PENGARUH RETURN ON ASSETS DAN DEBT EQUITY RATIO TERHADAP DIVIDEND PAYOUT RATIO PADA PERUSAHAAN LQ45 DI BURSA EFEK INDONESIA 2013

Lukman Hanif Agusnadi, Helliana Helliana, Edi Sukarmanto

Abstract


Peningkatan nilai penanaman modal tahun 2013 di Indonesia menunjukan tren investasi yang semakin besar dibanding tahun-tahun sebelumnya. Pendapatan yang dapat investor terima dalam berinvestasi saham yaitu  berupa  dividen  (dividend  yield)  atau pendapatan  dari  selisih harga  jual  saham  terhadap  harga  belinya (capital gain). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh variabel bebas yaitu Return on assets (ROA), Debt equity ratio (DER) baik secara parsial maupun secara bersamaan terhadap Dividend payout ratio (DPR) pada perusahaan LQ45 per Agustus 2013 di BEI. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif verifikatif. Sedangkan teknik analisis yang digunakan adalah regresi linear berganda dengan uji asumsi klasik, koefisien determinasi, dan untuk uji hipotesis menggunakan uji t dan uji f. Data yang digunakan adalah data sekunder yaitu laporan keuangan, laporan tahunan, serta informasi emiten LQ45 di BEI yang mendukung penelitian ini. Berdasarkan hasil uji parsial dengan uji t menunjukkan Return on assets (ROA) berpengaruh secara signifikan dan positif terhadap Dividend payout ratio (DPR). Sedangkan, Debt equity ratio tidak berpengaruh terhadap Dividend payout ratio. Secara bersama-sama Return on assets dan Debt equity ratio berpengaruh terhadap Dividend payout ratio pada perusahaan LQ45 per Agustus 2013 di BEI. pengaruh ROA dan DER secara bersamaan terhadap DPR sebesar 51,3%, sedangkan sisanya sebesar 48,7% dipengaruhi oleh faktor lain di luar variabel penelitian. Karenanya penulis menyarankan agar investor mempertimbangkan nilai ROA emiten sebelum memutuskan untuk berinvestasi saham.

Keywords


Return on assets (ROA), Debt equity ratio (DER), Dividend payout ratio (DPR)

References


Brigham, Eugene F. and Joel F. H. 2001. Manajemen Keuangan. Dialihbahasakan oleh Dodo Suharto dan Herman Wibowo. Buku Satu. Edisi Kedelapan. Jakarta: Erlangga.

Gibson, Charles. 2009. Financial Reporting and Analysis: Using Financial Accounting Information. Ohio, USA : Cengage Learning.

Kashmir. 2012. Analisis Laporan Keuangan. Jakarta : Rajawali Pers.

Mardiyanto, Handono. 2009. Inti Sari Manajemen Keuangan (Teori, Soal, dan Jawaban). Jakarta: Grasindo.

Nurhayati, Nunung. Statistik Ekonomi. Bandung: Program Studi Akuntansi Fakultas Ekonomi dn Bisnis Universitas Islam Bandung.

Nurraiman, Rialdi. 2014. Pengaruh Profitabilitas, Likuiditas dan Leverage Terhadap Dividend Payout Ratio Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Bandung: Universitas Widyatama.

Puspita, Fira. 2009. Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kebijakan Dividend Payout Ratio Studi Kasus Pada Perusahaan Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Periode 2005-2007. Semarang: Magister Manajemen Program Pasca Sarjana Universitas Diponegoro.

Subramanyam, K.R. dan John J. Wild. 2014. Analisis Laporan Keuangan. Jakarta: Salemba Empat.

Wicaksana, I Gede A. 2012. Pengaruh Cash Ratio, Debt To Equity Ratio, Dan Return On Asset Terhadap Kebijakan Dividen Pada Perusahaan Manufaktur Di Bursa Efek Indonesia. Denpasar: Program Pasca Sarjana Fakultas Ekonomi Udayana.




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.1677

Flag Counter    Â