PENGARUH PENERAPAN TOTAL QUALITY MANAGEMENT (TQM) TERHADAP KINERJA MANAJERIAL (STUDI PADA PERUSAHAAN SEPATU CV. DHERAYA)

Erlina Nuraisah Triamelia, Rini Lestari, Epi Fitriah

Abstract


Total Quality Management (TQM) merupakan cara terbaik agar dapat bersaing dalam persaingan global dengan menghasilkan produk dan jasa berkualitas terbaik. TQM mulai diterapkan oleh perusahaan-perusahaan karena dianggap mampu mendukung kinerja manajerialnya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan Total Quality Management (TQM) pada CV. Dheraya, untuk mengetahui kinerja manajerial pada CV. Dheraya, dan untuk mengetahui besarnya pengaruh penerapan Total Quality Management (TQM) terhadap kinerja manajerial pada CV. Dheraya. Penelitian ini dilakukan di CV Dheraya dengan metode penelitian deskriptif dan verifikatif. Sumber data yang digunakan yaitu sumber primer dan sekunder. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan adalah  wawancara, kuesioner, dan dokumentasi. Teknik penentuan sampel dalam penelitian ini yaitu probability sampling dengan jenis random sampling. Pengujian hipotesis yang digunakan adalah analisis regresi linier sederhana, dan uji statistik (uji-t). Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan Total Quality Management (TQM) pada CV Dheraya termasuk dalam kriteria baik. Kinerja manajerial pada CV Dheraya  juga termasuk dalam kriteria baik. Penerapan Total Quality Management (TQM) berpengaruh terhadap kinerja manajerial pada CV Dheraya.


Keywords


Total Quality Management (TQM) ; Kinerja Manajerial

References


Damanik, Caroline. 2011. (http://nasional.kompas.com/read/2011/04/10/

/Perajin.Cibaduyut.Tersudut).

Harefa, Kornelius. 2008. Analisis Pengaruh Partisipasi Dalam Penyusunan Anggaran Terhadap Kinerja Manajerial Dengan Komunikasi Sebagai Variabel Moderating Pada PT. Bank Negara Indonesi, Tbk di Medan. Tesis. Medan: Universitas Sumatera Utara.

Jusuf, Raisa Shoffiani. 2013. Analisis Pengaruh TQM, Sistem Pengukuran Kinerja dan Reward Terhadap Kinerja Manajerial. Jurnal EMBA Vol.1 No.3 Juni 2013.

Kurnianingsih, R, dan Indriantoro, Nur, 2001. Pengaruh Sistem Pengukuran Kinerja dan Sistem Penghargaan Terhadap Keefektifan TQM (Studi Empiris pada Perusahaan Manufaktur di Indonesia). Jurnal Riset Akuntansi Indonesia hal 28-43.

Lubis, Henry Zurika. 2005. Pengaruh Total Quality Management Terhadap Kinerja Manajerial Dengan Sistem Pengukuran Kinerja Sebagai Variabel Moderating (Studi Empiris pada Perusahaan Manufaktur di Kaawasan Industri Medan). Tesis, Medan.

Narsa, I Made & Rani Dwi Yuniawati. Pengaruh Interaksi Antara Total Quality Management Dengan Sistem Pengukuran Kinerja dan Sistem Penghargaan Terhadap Kinerja Manajerial (Studi Empiris Pada PT. Telkom Divre V Surabaya). Jurnal Akuntansi Keuangan Vol. 5 No.1, Mei 2003.

Nasution, M.N. 2005. Manajemen Mutu Terpadu: Total Quality Management, Edisi Kedua. Bogor: Ghalia Indonesia.

Tjiptono, Fandy dan Diana, Anastasia. 2003. Total Quality Management, Edisi Revisi. Yogyakarta: Andi Offset.

Wsn. 2010. (http://bisniskeuangan.kompas.com/read/2010/05/09/18473286 /Industri.Lokal.Perlu.Lebih.Kreatif).




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.1685

Flag Counter    Â