PENGARUH MODAL INTELEKTUAL TERHADAP KINERJA KEUANGAN PERUSAHAAN YANG LISTING DI BURSA EFEK INDONESIA 2011-2013

ray ferandy, Nurhayati Nurhayati, Helliana Helliana

Abstract


Perhatian terhadap praktek pengelolaan asset tidak berwujud (intangible assest) telah meningkat secara dramatis. Salah satu pendekatan yang digunakan untuk pengukuran intangible assest tersebut adalah intellectual capital yang telah menjadi fokus perhatian dalam berbagai bidang, baik manajemen teknologi informasi, sosiologi, maupun akuntansi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah modal intelektual berpengaruh terhadap kinerja keuangan perusahaan perbankan yang listing di Bursa Efek Indonesia periode 2011-2013 dengan menggunakan 30 sampel perusahaan selama 3 tahun. Untuk mengukur modal intelektual menggunakan Value Added Intellectual Coefficient (VAICTM) dan untuk mengukur kinerja keuangan perusahaan digunakan 2 indikator pengukur kinerja keuangan yaitu ROE dan DER. Metode statistic yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode regresi linier sederhana yang digunakan untuk mengetahui apakah modal intelektual berpengaruh terhadap kinerja keuangan perusahaan. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan dengan metode regresi linier sederhana maka didapatkan hasil bahwa modal intelektual berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja keuangan perusahaan perbankan yang listing di Brusa Efek Indonesia periode 2011-2013 dengan memiliki nilai  pengaruh modal intelektual terhadap kinerja keuangan (ROE) sebesar 44,992% dan pengaruh modal intelektual terhadap kinerja keuangan (DER) sebesar  26,672% .

Keywords


Modal Intelektual, Kinerja Keuangan, Asset Tidak Berwujud

References


Abidin. 2000. Pelaporan MI: “Upaya Mengembangkan Ukuran-ukuran Baruâ€. Media Akuntansi, Edisi 7, Thn VIII, pp. 46-47

Burr & Girardi. 2002. Complexity And Knowledge Managemen, Gramedia Pustaka: Bandung

Edvinsson. 2000. Knowledge Ecology In Global Business managing Intellectual Capital, Gramedia Pustaka Utama : Jakarta

Guthrie, J. And Petty, R. 2000. “ Are Companies Thinking Smart?â€. Australian CPA. July. Pp. 62-5

Harrison, S dan Sullivian, P. 2000. “Profiting from Intellectual Capital: Learning from Leading Companiesâ€. Journal of Intellectual Capital, Vol. 1, No. 1 pp33- 46.

Hasibuan, Malayu, S. P. 2005. Dasar-Dasar Perbankan. Jakarta : Bumi Aksara

Kuryanto, Benny. 2008. Pengaruh Intellectual Capital Terhadap Kinerja Perusahaa. Universitas Diponogoro Semarang.

Penrose, E. T. 1959. The Theory of The Growth of The Firm. New York : Jhon Wiley.

Pulic, A. 1998. Measuring The Performance of Intellectual Capital Potential in Knowledge Economy. Available at: www.vaic-on.net.

Pulic. 2000. “VAIC – An Accounting Tool for IC Management,â€. International Journal of Technology Management, 20(5).

Ulum et al. 2008. Intellectual Capital dan Kinerja Keuangan Perusahaan: Suatu Analisis dengan Pendekatan Partial Least Squeres. SNA XI Pontianak.

Widyaningrum, Ambar. 2004. Modal Intelektual. Departemen Akuntansi FEUI

Jurnal Akuntansi dan Keuangan Indonesia Vol. 1pp.16-25.

Yuniasih, N. W., D. g. Wirma dan I. D. N. Badera. 2010. Eksplorasi Kinerja Pasar Perusahaan: Kajian Berdasarkan Modal Intelektual. Simposium Nasional Akuntansi 13, Purwokerto.




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.1520

Flag Counter    Â