Pengaruh Kecerdasan Emosional, Kecerdasan Spiritual dan Integritas terhadap Kualitas Audit (Studi Kasus pada Kantor Akuntan Publik di Kota Bandung)

Gilang Putra Ramadhan, Edi Sukarmanto, Mey Maemunah

Abstract


Abstract. The purpose of this study to determine the effect of emotional intelligence, spiritual intelligence and integrity to audit quality. This research was conducted at Public Accounting Firm (KAP) in Bandung. provided that the respondents selected only auditors who work at least two years, while the sample in this study amounted to 30 auditors. This study uses descriptive analysis method with a quantitative approach that originates from the results of respondents' responses regarding emotional intelligence, spiritual intelligence, integrity and audit quality. The data source used is the primary data source. Data collection techniques used are questionnaires. Testing the hypothesis used is a method of multiple linear regression analysis. The results of this study indicate that emotional intelligence, spiritual intelligence and integrity have a significant effect on audit quality. For further research the researcher suggested to be able to develop the research by adding other variables which are not discussed in this research. In addition, further researchers are expected to expand and increase the object under study by using different respondents.

Keywords: Fraud Diamond, Detection of financial report fraud, Audit committee finance expertise.

 

Abstrak. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh kecerdasan emosional, kecerdasan spiritual dan integritas terhadap kualitas audit. Penelitian ini dilakukan pada Kantor Akuntan Publik (KAP) di Kota Bandung. dengan ketentuan bahwa responden yang dipilih hanya auditor yang bekerja minimal dua tahun, adapun sampel dalam penelitian ini berjumlah 30 auditor. Penelitian ini menggunakan metode analisis deskriptif dengan pendekatan kuantitatif yang bersumber pada hasil tanggapan responden mengenai kecerdasan emosional, kecerdasan spiritual, integritas dan kualitas audit. Sumber data yang digunakan adalah sumber data primer. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner.  Pengujian hipotesis yang digunakan adalah metode analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kecerdasan emosional, kecerdasan spiritual dan integritas berpengaruh signifikan terhadap kualitas audit. Bagi penelitian selanjutnya peneliti menyarankan untuk dapat mengembangkan penelitian dengan menambahkan variabel-variabel lainnya yang tidak dibahas dalam penelitian ini. Selain itu juga peneliti selanjutnya diharapkan memperluas dan menambah objek yang diteliti dengan menggunakan responden yang berbeda.

 

Kata Kunci : Kecerdasan Emosional, Kecerdasan Spiritual, Integritas, Kualitas Audit


Keywords


Kecerdasan Emosional, Kecerdasan Spiritual, Integritas, Kualitas Audit

Full Text:

PDF

References


Agustian, Ary Ginanjar. 2012. Rahasia Sukses Membangun Kecerdasan Emosi dan Spiritual (ESQ). Jakarta: PT Arga Tilanta.

Arens, A., Mark S. Beasley and Randal J. Elder. 2008. Auditing dan Jasa Assurance. (Alih bahasa: Herman Wibowo). Jakarta: Salemba Empat.

Ayuningtyas, Harvita & Pamudji Sugeng. 2012. Pengaruh Pengalaman Kerja, Independensi, Obyektifitas, Integritas Dan Kompetensi Terhadap Kualitas Hasil Audit (Studi Kasus Pada Auditor Inspektorat Kota/ Kabupaten Di Jawa Tengah). Diponegoro Journal Of Accounting. Vol. 1 (2): 1-10.

Goleman, D. 2009. Emotional Intelligence (terjemahan ). Jakata : PT Gramedia Pustaka Utama

Harjanti, Ragianda. 2017. Pengaruh Spritual Quotient, Emotional Quotient, dan Adversity Quotient Terhadap Kualitas Audit (Studi Empiris pada KAP di Jakarta. Skripsi. Universitas Islam Negri Syarif Hidayatullah

Setiawan, Yuliana Grece dan Made Yenni Latrini. Pengaruh Kecerdasan Emosional, Kecerdasan Spiritual, Kecerdasan Intelektual dan Independensi Pada Kinerja Auditor. E-Jurnal Akuntansi Universitas Udayana Vol.16 No. 2.

Singgih dan Bawono. 2010. Faktor-Faktor Dalam Diri Auditor dan Kualitas Audit: Studi Pada KAP Big Four Di Indonesia. Jurnal Akuntansi dan Auditing Indonesia, Vol.14 No.2

Sukidi. 2009. Rahasia Hidup Sukses Bahagia. Kecerdasan Spiritual. Mengapa SQ Lebih Penting Dari IQ dan EQ. Jakarta, Gramedia Pustaka Utama.

Sukriah, I. dkk. 2009. Pengaruh Pengalaman Kerja, Independensi, Obyektifitas, Integritas Dan Kompetensi Terhadap Kualitas Hasil Pemeriksaan. Simposium Nasional Akuntansi XII. Palembang.

Sukrisno Agoes. 2009. Bunga Rampai Auditing. Jakarta: Salemba Empat.




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.13723

Flag Counter    Â