Analisis Penerapan Total Quality Managenemt dalam Meningkatkan Kinerja Manajerial (Studi pada Balai Besar Bahan dan Barang Teknik)

Firdaus Rizky Hidayat, Rini Lestari, Yuni Rosdiana

Abstract


Abstract .The tight competition of the global market today, the company is required to improve the quality of goods and services produced, so all companies are competing to improve their performance through continuous improvement in business activities focused on consumers. TQM is a concept of improvement that is carried out continuously, which involves all elements and employees at each level of the organization in order to achieve the best quality in all aspects of the organization through the management process. The purpose of this study was to determine managerial performance at Balai Besar Bahan dan Barang Teknik in improving managerial performance. This study uses descriptive methods and case studies and uses a quantitative approach carried out at the Balai Besar Bahan dan Barang, while the data sources used are primary data sources and secondary data sources using interview techniques, questionnaires and documentation. Determination of respondents in filling out this research questionnaire was chosen based on the number of Managers / Section Heads at the Balai Besar Bahan dan Barang as many as 22 respondents. The Total Quality Management (TQM) that has been implemented at Balai Besar Bahan dan Barang has a very good drive for improving managerial performance. All dimensions contained in Total Quality Management can encourage managerial performance in all aspects. Each dimension has the driving force for managerial performance in a company to continuously improve and improve its performance. The role of the Manager / Section Head at Balai Besar Bahan dan Barang and Goods is one of the factors that drives the company to produce high-quality goods or services.

Keywords: Total Quality Management, TQM, managerial performance

Abstrak. Ketatnya persaingan pasar global saat ini maka perusahaan dituntut untuk meningkatkan kualitas barang maupun jasa yang dihasilkan, maka seluruh perusahaan berlomba-lomba meningkatkan kinerjanya melalui perbaikan berkelanjutan pada kegiatan bisnis yang terfokus pada konsumen. TQM merupakan suatu konsep perbaikan yang dilaksanakan secara terus-menerus, yang melibatkan seluruh elemen dan karyawan pada setiap tingkatan organisasi dalam rangka mencapai kualitas yang terbaik pada seluruh aspek organisasi melalui proses manejemen. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kinerja manajerial pada Balai Besar Bahan dan Barang Teknik dalam meningkatkan kinerja manajerial. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dan studi kasus serta menggunakan pendekatan kuantitatif yang dilaksanakan di Balai Besar Bahan dan Barang Teknik, adapun sumber data yang digunakan yaitu sumber data primer dan sumber data sekunder dengan menggunakan teknik wawancara, kuesioner dan dokumentasi. Penentuan responden dalam mengisi kuisioner penelitian ini dipilih berdasarkan jumlah Manajer/Kepala Seksi yang ada di Balai Besar Bahan dan Barang Teknik sebanyak 22 orang responden. Total Quality Management (TQM) yang telah diterapkan di Balai Besar Bahan dan Barang Teknik memiliki dorongan yang sangat baik untuk peningkatan kinerja manajerial. Seluruh dimensi yang terdapat dalam Total Quality Management bisa mendorong peningkatan kinerja manajerial dalam semua aspek. Setiap dimensinya memiliki daya dorong agar kinerja manajerial dalam suatu perusahaan secara terus menerus memperbaiki dan meningkatkan kinerjanya. Peran Manajer/Kepala Seksi di Balai Besar Barang dan Barang Teknik menjadi salah satu faktor yang mendorong perusahaan tersebut menghasilkan barang ataupun jasa yang berkualitas tinggi.

Kata Kunci : Total Quality Management, TQM, kinerja manajerial


Keywords


Total Quality Management, TQM, kinerja manajerial

Full Text:

PDF

References


Hansen Dan Mowen, 2009, Akuntansi Manajemen, Edisi 8, Jakarta, Penerbit Salemba Empat.

Ishikawa, Kaoru. (2005). Pengendalian Mutu Terpadu, PT Remaja Rosdakarya, Bandung.

Ismanto, Kuat. (2009). Manajemen Syariah: Implementasi TQM dalam Lembaga Keuangan Syariah. Pustaka Pelajar. Yogyakarta.

Nasution, M.N. 2005. Manajemen Mutu Terpadu: Total Quality Management, Edisi Kedua. Bogor: Ghalia Indonesia.

Sallis, Edward. (2010). Total Quality Management in Education (Manajemen Mutu terpadu Pendidikan). Penerjemah: Riyadi, Ahmad Ali. Yogyakarta: Ircisod.

Sallis, Edward. (2011). Total Quality Management in Education. Jogjakarta: Ircisod

Siswanto. 2007. Pengantar Manajemen. Jakarta: PT. Bumi Aksara

Tjiptono, Fandy dan Diana, Anastasia. 2003. Total Quality Management, Edisi Revisi. Yogyakarta: Andi Offset.




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.15602

Flag Counter    Â