PENGARUH BUDGET DENGAN PLANNING BUDGET MODEL DAN DAMPAKNYA PADA KINERJA UMKM/MANAJERIAL (PADA UMKM SENTRA SEPATU CIBADUYUT BANDUNG)

gia agista dinda, Nurleli Nurleli, Yuni Rosdiana

Abstract


Jumlah UKM di Indonesia mencapai 56,2 juta unit dan mampu menyerap 97,2% tenaga kerja dari total angkatan kerja yang ada. Persentase tersebut menunjukkan bahwa, UKM sangat berperan  dalam pertumbuhan ekonomi, mengurangi angka pengangguran dan kemiskinan, juga berperan dalam penerimaan devisa. Dinas Koperasi usaha Kecil Menengah (UKM) dan Perindustrian Perdagangan (PERINDAG) Kota Bandung membantu para UMKM agar mampu bersaing dalam menjalankan aktivitas usaha sesuai dengan konsep manajemen yang memadai. Selain itu, efektivitas penggunaan anggaran secara positif terkait dengan kepuasan dengan anggaran dan kinerja organisasi. Oleh karena itu, penulis tertarik untuk melakukan penelitian dengan judul “Pengaruh Budget Dengan Planning Budget Model Dan Dampak Pada Kinerja UMKM/Manajerialâ€. Adapun metode penelitian yang digunakan, yaitu metode penelitian kuantitatif dengan pendekatan analisis deskriptif dan statistik regresi linier sederhana. Berdasarkan hasil penelitian yang telah diuraikan, berkaitan dengan pengaruh budget dengan planning budget model dan dampaknya pada kinerja UMKM/manajerial, penulis dapat membuat kesimpulan, bahwa indikator budget dengan planning budget model yang terdiri dari partisipasi anggaran, pemantauan anggaran, dan komunikasi anggaran sudah dilaksanakan pada UMKM Sentra Industri Sepatu Cibaduyut dengan cukup baik.

 


Keywords


Budget Dengan Planning Budget Model dan Kinerja UMKM/Manajerial.

References


Aryista Dewi, Ayu dan Ertambang Nahartyo. 2013. Pengaruh Kejujuran, Wewenang Atasan, dan Kepercayaan Terhadap Berkurangnya Budget Slack.

Barki, H, dan J. Hartwick, 1994, Measuring User Participation, user Involvement, and user Attitude, MIS Quarterly, Maret : 59-62

Brownell. P., 1982a, Participation in the Budgeting Process: When It Works and When It Doesn’t, Journal of Accounting Literature, Vol 1: 124-153




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.1621

Flag Counter    Â