Pengaruh Akuntabilitas dan Due Professional Care terhadap Kualitas Audit Studi Empiris pada Kantor Akuntan Publik di Kota Bandung

Cecep Yadi Kurniawan, Magnas Lestira Oktaroza, Mey Maemunah

Abstract


Abstract. The purpose of this study is to determine the effect of accountability and due professional care to audit quality at Public Accounting Firm in Bandung. The research method used in this research is quantitative and verifikatif descriptive method. Hypothesis testing is done by multiple linear regression analysis using SPSS 22 software. The data used in this research is primary data collected through questionnaire survey. Respondents of this research are 40 auditors who work in Public Accounting Firm of Bandung City. The test result states that accountability and due professional care have a positive effect on audit quality. The result of this research is expected to enrich the literature to develop science and also as material for Public Accounting Firm in Bandung City to improve the quality of Audit.

Keywords: accountability, due professional care and audit quality.

 

Abstrak. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh akuntabilitas dan due professional care terhadap kualitas audit pada Kantor Akuntan Publik di Kota Bandung. Metode Penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kuantitatif dan verifikatif, Pengujian hipotesis dilakukan dengan analisis regresi linear berganda dengan menggunakan software SPSS 22. Data yang digunakan dalam penelitian ini merupakan data primer yang dikumpulkan melalui survey kuesioner. Responden penelitian ini adalah 40 orang auditor yang bekerja di Kantor Akuntan Publik Kota Bandung. Hasil pengujian mengindikasikan bahwa akuntabilitas dan due professional care berpengaruh positif terhadap kualitas audit. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memperkaya literatur untuk pengembangan ilmu pengetahuan dan juga sebagai bahan pertimbangan bagi Kantor Akuntan Publik di Kota Bandung dalam meningkatkan kualitas Auditnya.

Kata Kunci : akuntabilitas, due Professional care dan kualitas audit.


Keywords


akuntabilitas, due Professional care dan kualitas audit.

Full Text:

PDF

References


Daftar Pustaka

Agoes, Sukrisno. 2012. “Auditing Petunjuk Praktis Pemeriksaan Akuntan Oleh Akuntan Publikâ€, Jilid 1, Edisi Keempat, Jakarta: Salemba Empat.

Agoes, Sukrisno. Dan Hoesada, Jan. 2012. Bunga Rampai Auditing. Edisi Kedua. Jakarta: Salemba Empat.

Alifzuda, et all. 2017. “Pengaruh Akuntabilitas dan Independensi Auditor Terhadap Kualitas Audit (Studi Kasus Pada Kantor Akuntan Publik di Yogyakarta)â€. Universitas Negri Yogyakarta. Jurnal.

Arens, Alvin., Elder, Randal dan Beasley, Mark, 2015, Auditing and Jasa Assurance, Jakarta: Erlangga.

Arikunto, S. 2006. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineke Cipta.

Ely Suhayati., & Siti Kurnia Rahayu. 2010. Auditing, Konsep Dasar dan Pedoman Pemriksaan Akuntan Publik. Yogyakarta : Graha Ilmu.

Feny, Yohanes. 2012. Pengaruh Akuntabilitas dan Kompetensi Auditor Terhadap Kualitas Audit Studi Empiris Pada Kantor Akuntan Publik di Semarang. Semarang: Jurnal Akuntansi Fakultas Ekonomi. Universitas Semarang.

Hayes, Rick S, Roger Dassen, Arnold Schilder. 2012. Principles Auditing an Indtroduction to International Standart on Auditing. Prentice Hall.

IAI (Ikatan Akuntansi Indonesia). 2011, “Standar Profesional Akuntan Publik (SPAP). Jakarta: Salemba Empat

Muliani, Elisha. Dan Ichuk Rangga. 2010. Pengaruh Independensi, Pengalaman, Due Professional Care, dan Akuntabilitas Terhadap Kualitas Audit, Symposium Nasional Akuntansi XIII. Hal. 1-23.

Mulyadi. 2013. Auditing. Jakarta: Salemba Empat

Robbins, Stephen. P. And Timothy A. Judge. 2008. Prilaku Organisasi Edisi ke-12, Jakarta: Salemba Empat.

Sekaran, Uma. 2006, Metodologi Penelitian Untuk Bisnis. Jakarta: Salemba Empat.

Edisi 4, Buku 2.

Theodorus M. Tuanakotta. 2011. Berpikir Kritis Dalam Auditoring. Jakarta: Salemba Empat.




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.13601

Flag Counter    Â