Perancangan Sistem Informasi Pengelolaan Apotek Jaya Sentosa

Adella Rosalinda, Elly Halimatusadiah, Nunung Nurhayati

Abstract


Abstract. Information technology is curenntly needed to support the use of information systems. In addition, this amtter also greatly influences all aspects of business management. Management can also be interpreted as the implementation of an activity that starts from planning, organizing, directing, and supervising the efforts of the use of other organizational resources to achieve the organization’s stated goals. Jaya Sentosa Pharmacy is a business entity in Bandung which is engaged in trade, this business entity selss products of medicines and medical devices. The obstacle faced by Jaya Sentosa Pharmacy is the lack of supervision and control of the goods in the warehouse because stock taking is done in uncertain time, the sales department, this section does not always make sales reports, does not make a purchase report that can help control the cash flow out of purchasing activity. This study aims to design an information system that is in accordance with the need to overcome these problems. The research method used is descriptive analysis research method using the FAST system development method (Framework for the Application Development), so as to achieve an effective and efficient end result of the system. The result of the design carried out by the analyst is a design of information systems for inventory management,s ales, and purchases in accordance with the needs of Jaya Sentosa Pharmacy in facing the problems faced. The advantages of the resulting system are adequate documents, systems and procedures that support internal control,a s well as the use of databases that are able to support transaction data management that produces effective and efficient information in decision making and accountability. The result of the design carried out by the analyst is a design of information systems for inventory management, sales, and purchases that can meet the business needs of Jaya Sentosa Pharmacy in dealing with problems that occur.

Keywords: Information Systems, Inventory, Sales, Purchases 

Abstrak. Teknologi informasi pada saat ini sangat dibutuhkan untuk menunjang penggunaan sistem informasi. Selain itu hal tersebut juga sangat berpengaruh terhadap semua aspek pengelolaan bisnis. Pengelolaan juga bisa diartikan sebagai penyelenggaraan suatu kegiatan yang dimulai dari perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, dan pengawasan usaha-usaha para penggunaan sumber daya organisasi lainnya agar mencapai tujuan organisasi yang telah ditentukan. Apotek Jaya Sentosa merupakan sebuah badan usaha di Bandung yang bergerak di bidang perdagangan, badan usaha ini menjual produk obat-obatan dan alat-alat kesehatan. Kendala yang dihadapi Apotek Jaya Sentosa yaitu kurangnya pengawasan dan pengendalian terhadap barang yang ada di gudang karena stock opname dilakukan dalam waktu yang tidak menentu, bagian penjualan, bagian ini tidak selalu membuat laporan penjualan, tidak membuat laporan pembelian yang dapat membantu mengendalikan arus pengeluaran kas dari aktivitas pembelian. Penelitian ini bertujuan untuk membuat rancangan sistem informasi yang sesuai dengan kebutuhan untuk mengatasi permasalahan-permasalahan tersebut.Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian deskriptif analisis dengan menggunakan metode pengembangan sistem FAST (Framework for the Application Development), sehingga dapat mencapai hasil akhir sistem yang efektif dan efisien. Hasil dari perancangan yang dilakukan analis adalah sebuah rancangan sistem informasi pengelolaan persediaan, penjualan, dan pembelian yang sesuai dengan kebutuhan Apotek Jaya Sentosa dalam menghadapi permasalahan-permasalahan yang dihadapi. Adapun keunggulan sistem yang dihasilkan yaitu dokumen-dokumen yang memadai, sistem dan prosedur yang menunjang pengendalian internal, serta penggunaan database yang mampu mendukung pengelolaan data transaksi yang menghasilkan informasi yang efektif dan efisien dalam pengambilan keputusan maupun pertanggungjawaban.Hasil dari perancangan yang dilakukan oleh analis yaitu sebuah rancangan sistem informasi pengelolaan persediaan, penjualan, dan pembelian yang dapat memenuhi kebutuhan bisnis Apotek Jaya Sentosa dalam menghadapi permasalahan-permasalahan yang terjadi.

Kata Kunci: Sistem Informasi, Persediaan, Penjualan, Pembelian


Keywords


Sistem Informasi, Persediaan, Penjualan, Pembelian

Full Text:

PDF

References


Gelinas, Ulrich & Dull, B. Richard. 2012. Accounting Systems. South Western: Cengage Learning

James A.Hall. 2009. Sistem Informasi Akuntansi, Jakarta: Salemba Empat

Jeffrey L, Whitten, Lonnie D. Bentley. 2007. Metode Desain dan Analisis Sistem. Yogyakarta: ANDI

La Midjan & Azhar Susanto. 2007. Sistem Informasi Akuntansi. Bandung: Lembaga Informatika Akuntansi

Puspitasari Elvita, 2016. Perancangan Sistem Informasi Pengelolaan Laboraturium Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Islam Bandung.Dr. Nunung Nurhayati, SE. M.Si. Ak. CA, Elly Halimatusadiah SE. M.Si.Ak.CA

Tamamudin, 2016. Pengaruh Strategi dan Teknologi Informasi Perusahaan Terhadap Globalisasi. Pekalongan: STAIN Pekalongan.




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.13492

Flag Counter    Â