BUMPIPUTERA 1912 DI BANDUNG
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh banyaknya perusahaan yang cenderung hanya menyediakan sistem informasi yang terpusat tanpa meningkatkan kualitas sistem informasi dan kualitas informasi untuk menunjang kepuasan pengguna.Kepuasan pengguna akhir sistem informasi dapat dijadikan sebagai salah satu ukuran keberhasilan suatu sistem informasi.Maka dari itu penelitian bertujuan untuk mengetahui (1) Kualitas sistem informasi, kualitas informasi dan kepuasan pengguna software web INLINE (2) Pengaruh Kualitas Sistem Informasi terhadap kepuasan pengguna software web INLINE (3) Pengaruh Kualitas Informasi terhadap kepuasan pengguna software web INLINE (4). Pengaruh Kualitas Sistem Informasi dan Kualitas Informasi terhadap Kepuasan Pengguna software web INLINE pada AJB Bumiputera 1912 di Bandung. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian deskriptif dan verifikatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah wawancara dan kuisioner Populasi dalam penelitian ini adalah 21 kantor cabang AJB Bumiputera 1912 di Bandung, namun sampel yang di gunakan adalah 7 kantor cabang. Jumlah responden sebanyak 21 dengan menggunakan teknik sampel jenuh. Pengujian instrumen penelitian menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, transformasi data interval menjadi ordinal dan uji asumsi klasik. Pengujian hipotesis menggunakan persamaan regresi berganda, uji t dan uji f.Hasil dan Pembahasan Penelitian ini menunjukkan bahwa : (1). Kualitas sistem informasi, kualitas informasi dan kepuasan pengguna software web INLINE secara umum cukup baik meskipun belum mencapai kondisi yang ideal. (2). Kualitas sistem informasi berpengaruh signifikan sebesar 45,7% terhadap kepuasan pengguna software web INLINE (3). Kualitas Informasi berpengaruh signifikan sebesar 44,8% terhadap kepuasan pengguna software web INLINE (4). Kualitas Sistem informasi dan Kualitas Informasi berpengaruh signifikan sebesar 90,5% terhadap kepuasan pengguna software web INLINE.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Azhar Susanto. 2008, Sistem Informasi Akuntansi. Jakarta Gramedia
Doll, W.J., and Torkzadeh, G. 1988, The Measurement of End User Computing Satisfaction. MIS Quarterly, 12, (2).
Hartono Jogiyanto, 2005, Sistem Teknologi Informasi: Pendekatan terintegrasi, Konsep dasar teknologi, Aplikasi, Pengembangan dan
Pengelolaan. Andi Yogyakarta.
Husein Umar 2009. Metodologi Penelitian. PT. Gramedia Pustaka Utama Jakarta
Husein Muhammad Fakri, 2004.Sistem Informasi Akuntansi. UPP AMP YKPN, Jakarta.
Undang-undang Usaha Perasuransian UU No.2 Tahun 1992, TLN NO. 3467
Laudon,Kenneth C and Laudon, C, Jane.2015.Sistem Informasi Manajemen. Edisi ke -10, Cetakan ke-1 Jakarta : Salemba Empat.
Mulyadi, 2008, Sistem Akuntansi, Jakarta. Salemba Empat
Negash, Solomon, Ryan, Terry, Igbaria, Magid, 2002, Quality and Effectiveness
in web based costumer support systems. Information & Management 40.pp 757-768
Romney Marshall and Steinbart, 2012, Accounting Information System
(12th Edition). London: Prentice Hall.
Siagian Sondang. P, 2014. Fungsi-fungsi Mnajerial, Edisi Revisi,
Jakarta Bumi Aksara
Sugiyono, 2011, Statistika untuk Penelitian, Bandung: CV Alfabeta.
Tata Sutabri , 2005, Amalisa Sistem Informasi. Andi Publisher.
Warfield, Weygandt and Kieso. 2011, Intermediate Accounting Volume 1 (IFRS Edition). New York: John Wiley & Sons Inc.
DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.1691
  Â